Kudapan Sehat Kekinian Anti Diabetes, Yuk Cobain!

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Kamis, 14 November 2019 19:12
Kudapan Sehat Kekinian Anti Diabetes, Yuk Cobain!
Banyak restoran maupun cafe di perkotaan yang menawarkan menu makanan sehat.

Dream - Tren gaya hidup sehat semakin meluas di masyarakat. Tak terkecuali pada bidang kuliner. Bukan hanya olahraga, makanan sehat berperan penting dalam mencapai bentuk tubuh ideal.

Banyak restoran maupun cafe di perkotaan yang menawarkan menu makanan sehat. Salah satunya dengan menggunakan gula pengganti untuk mencegah risiko diabetes.

" Kebiasaan dine out di masyarakat Indonesia semakin besar, terlebih di kota seperti Jakarta. Semakin ke sini, bahkan anak muda memilih pola makan yang cenderung lebih sehat. Contohnya saja dengan mengurangi asupan gula," ujar Ellen Widodo, General Manager Marketing &PR Boga Group di Jakarta, Rabu 13 November 2019.

 

1 dari 5 halaman

Pengganti Gula yang Sehat

Pish & Posh Cafe by Bakerzin berkolaborasi dengan Tropicana Slim memperkenalkan menu kekinian untuk menunjang gaya hidup sehat. Ada tiga kategori menu baru yaitu Healthy Food Bar, Smoothie Bowl dan Shaken Tea yang memakai Tropicana Slim Honey.

 Menu sehat penderita diabetes

Madu pengganti gula sangat cocok digunakan bagi orang yang menjaga asupan gula harian namun ingin tetap menikmati rasa manis alami. Cafe yang terletak di area Food Society Kota Kasablanka, Jakarta Selatan ini menawarkan pengalaman casual dining yang cukup nyaman.

" Untuk Healthy Salad Bar hanya diluncurkan di gerai ini. Pelanggan bisa memadukan kreasi menu sehat yang terdiri dari karbohidrat, protein, suplemen, dressing dan topping sesuai asupan kalori dan selera masing-masing," kata Ellen.

 

2 dari 5 halaman

Smothie Bowl

Bukan salad biasa, Sahabat Dream dapat menemukan komponen unik seperti tempe orek, tumis tahu dengan saus gado-gado kacang sebagai dressing. Selain menu salad, ada juga kudapan manis Smoothie Bowl berbahan dasar madu, buah-buahan dan granola.

 makanan sehat untuk penderita diabetes

Lengkapi makanan dengan segelas teh manis segar yang berisi buah-buahan. Kamu bisa memilih berbagai variah teh mulai dari mix fruits sampai chamomile. Tak perlu khawatir kalori membengkak karena teh diracik memakai madu rendah sukrosa.

Menyambut Hari Diabetes Internasional yang jatuh pada 14 November 2019, Sahabat Dream bisa memperoleh menu spesial ini dengan harga mulai dari Rp38 ribu - Rp115 ribu.

3 dari 5 halaman

Panjang Umur dengan Menu Sehat ala Okinawa

Dream - Okinawa, salah satu pulau di Jepang terkenal dengan warganya yang berumur panjang. Pulau cantik ini, termasuk wilayah di dunia yang warganya banyak berumur hingga 100 tahun.

Tingkat obesitas dan penyakit kronisnya juga sangat rendah. Para ahli kesehatan menduga hal ini karena kebiasaan makan warganya yang sangat sehat.

 Panjang Umur dengan Menu Sehat ala Okinawa

" Banyak variabel yang menjelaskan rentang hidup yang panjang ini, tetapi kuncinya adalah pola makan mereka yang sehat," kata Luiza Petre, MD, asisten profesor klinis kardiologi di Fakultas Kedokteran Mount Sinai di New York, seperti dikutip dari Prevention.

Tak heran kalau kebiasaan makan warga Okinawa banyak diadaptasi dan dianjurkan oleh para ahli kesehatan. Dasar dari makan sehat ala Okinawa adalah pada banyaknya menu sayur dan makanan laut.

Porsinya juga termasuk sedang, tidak berlebihan atau terlalu sedikit. Warga Okinawa juga memperlakukan makanan seperti sumber pengobatan mereka.

 

4 dari 5 halaman

Deretan Bahan Makanan Okinawa

Penasaran apa saja bahan-bahan andalan mereka dalam mengolah masakan? Berikut daftarnya.

 Seafood dan daging

- Karbohidrat serat tinggi, seperti ubi jalar, sayuran akar, dan mie soba. Porsinya sangat dominan
- Sayuran hijau seperti sayuran hijau dan kol
- Makanan dari kedelai seperti tahu dan pasta miso
- Makanan laut dan rumput laut seperti ikan, kombu dan hijiki
- Daging merah dalam porsi sedikit
- Jamur shiitake dan pare, buah seperti labu pahit
- Teh melati

Warga Okinawa tak terlalu suka makanan manis yang memang hanya muncul di acara khusus. Mereka juga lebih sering mengolah masakan dengan cara dikukus dan ditumis. Sehingga, makanan tak banyak menyerap minyak. (ism)

5 dari 5 halaman

5 Menu Sehat Ini Ternyata Tak Terlalu Sehat

Dream – Hidup sehat adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Tapi tunggu dulu, apakah makanan yang selama ini kita anggap baik, benar-benar menyehatkan? Faktanya belum tentu demikian.

Beberapa jenis makanan yang kita anggap sebagai makanan sehat ternyata tidak terlalu sehat jika dikonsumsi dengan tidak tepat. Apa sajakah itu?

Berikut lima makanan sehat yang menjadi kurang sehat jika salah mengonsumsinya. menurut laman Everydayhealth.com:

Protein Batang

Protein bar seringkali dianggap sebagai cemilan sehat karena kaya serat, gluten free, organik, dan banyak lagi. Tapi sebenarnya mereka tinggi kandungan gula dan lemaknya. Selain itu rasanya yang hambar membuat kita merasa tetap lapar sehingga bisa menghabiskan lebih dari satu batang sekali makan.

Jika Anda lapar dan ingin cemilan yang mengenyangkan sekaligus rendah kalori, pilih saja yogurt non-fat yang dicampur dengan buah-buahan atau telur rebus dan biskuit gandum.

Granola

Granola dikenal sebagai makanan sehat karena organik dan mengandung gandum utuh serat kacang-kacangan. Namun semua itu dibalut dengan kalori, lemak, dan gula. Seperempat gelas granola mengandung 130 kalori, ditambah dengan empat gram gula dan lima gram lemak.

Jika Anda tetap ingin menikmati granola, lebih baik buat sendiri sehingga terhindar dari gula berlebih. Taburkan granola di atas yogurt daripada dimakan begitu saja.

Sushi rolls

Secara teori, sushi rolls adalah makanan yang sehat. Paduan ikan salmon atau tuna dengan rumput laut, sayuran dan sedikit nasi. Jika Anda mengonsumsi sushi tradisional dalam jumlah kecil ditambah dengan sup miso, tak ada masalah.

Tapi sushi modern dengan topping yang bervariasi seperti mayonais, krim keju, kecap, berisiko meningkatkan kadar gula darah, terutama untuk Anda yang memiliki diabetes. Pilih sushi yang menggunakan beras merah dan sayuran segar dan tanpa topping.

 Shutterstock

Caesar Salad

Selada Romania yang menjadi bagian utama dari Caesar salad kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Tapi jka dicampur dengan dressing, keju, dan potongan roti kruton, maka akan membuat Caesar salad mengandung 800 kalori. Agar lebih sehat, campur selada Romania dengan potongan ayam panggang dan percikan cuka balsamik.

Sandwich Ikan

Ikan dikenal sebagai makanan super yang rendah kalori. Tapi kalau digoreng, ditambahkan saus, lalu dimakan bersama setangkup roti yang sudah dioles mentega, hasilnya tidak terlalu menyehatkan. Makan ikan dengan cara dipanggang, dan tambahkan sayuran sebagai pendampingnya.

 

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone