Rekomendasi Kuliner Legendaris di Jakarta, Ada yang Pernah Kamu Coba?

Reporter : Shania Suha Marwan
Selasa, 17 Januari 2023 10:01
Rekomendasi Kuliner Legendaris di Jakarta, Ada yang Pernah Kamu Coba?
Berikut ini ada beberapa rekomendasi kuliner legendaris di Jakarta yang wajib dicoba

Dream - Aktivitas jalan-jalan kini semakin berkembang dengan beragam tema. Namun satu yang pasti dilakukan para pelancong saat datang ke destinasi baru adalah mencicipi makanan khas dari daerah yang dikunjunginya. 

Ketika tak mampu plesir ke luar kota atau luar negeri, wisata kuliner semacam ini bisa kamu lakukan di daerah terdekat di tempat tinggal kamu. Siapa tahu ada beberapa tempat makan enak yang selama ini belum pernah kau datangi namun terkenal di kalangan pemburu kuliner.

Sambil menghabiskan waktu akhir pekan, kamu bisa menjadikan wisata kuliner sebagai salah satu alternatif. Untuk Sahabat Dream di Jakarta sendiri, ada banyak sekali lho makanan yang patut untuk dicoba. 

Aktivitas berburu kuliner ini semakin mengasyikan karena beberapa rekomendasi tempat makan legendaris menyimpan sejarah yang menarik. Hadir sudah cukup lama, rasanya kamu wajib mencicipinya.  

Berikut beberapa rekomendasi tempat makan legendaris di Jakarta yang wajib dicoba ketika kamu wisata kuliner di Ibu kota! 

1 dari 3 halaman

Bakmi Gang Kelinci

Lezatnya mi kenyal yang disajikan bersama suwiran ayam super empuk rasanya akan bikin akhir pekan lebih spesial. Kamu nggak boleh ketinggalan cucipi Bakmi Gang Kelinci! 

© Ilustrasi/Shutterstock

Restoran yang dirintis pada tahun 1957 ini sekarang sudah tersebar luas di kota Jakarta, cabangnya ada di Pasar Baru, Cengkareng, Kuningan, Menteng, Kemayoran, Blok M, juga Grogol. Di sini ada beberapa menu yang disajikan, seperti bakmi ayam, i fu mie, kwetiau, sampai nasi goreng.

Es Ragusa Italia

Kalau kamu ingin yang seger-seger, es krim legendaris Es Ragusa Italia harus masuk list kulineran kamu!

Letaknya ada di Jl. Veteran, Gambir. Toko es krim yang sudah didirikan sejak tahun 30-an, menyediakan es krim tradisional Italia dengan beraneka ragam pilihan rasa, mulai dari coklat, vanilla, stroberi, hingga kismis dan durian. Es krim buatan sini teksturnya jauh lebih lembut dari es krim biasanya.

2 dari 3 halaman

Gabus Pucung Dapur Betawi

Olahan ikan gabus dan kluwek khas Betawi ini memiliki rasa gurih dan asam. Kalau Sahabar Dream ingin nyoba langsung makanan yang satu ini, dateng aja ke Gabus Pucung Dapur Betawi Cabe 5 di Jl. Raya Parung, Ciputat. 

© Ilustrasi/Shutterstock

Selain menghidangkan gabus pucung yang nikmat, tempat ini juga mempunyai nuansa tempo dulu, membuat pengalaman wisata kuliner Jakarta jadi terasa lebih autentik.

Laksa Betawi Assirot

Nikmati perpaduan sempurna antara kuah santan penuh rempah dan beraneka macam olahan lainnya seperti ketupat, tauge, daun kemangi, daun kucai, dan bawang goreng. Kamu bisa banget menyantap hidangan lezat ini, dengan dateng ke Laksa Betawi Assirot di Jl. Assirot, Kebayoran Lama. 

© Ilustrasi/Shutterstock

Sudah ada sejak tahun 1978, makanan di tempat ini diracik turun temurun. Di sini kamu juga bisa memilih lauk tambahan seperti semur daging, empal, jengkol, tahu, tempe, kentang, dan telur. 

3 dari 3 halaman

Martabak Pecenongan

Makanan manis rasanya emang pas dinikmati saat kamu sedang kunpul bersama teman atau keluarga! Nggak usah bingung mau pesan apa, karena jawabannya adalah martabak manis.

Salah satu gerai martabak yang legendaris banget, adalah Martabak Pecenongan, dimana kamu bisa memesan martabak dengan bermacam -macam topping, mulai dari keju, coklat, kacang, hingga green tea dan red velvet.

© Ilustrasi/Shutterstock

Mie Ayam Gondangdia

Restoran mi legendaris lainnya yang ada di Jakarta adalah Mie Ayam Gondangdia, yang lokasinya berada di Jl. RP Soeroso No. 36, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat. Tempat makan ini sudah berdiri sejak tahun 1968 dan telah memiliki banyak pelanggan setia. 

Menu andalan di sini adalah mi ayam yang punya tekstur lembut, yang disajikan bersama ayam empuk dan manis, serta kuah gurih.

(Sah, Sumber: Indonesia.travel)

Beri Komentar