4 Trik Membuat Telur Rebus Sempurna

Reporter : Syahid Latif
Jumat, 14 Agustus 2015 11:16
4 Trik Membuat Telur Rebus Sempurna
Suka kuing telur setengah matang atau matang? ada triknya memasaknya.

Dream - Membuat hidangan telur rebus tak semudah yang dibayangkan. Terlebih mulai banyak penikmat ingin sajian telur rebus dengan kematangan berbeda-beda.

Beberapa orang menyukai kuning telur yang setengah mata untuk disajikan bersama roti. Sebagian lagi ingin telur yang matang sehingga mudah dipotong.

Sesulit apapun menyajikan telur rebus sempurna, Anda bisa mempelajarinya dengan tekun. Tentunya setelah mengetahui cara merebus telur dengan tepat.

Anda bisa mendapatkan telur rebus dengan bagian putih dan kuning sesuai selera dengan mengetahui lamanya waktu merebus.

Pada rebusan antara 3-7 menit, bagian putih lembut kuning telur biasanya masih berair. Semakin lama waktu memasak, kuning telur biasanya akan semakin keras.

Terlepas dari waktu paling pas merebus telur, berikut adalah beberapa hal yang harus diketahui:

1. Masukan telur di air mendidih

Daripada menaruh telur dalam air sambil menunggu air mendidih, Ada baiknya Anda menunggu air mendidih dahulu.

2. Tambahkan satu sedok baking soda

Baking soda merupakan bahan murah yang banyak tersedia di setiap toko. Cukup memasukan satu sendok baking soda ke dalam air mendidih, cangkang telur akan mudah dilepaskan

3. Waktu merebus

Jangan lupa pasang timer saat telur pertama kali menyentuh air rebusan. Anda bisa menentukan sesuai tekstur telur yang ingin disantap. Tapi ingat, Anda mungkin harus fleksibel dengan waktu memasak karena semua tergantung kualiat telur dan intensitas panas.

4 Trik Membuat Telur Rebus Sempurna© indiatimes.com

Mungkin butuh beberapa kali percobaan sampai Anda menemukan waktu merebus yang paling pas.

4. Segera masukan telur hasil rebusan dalam air es asin

Telur akan tetap panas meskipun Anda memastikan kompor. Alhasil, kuning dan putih telur yang Anda inginkan tak sesuai rencana.

Untuk mencegah hal ini, siapkan semangkus air es dan masukan telur rebusan segera setelah matang sesuai selera. Menambahkan garam dalam air dimaksudkan untuk mematikan telur telah Anda matang dengan sempurna.

Mau mencoba?

Beri Komentar