Fakta Es Doger yang Segarnya Pas Banget untuk Buka Puasa

Reporter : Wuri Anggarini
Jumat, 15 Mei 2020 05:00
Fakta Es Doger yang Segarnya Pas Banget untuk Buka Puasa
Seperti apa sih minuman favorit yang kini naik kelas dengan dijajakan di mal-mal modern?

Terik matahari yang menyengat ditambah hawa udara yang bikin gerah, jadi tantangan tersendiri saat menjalankan ibadah puasa. Bayangan berbuka puasa dengan minuman dingin membuatmu mulai memikirkan salah satu menu yang lumayan gampang ditemukan di berbagai sudut kota. Kalau siang-siang begini memang bikin laper mata. Tapi, pastinya ada satu minuman yang terbayang nikmatnya diminum saat buka puasa.

Yup, es doger! Selain punya warna-warni yang menarik, isiannya pun beragam dan lumayan mengenyangkan. Seperti apa sih minuman favorit yang kini naik kelas dengan dijajakan di mal-mal modern?

1 dari 4 halaman

Asalnya Masih Jadi Perdebatan, Wow!

Fakta Es Doger yang Segarnya Pas Banget untuk Buka Puasa© Shutterstock

Bukan seperti es pisang ijo yang berasal dari Makassar atau es dawet telasih yang identik dengan Kota Solo, asal usul es doger masih jadi perdebatan. Banyak yang menyebutkan es doger merupakan menu es serut yang banyak dijajakan di Cirebon. Tapi tak sedikit yang menganggapnya sebagai warisan budaya Betawi yang sering memanfaatkan minuman ini dalam event sunatan hingga pernikahan. Es doger aja direbutin, masa kamu nggak sih?

Uniknya, dulu es doger dijajakan dengan cara dipikul sebelum berganti dengan memanfaatkan gerobak. Cara berjualan inilah yang disebut-sebut sebagai asal mula nama es doger yang merupakan singkatan dari dorong gerobak.

2 dari 4 halaman

Komposisi Isi Bervariasi, Tapi Selalu Menarik untuk Dinikmati

Fakta Es Doger yang Segarnya Pas Banget untuk Buka Puasa© Shutterstock

Awalnya, es doger diracik dengan menggabungkan tapai singkong, susu, ketan hitam dan pacar cina lalu ditumpuk dengan es serut. Tapi kini, komposisi es doger mengalami perubahan seiring perkembangan zaman.

Dari segi isinya, es doger jadi terasa lebih full dengan penambahan alpukat, serutan kelapa muda, potongan nangka, maupun potongan roti. Toppingnya pun ikut bervariasi, mulai dari es puter, es serut dengan campuran susu kental manis, atau menambahkan es serut yang dikucuri sirup coco pandan.

3 dari 4 halaman

Yuk, Buat di Rumah!

Fakta Es Doger yang Segarnya Pas Banget untuk Buka Puasa© Shutterstock

Buat yang lagi gabut #DiRumahAja, nggak ada salahnya menjajal pembuatan es doger di rumah. cara membuatnya cukup mudah dan bahannya gampang ditemukan di pasar atau supermarket. Siapkan dulu bahan-bahan es doger. Mulai dari santan yang diambil dari parutan kelapa, gula pasir, serutan kelapa muda, tapai singkong yang dipotong berbentuk dadu, tapai ketan hitam atau hijau, pewarna makanan merah dan susu kental secukupnya.

Pertama, panaskan santan dan gula pasir hingga mulai mendidih. Masukkan pewarna makanan sambil terus diaduk hingga berbuih lalu pindahkan ke dalam wadah dan bekukan sekitar 6-8 jam. Tata isian es doger dalam gelas lalu tambahkan es yang sudah dikeruk dan kucuri dengan susu kental manis. Bisa juga menvariasikan isian es doger dengan potongan nangka atau alpukat, roti tawar maupun pacar cina.

4 dari 4 halaman

Makin Viral, Makin Unik

Fakta Es Doger yang Segarnya Pas Banget untuk Buka Puasa© Shutterstock

Es doger pun bisa disajikan dengan variasi unik, misalnya buat kamu yang lagi menjalani diet keto. Cukup gantikan beberapa bahan dengan alternatif yang lebih sehat. Misalnya jika ingin menggunakan potongan roti, pilih roti gandum yang tinggi serat, mengganti susu kental manis dengan susu almond, dan tingkatkan porsi buah-buahan seperti alpukat.

Buat yang mengasah kemampuan meracik dessert, jajal pudding yang terinspirasi dari es doger. Pertama, campurkan santan, sirup dan susu ke dalam panci. Tambahkan daging kelapa muda, susu kental manis dan bubuk pudding susu.

Aduk hingga semua bahan tercampur dengan merata lalu masak hingga mendidih sambil terus diaduk agar nggak menggumpal. Tambahkan tapai ketan hitam ke dalamnya lalu aduk kembali. Tuang adonan dalam cetakan pudding dan diamkan hingga memadat. Cocok nih buat alternatif menu takjil yang menyegarkan atau dijual buat tambah pendapatan.

Tergoda untuk menikmati atau membuat sendiri es doger di rumah? Yuk, sediakan buat istimewakan menu buka puasa! (*/eth)

Beri Komentar