Deretan Tomat Terbaik di Dunia, Rasanya Begitu 'Mewah'

Reporter : Mutia Nugraheni
Jumat, 3 April 2020 14:48
Deretan Tomat Terbaik di Dunia, Rasanya Begitu 'Mewah'
Ketujuh jenis tomat ini telah ditanam dengan jenis tomat-tomatan lainnya dari seluruh dunia.

Dream - Tomat merupakan bahan masakan yang wajib ada di dapur. Rasanya yang merupakan perpaduan manis dan asam, membuat hidangan jadi lebih segar. Tak hanya itu, tomat juga bisa diolah menjadi minuman.

Sahabat Dream penyuka tomat? Tahukah kalau ternyata ada varian tomat terbaik di dunia. All-America Selections, sebuah organisasi eksperimen tanaman Amerika, mengumumkan tujuh jenis tomat terbaik.

Ketujuh jenis tomat tersebut telah ditanam dengan jenis tomat-tomatan lainnya dari seluruh dunia, dan berhasil memenangkan penghargaan. Tomat apa saja? Yuk, simak.

1. Apple Yellow

 Tomat Apple Yellow© All-America Selections

Foto: courtesy of All-America Selections

Tomat super imut ini tampak seperti apel kuning kecil yang tumbuh di pohon anggur. Juri sangat terkesan dengan rasanya yang manis, sesuai dengan tampilan buahnya.
Apple Yellow akan matang saat usia 110 hingga 120 hari, tergantung bagaimana cara menanamnya, yaitu dengan biji atau transplantasi, dan itu bisa berubah-ubah tergantung kondisi.

Ketika ditanam di bawah sinar matahari penuh, tanaman dapat mencapai ketinggian sekitar enam kaki dan menghasilkan hingga 1.000 tomat. Jenis Apple Yellow dikembangkan oleh Gana Seed Co, Ltd. di Korea, dan benihnya belum tersedia secara masif.

 

1 dari 6 halaman

2. Celano

 Celano© courtesy of All-America Selections

(courtesy of All-America Selections)

Bagi pecinta tomat anggur, Celano adalah salah satu jenis tomat baru terbaik yang bisa ditanam. Tomat ini sangat cocok untuk tumbuh di dalam wadah, di bawah paparan sinar matahari yang ada di teras, meskipun akan lebih baik jika memiliki area tersendiri.

Celano dapat mencapai kematangan hanya dalam 60 hingga 70 hari sejak ditanam dan mencapai ketinggian sekitar tiga kaki. Para juri mencatat bahwa jenis ini menunjukkan ketahanan yang sangat baik dan tidak cepat busuk. Dibandingkan dengan jenis tomat anggur lainnya, Celano memiliki rasa yang lebih manis dan hasil keseluruhan yang lebih baik.

 

2 dari 6 halaman

3. Buffalosun

Menurut juri, Buffalosun memiliki rasa manis dan tekstur yang lebih baik daripada jenis tomat populer lainnya, yang kadang-kadang sedikit lembek. Tomat buffalosun adalah kombinasi warna kuning, oranye, dan merah. Estimasi kematangan dalam 70 (untuk transplantasi) hari hingga 110 hari (untuk biji), dan akan menghasilkan sekitar 15 buah pertanaman.

 Buffalosun© courtesy of All America Selections

(Foto: courtesy of All America Selections)

Tumbuh paling baik di bawah sinar matahari penuh dengan pasak, dengan tinggi mencapai hingga enam kaki. Buffalosun terus menghasilkan lebih banyak buah sepanjang musim (sebuah tomat besar biasanya memiliki berat lebih dari satu pon), bahkan setelah jenis lain berhenti menghasilkan tomat baru. Tomat ini berasal dari Prancis.

 

3 dari 6 halaman

4. Chef Choice Bicolor

Tomat Chef's Choice Bicolor memiliki rasa manis dan sedikit gurih dan tekstur yang halus. Tampilan tomat ini sangat menarik, berwarna kuning-oranye yang tahan retak meskipun kulitnya tipis.

 Choice Bicolor© courtesy of All America Selections

(courtesy of All America Selections)

Satu tanaman dapat menghasilkan sekitar 30 buah, biasanya masing-masing berbobot sekitar setengah pon. Biasanya tomat jenis ini matang dalam waktu sekitar 75 hari, tetapi dapat terus menghasilkan tomat baru hingga September.

 

4 dari 6 halaman

5. Crokini

Menghasilkan hingga 300 tomat ceri merah, Crokini mendapat skor tinggi untuk hasil yang mengesankan serta rasa manis, sedikit asam dan tekstur renyah yang kuat dari setiap buah. Jenis ini karena tahan terhadap penyakit busuk dan retak sepanjang musim tanam.

 Crokini© courtesy of All America Selections

(courtesy of All America Selections)

Tomat ini memiliki estimasi panen dalam waktu 60 (untuk transplantasi) hingga 105 hari (untuk benih). Di bawah sinar matahari penuh, tanaman dapat mencapai enam kaki. Tomat crokini dikembangkan di Prancis.

 

5 dari 6 halaman

6. Early Resiliance

Salah satu jenis tomat Roma ini dipilih sebagai yang terbaik karena hasilnya tinggi (lebih dari 25 buah per tanaman) dan ketahanannya terhadap kebusukan.

 Early© courtesy of All America Selections

(courtesy of All America Selections)

Ketahanan tersebut juga menawarkan rasa seimbang, yaitu rasa manis dan keasaman dalam jumlah yang tepat. Selain itu, merupakan salah satu tomat terbaik untuk pengalengan dan dimasak di rumah.

Para juri memuji kesehatan tanaman ini sepanjang musim, dan juga mencatat bahwa beberapa buahnya matang di pertengahan Juli, dua minggu lebih cepat daripada jenis roma lainnya di kebun percobaan.

 

6 dari 6 halaman

7. Galahad

Kuat dan kokoh, Galahad hidup sesuai dengan namanya (salah satu ksatria legendaris Raja Arthur) dengan tanaman merambat yang kokoh dan tahan terhadap penyakit. Galahad tumbuh setinggi empat kaki di bawah sinar mtahari penuh, menghasilkan buah-buahan besar (biasanya berbobot sekitar 12 ons) yang ideal untuk dibuat saus pasta kalengan atau salsa.

 Galahad© (courtesy of All America Selections)

(courtesy of All America Selections)

Tanaman ini biasanya siap panen setelah sekitar 75 hari. Tomat ini juga dipuji karena tampilannya, Galahad berbentuk bulat dan merah cerah dengan rasa daging yang manis.

Laporan Raissa Anjanique/ Sumber: MarthaStewart

Beri Komentar