7 Makanan Lezat Tapi Sebabkan Stres

Reporter : Dwi Ratih
Selasa, 26 Januari 2021 09:45
7 Makanan Lezat Tapi Sebabkan Stres
Apa saja ya?

Dream - Mengonsumsi makanan lezat jadi salah satu kebahagiaan dan bisa melepas stres. Namun ada makanan yang justru bisa menyebabkan stres jika dikonsumsi berlebihan.

Wah, kira-kira makanan lezat apa yang bisa memicu stres, ya? Apa jangan-jangan kita sering menikmatinya tanpa disadari?

Berikut 7 daftar makanan lezat yang rupanya bisa menimbulkan stres. Catat dan jangan lupa untuk kurangi konsumsinya, ya.

1. Gula

Gula merupakan hal pertama yang harus segera kamu hentikan, karena dapat mengurangi tingkat stres kamu.

Mengonsumsi terlalu banyak gula dapat melepaskan lebih banyak kortisol, yang menyebabkan masalah tidur, mengganggu sistem kekebalan, sakit kepala, peningkatan tingkat stres, dan mengidam makanan yang tidak sehat.

2. Olahan Karbohidrat

Olahan dari bahan berkarbohidrat mungkin terasa enak di mulut tetapi tidak bagi tubuh. Karena dapat menyebabkan kadar gula darah berfluktuasi sehingga membuat kamu merasa mudah tersinggung dan murung.

1 dari 5 halaman

3. Terlalu banyak kafein

Jika kamu terlalu sering minum beberapa cangkir kopi dalam sehari, kamu akan merasa lebih gelisah dan cemas. Maka dari itu sebaiknya konsumsi hanya satu cangkir dalam sehari untuk menjauhkan stres.

Ilustrasi© Shutterstock

4. Tepung terigu

Tepung terigu atau yang juga disebut juga tepung olahan tidak memiliki serat dan merupakan karbohidrat murni sehingga menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Sehingga dapat melepaskan kortisol, dan menyebabkan stres.

2 dari 5 halaman

5. Garam

Terlalu banyak garam dapat menyebabkan retensi air di dalam tubuh, sehingga menyebabkan tekanan darah tinggi, yang membuat jantung lebih stres.

Salah satu tips mudah untuk mengurangi asupan garam adalah dengan menggunakan botol garam sebagai takaran.

Ilustrasi© Shutterstock

6. Olahan Daging

Olahan daging seperti hot dog, sosis, dan dendeng menggunakan natrium dan aditif untuk membuat produk ini enak dan tahan lama. Hal tersebut berdampak pada tingkat stres anda karena menurunkan tingkat energi.

7. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng dapat membuat kamu merasa lesu dan tidak nyaman.

Mengonsumsinya juga dapat menurunkan tingkat energi sehingga meningkatkan stres. Daripada menggoreng kamu bisa menggantinya dengan metode memasak lain seperti memanggang dan menumis.

(Laporan: Yuni Puspita Dewi, Sumber: Times of India)

3 dari 5 halaman

4 Makanan Sehat 'Penghangat' di Musim Hujan

Dream - Hujan mulai turun lebih sering dari biasanya. Udara pun kian sejuk dan dingin. Bahkan mungkin kamu tidak perlu menyalakan AC setiap hari lagi.

Meskipun tidak berkeringat dan tersengat matahari, namun udara dingin juga bisa membuatmu kurang nyaman. Apalagi, jika daya tahanmu sedang turun.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu melakukan upaya untuk menghangatkan tubuh seperti mengonsumsi makanan tertentu. Dilansir dari Indiatoday.in, berikut makanan yang dapat menghangatkan tubuh.

Bawang putih

Bawang putih memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah menghangatkan tubuh di musim hujan. Kamu bisa mencampurnya ke dalam sambal, sup, salad dan lain-lain.

 

 

4 dari 5 halaman

Jahe

Jahe dapat menenangkan dan menhangatkan tubuh. Bahkan, kamu juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh, metabolisme serta memperlancar peredaran darah dengan mengonsumsi jahe. Campurkan jahe dengan air hangat, susu atau teh agar lebih bermanfaat.

Madu

Madu© Pexels.com


Madu dapat mencegah dan mengatasi batuk, pilek serta flu. Mengonsumsi madu juga bisa mengatasi masalah pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan kulit.

Konsumsilah madu di musim hujan agar merasa lebih hangat dan nyaman. Madu juga kaya akan antioksidan yang dapat mencegah dampak bahaya dari radikal bebas.

5 dari 5 halaman

Cinnamon


Cara Mudah Bikin Cinnamon Roll Pakai Roti Tawar© MEN

Sama dengan madu, cinnamon juga kaya akan antioksidan dan anti peradangan. Kamu juga bisa mencegah potensi penyakit jantung dan menurunkan kadar gula darah dengan mengonsumsi cinnamon.

Cinnamon memberikan sensasi hangat pada tubuh ketika dikonsumsi. Kamu bisa mengonsumsinya dengan roti atau kopi.

(Sumber: Indiatoday.in)

Beri Komentar