Ini 6 Manfaat Kimchi Bagi Kesehatan

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Jumat, 21 Juni 2019 10:12
Ini 6 Manfaat Kimchi Bagi Kesehatan
Masuk daftar makanan tersehat di dunia, apa saja sih manfaat kimchi bagi kesehatan?

Dream - Di balik rasanya yang asam dan kecut karena fermentasi, ternyata kimchi memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

Seperti yang dilansir dari Organic Facts, kimchi mampu meningkatkan kesehatan jantung dan mengandung antioksidan yang memberikan efek menyegarkan bagi tubuh.

 Kimchi


Selain itu, karena fermentasi, kimchi juga mengandung flavonoid dan kaya akan probiotik yang bisa mengurangi kolesterol dan membantu meningkatkan sistem imun tubuh.

Kimchi juga rendah kalori, dan kaya serat, yang baik untuk pencernaan. Ditambah lagi kimchi kaya akan vitamin, asam amino, dan kalsium.

Dalam kimchi juga terdapat bakteri Lactobacillus yang baik, dan unsur-unsur lain yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Makanan khas Korea ini juga baik digunakan untuk diet, lho Sahabat Dream. 

Apa saja sih manfaat kimchi?

1 dari 6 halaman

Melancarkan Pencernaan

Dilansir dari Journal of Science of Food and Agriculture menyatakan, kimchi menjadi salah satu makanan yang baik untuk memperlancar pencernaan.

Ini dikarenakan probiotik yang terkandung dalam kimchi dari proses fermentasi.

 Melancarkan Pencernaan


Selain itu, seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, adanya bakteri Lactobacillus yang baik juga menunjang manfaat kimchi memperlancar pencernaan.

Umumnya, kimchi terbuat dari sawi yang mana dikenal baik untuk detoksifikasi dan mampu membuang racun dalam tubuh.

2 dari 6 halaman

Menjaga Kolesterol

Sebuah penelitian menemukan bahwa kimchi bisa membantu menurunkan tingkat kolesterol, dan juga bisa menjaga keseimbangan gula darah, lho Sahabat Dream.

Mengonsumsi kimchi secara rutin memberikan manfaat yang baik untuk mengatur kolesterol tubuh.

 Menjaga Kolesterol


Bawang, yang digunakan sebagai salah satu bahan membuat kimchi, kaya akan selenium dan asilin. Di mana asilin menjadi unsur yang bisa membantu menurunkan kolesterol, dan mengurangi resiko stroke dan serangan jantung.

3 dari 6 halaman

Menurunkan Berat Badan

Bagi Sahabat Dream yang sedang kesulitan memilih menu diet sehat, bisa memasukan kimchi ke dalam daftar menu, nih.

Manfaat kimchi selanjutnya yaitu bisa menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan karena adanya bakteri baik dan kandungan serat yang tinggi dalam kimchi.

 Menurunkan Berat Badan


Nutrition Research Journal New York menulis, pasien yang kelebihan berat badan bisa secara efektif menurunkan berat badannya dengan mengonsumsi kimchi.

Selain itu, kimchi juga membantu kelancaran metabolism tubuh, lho Sahabat Dream.

4 dari 6 halaman

Mencegah Kanker

Kimchi jadi salah satu makanan yang bisa mengurangi resiko terserang berbagai kanker.

Bahan utama pembuatannya yang terdiri dari bahan-bahan alami, seperti sawi, bawang, daun bawang, dan bahan-bahan lainnya, membuat kimchi kaya akan nutrisi.

 Mencegah Kanker


Sawi, mengandung flavonoid yang bisa menghambar pertumbuhan sel kanker.

Selain itu, ada juga kandungan glukosinolat, yang mampu mengurai dan membentuk isotiosianat yang terkenal efektif menghambat pertumbuhan sel kanker.

5 dari 6 halaman

Mencegah Penuaan Dini

Orang Korea dikenal dengan wajah mereka yang nampak awet muda dan bersih. Hal ini bisa jadi karena konsumsi kimchi yang rutin. Seperti yang kita tahu, bahwa kimchi adalah makanan yang wajib ada di setiap meja makan di Korea.

 Mencegah Penuaan Dini


Ternyata manfaat kimchi lainnya, adalah mampu mencegah penuaan dini. Ini bisa terjadi karena kimchi mengandung antioksidan dan vitamin A yang dikenal sangat berpengaruh pada pencegahan penuaan  dini.

Sebuah penelitian menunjukan bahwa kandungan dalam kimchi mampu mengurangi stress oksidatid dalam sel, menghambat peroksidasi lipid dan menambah umur subjek, sehingga membuat kimchi jadi makanan yang bisa mencegah penuaan dini.

6 dari 6 halaman

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ada lagi yang bisa kita peroleh dari mengosumsi kimchi, yaitu sistem kekebalan tubuh yang akan meningkat.

Selain mengandung flavonoid, kimchi mengandung komponen fenolik, dan juga bahan campuran yang digunakan seperti jahe, bawang dan paprika, menjadi bahan-bahan yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 Kekebalan Tubuh


Kandungan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kimchi ini mampu membantu memerangi infeksi dan bisa menyembuhkan gejala pilek dan flu, lho Sahabat Dream. (ism)

Beri Komentar
Summer Style 2019