Cerita Gorengan yang Ternyata Berasal dari Mesir

Reporter : Mutia Nugraheni
Jumat, 4 September 2020 10:36
Cerita Gorengan yang Ternyata Berasal dari Mesir
Mungkin fakta soal gorengan ini belum kamu ketahui.

Dream - Pisang, risol, bakwan, cireng, merupakan gorengan yang jadi favorit banyak orang. Gorengan juga bisa dijadikan lauk pendamping nasi. Pernahkan terpikirkan asal mula gorengan?

Dalam buku A History of Food (2008) makanan ini sudah ada sejak 1200 Sebelum Masehi di Mesir. Dari mesir inilah kemudian makanan dengan konsep gorengan menyebar ke seluruh dunia.

Tidak heran jika di seluruh dunia punya berbagai jenis gorengan yang berbeda-beda antar negara. Seperti di Jepang dengan tempura, Korea dengan twigim, dan di Inggris yang terkenal dengan fish and chips, Amerika yang terkenal dengan ayam goreng tepungnya.

Lalu, bagaimana dengan gorengan di Indonesia? Di nusantara sendiri, gorengan ini dibawa oleh China. China memang membawa pengaruh yang cukup besar di dunia kuliner Indonesia. Pendatang China mengenalkan berbagai makanan seperti mie, bakso, nasi goreng dan tak terkecuali adalah gorengan.

 

1 dari 6 halaman

Teknik Menggoreng

China mengenalkan dua teknik menggoreng. Yakni dengan teknik sedikit minyak (jian) da juga menggoreng dalam banyak minyak (zha). Teknik zha ini yang menjadi dasar gorengan di Indonesia.

Hati-hati! Gorengan Bikin Pria Cepat Pikun© MEN

Sebelumnya, teknik memasak di Indonesia hanya mengolah makananan dengan cara dikeringkan, diasinkan, diasap, direbus, dan dikukus. Hal ini terlihat dari prasasti-prasasti dari masa Jawa Kuno maupun Bali kuno.

Selain itu, belum banyak produksi kelapa sawit di Indonesia. Setelah adanya pengaruh menggoreng dalam minyak banyak, lama kelamaan diikuti dengan produksi minyak kelapa sawit yang mulai banyak.

 

2 dari 6 halaman

Minyak Kelapa

Pada awal abad ke-20, minyak kelapa jadi hasil utama dari budi daya kelapa. Karena mulai banyak diminati dan menjadi keperluan domestik, minyak kelapa kemudian menjadi komoditas perdagangan.

Minyak kelapa mudah didapat, bahan makanan pun melimpah di perkebunan. Ada pisang, singkong, ubi goreng, dan sebagainya. Semuanya dibalut dengan tepung yang kemudian digoreng dalam minyak yang banyak.

Baca cerita lengkapnya di Diadona.id

3 dari 6 halaman

Ada Es Krim Rasa Mi Goreng Bertabur Bawang yang Bikin Heboh

Dream - Es krim selalu jadi andalan untuk membuat mood lebih baik. Biasanya es krim memiliki rasa buah, cokelat atau vanila. Pernah membayangkan ada es krim dengan rasa mi goreng atau momogi, yang merupakan camilan anak-anak.

Ada kedai es krim yang membuat es krim dengan rasa unik, yaitu mi goreng, lengkap dengan taburan bawangnya. Tak hanya itu, ada juga rasa momogi. Es krim rasa gurih ini dijual oleh akun Instagram @holi.icecream.

Varian es krim dengan rasa nyeleneh itu kemudian menarik perhatian banyak orang. Terutama para petualang kuliner yang suka mencicipi makanan dengan rasa unik. Untuk bisa mencicipi es krim mi goreng ini rupanya harus pre-order.

Es Krim Indomie© Holi Ice Cream

" THE FIRST INDOMIE GORENG ICE CREAM IN INDONESIA!? Lengkap dengan taburan bawang goreng asli di atasnya! WOW????Yakin kamu gak mau coba? Shipping every Tuesday, Thursday & Saturday,"  tulis keterangan dalam foto tersebut.

 

4 dari 6 halaman

Berapa Harganya?

Es Krim Momogi© Holi Ice Cream

Begitu juga untuk es krim rasa momogi, ternyata harus memesan dulu. Ada juga es krim rasa Corn Flake, Soda Badak, Yakult Lyche bahkan Telur Asin. Rupanya Holi Ice Cream memang menjual es krim dengan rasa-rasa yang unik.

Sahabat Dream ingin membelinya? Untuk harga es krimnya ternyata mulai dari Rp45 ribu hingga Rp65 ribu.

5 dari 6 halaman

Video Masak Nasi Goreng Bikin Heboh, Dianggap 'Penistaan'

Dream - Hidangan nasi goreng merupakan sajian favorit masyarakat asia, bukan hanya Indonesia. Untuk membuatnya juga sangat mudah. Biasanya menggunakan nasi sisa semalam yang teksturnya pera.

Setelah itu, dicampur dengan bumbu bawang dan cabai serta bahan lain sesuai selera. Sebuah video tutorial memasak nasi goreng yang dibuat BBC Food kini sedang jadi perbincangan di dunia maya.

Video masak nasi goreng dipandu oleh Hersha Patel bekerja sama dengan BBC Food. Hal yang bikin heboh adalah Patel memasak nasi dari beras yang belum dicuci. Ia kemudian memasak nasi dalam panci. Setelah beras setengah matang, lalu disiram dengan air ledeng.

 

 

6 dari 6 halaman

Penistaan Nasi Goreng

Sebenarnya video tersebut dibuat pada 2019, namun seorang YouTuber asal Malaysia Nigel Ng memposting video reaksinya terhadap video tersebut. Sebagai seseorang yag berdarah Asia, Ng sangat tahu bagaimana membuat nasi goreng.

Dalam video reaksi, Ng kaget kalau beras dari kemasan tak dicuci sama sekali. Menurut Ng, Patel memperlakukan beras seperti mengolah pasta.

" Kamu merusak beras. Pertama, menggunakan saringan untuk mengeringkan nasi dan kemudian menaruh air lalu mengapa repot-repot mengeringkan nasi? Siapa yang memasak nasi seperti ini?," ungkap Ng.

Komentar pun bermunculan. Terutama dari masyarakat Asia yang sudah sangat akrab dengan menu fried rice atau nasi goreng. Salah satu komentar menyebut kalau olahan nasi goreng yang dibuat Patel adalah 'penistaan.

" Bagaimana mungkin beras diperlakukan demikian, ini penistaan," tulis salah satu warganet.

Seperti apa videonya? Silakan lihat di sini.

Beri Komentar