Ilmuwan Ciptakan Es Krim yang Tak Bisa Mencair

Reporter : Syahid Latif
Senin, 31 Agustus 2015 12:25
Ilmuwan Ciptakan Es Krim yang Tak Bisa Mencair
Zat protein yang dipakai ternyata sudah lama digunakan masyarakat Jepang

Dream - Ucapkan selamat tinggal pada cone es krim yang meleleh. Para ilmuwan berhasil menciptakan es krim yang dijamin takkan meleleh.

Es krim ini bahkan diklaim tetap membeku lebih lama berkat sebuah zat protein yang membantu bahan pembuatnya tetap utuh.

Zat protein yang tercampur dalam larutan air, lemak, di sebuah es krim ini sebetulnya sudah banyak digunakan sebagai menu sarapan penduduk Jepang, Natto.

Namun para peneliti dari Universitas of Edinburgh dan University of Dundee telah menemukan khasita lain dari protein ini. Dengan menambahkannya pada bahan pembuat es krim, dipastikan akan tetap beku cukup lama.

Tak cuma tahan lama, protein ini juga bisa membentu mencegah es krim membentuk kristal ketika membeku.

Mengutip laman dailymail, Senin, 31 Agustus 2015, para ilmuwan saat ini yakin protein ini akan mulai banyak digunakan dalam 3-5 tahun ke depan.

Natto sendiri terbuat dari kedelai yang difermentasi dan banyak dimakan bersama nasi. Zat ini mengandung banyak protein dengan tekstur berserabut namun mempunyai bau seperti kejut.

" Kami bersemangat dengan bahan baru potensial yang bisa meningkatkan es krim, baik bagi konsumen maupun perusahaan," kata Profesor Cait MacPhee dari Universitas Edinburgh.

Dr Nicola Stanley-Wall dari Universitas Dundee menambahkan penelitian yang dilakukan cukup menyenangkan mengingat aplikasi dari protein ini semula untuk mengidentifikasi melihat kegunaan protein ini terhadap bakteri.

Beri Komentar