Menu Buka Puasa Negara-negara Muslim Dunia

Reporter : Ervina
Senin, 30 Juni 2014 13:03
Menu Buka Puasa Negara-negara Muslim Dunia
Ada berbagai makanan tradisi yang secara khusus dihidangkan selama berpuasa. Sejumlah negara muslim memiliki makanan khas untuk berbuka puasa, berikut beberapa menu berbuka di negara-negara muslim.

Dream - Suara kumandang azan maghrib menjadi waktu yang ditunggu-tunggu umat muslim di seluruh dunia untuk berbuka puasa. Khusus selama bulan Ramadan, menu khusus untuk berbuka puasa kerap ditemui.

Ada berbagai makanan tradisi yang secara khusus dihidangkan selama berpuasa. Berikut beberapa makanan khas berbuka puasa di negara-negara muslim di seluruh dunia.

(Dari berbagai sumber)

1 dari 8 halaman

Turki

Dream - Pide Bread atau roti pide merupakan roti panggang yang khusus dijual selama bulan Ramadan. Sejumlah restoran dan rumah makan di kota-kota besar di Turki umumnya menawarkan satu set menu berbuka yang terdiri dari sup iftariye, roti pride, pastirma, sujuk, dan berbagai kue yang disebut börek.

Hidangan utama makan khas negara yang didominasi umat muslim ini yakni makanan tradisional yang dinamakan Ottoman. Sedangkan makanan pencuci mulut yang cukup dikenal terbuat dari campuran air mawar yang dinamakan güllaç. (Ism)

2 dari 8 halaman

Lebanon

Dream - Menu berbuka puasa di Lebanon didominasi daging panggang. Menu berbuka puasa yang khas antara lain salad mezza yang menggunakan kacang kering, houmous yang merupakan saus pelengkap makan, falafel yang menyerupai kroket. Juga ada batata harra yang menggunakan bahan baku kentang dengan campuran paprika merah, ketumbar, cabai, dan bawang putih.

Makanan Lebanon mayoritas mengadaptasi makanan dari Mesir. Namun kini sejumlah makanan tersebu telah menjadi makanan yang sesuai dengan indera pengecap masyarakat Lebanon. (Ism)

3 dari 8 halaman

Yordania

Dream - Mansaf dan watayef merupakan dua makanan yang identik dengan umat muslim di Yordania. Mansaf menggunakan bahan baku daging domba yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah.

Sedangkan watayef merupakan makanan yang menyerupai pancake berisi kenari dan gula dengan aroma kayu manis yang kuat. Sirup madu biasanya digunakan untuk menikmati kelezatan qatayef. (Ism)

4 dari 8 halaman

Mesir

Dream - Umat muslim di negeri piramida ini akrab dengan menu berbuka ful medames atau sering disebut ful. Ful medames merupakan kacang fava tumbuk yang dimasak dan disajikan dengan parsley, bawang putih, bawang bombay, dan perasan jeruk lemon.

Saat dihidangkan medames biasanya menggunakan telur rebus. Selain ful medames, menu berbuka lainnya yakni molokheya yang dibuat dari campuran ayam dan nasi. (Ism)

5 dari 8 halaman

Pakistan

Dream - Berbuka puasa bagi umat muslim di Pakistan tak lengkap tanpa samosa. Samosa merupakan makan khas menyerupai pastel yang berbentuk segitiga dan di dalamnya berisi kentang pedas, bawang bombay cincang, kacang-kacangan, dan daging cincang yang digunakan bisa berupa daging domba, daging sapi dan ayam.

Selain samosa, fruit chaat juga menjadi pilihan saat berbuka puasa. Fruit chaat merupakan potongan buah pepaya, pisang, jeruk, delima merah, anggur, apel, nanas, dan kentang atau ubi manis yang sebelumnya telah dikukus. Potongan buah ini dihidangkan dengan disiram saus berwarna kecoklatan dengan rasa manis dan sentuhan rempah-rempah yang tajam. (Ism)

6 dari 8 halaman

Bangladesh

Dream - Muslim di Bangladesh memiliki beberapa khas yang umumnya disajikan saat berbuka puasa. Piyaju, beguni, jilapi, muri, halim, tanggal, samosa, dal puri, chola dan berbagai buah-buahan merupakan pilihan menu saat takjil di Bangladesh. Selain makanan, muslim Bangladesh juga kerap menyajikan minuman segar seperti rooh afza dan sorbet lemon. (Ism)

7 dari 8 halaman

Maroko

Dream - Muslim Maroko familiar dengan menu berbuka harira. Harira merupakan rebusan domba dan chickpea yang juga menjadi makanan khas warga di negara-negara Afrika. Makanan berupa sup cincangan daging domba, tomat, chickpea, dan rempah-rempah ini mengandung kalori dan nilai gizi yang cukup tinggi. (Ism)

8 dari 8 halaman

Indonesia

Dream - Kolak merupakan menu berbuka yang familiar bagi sebagian besar umat muslim di Tanah Air. Pisang, ubi, singkong, dan pacar cina menjadi bahan baku pembuatan kolak yang dicampur dengan santan dan gula. Selain kolak, minuman segar seperti cendol dan es campur menjadi pilihan saat berbuka puasa. (Ism)

Beri Komentar