10 Makanan Indonesia Ini Mirip Banget Kuliner Korea, Ada yang Bikin Ketagihan!

Reporter : Ulyaeni Maulida
Kamis, 11 Juni 2020 17:36
10 Makanan Indonesia Ini Mirip Banget Kuliner Korea, Ada yang Bikin Ketagihan!
Selain bentuknya yang mirip, rasanya pun tak berbeda jauh.

Dream – Mendengar kata Korea kamu pasti akan langsung membayangkan wajah tampan dan cantik para artis K-Drama dan K-Pop di negara tersebut. Beberapa yang lain mungkin mengaitkan nama Korea dengan Ginseng.

Selain wabah K-Pop, satu lagi yang membuat Korea Selatan terkenal ke dunia adalah hidangan makan tradisionalnya. Demam dunia hiburan Korea turut ternyata membuat tren makanan khas negara itu ikut menjadi pembicaraan.

Namun tahukah kamu jika ada beberapa makanan Korea tersebut yang sangat mirip dengan hidangan Indonesia. Bahkan rasanya pun cocok di lidah orang Indonesia.

Jika kamu penasaran pengen nyobain makanan Korea, bisa banget nih kamu ganti dengan makanan Indonesia yang mirip baik dari segi bentuk dan juga rasa.

1 dari 10 halaman

Bibimbab vs Pecel Sayur

Bibimbab/Pecel© Instagram/puppy_songyi/susan_mellyani

Bibimbab ini sering banget kamu temuin saat nonton K-Drama. Bibimbab terdiri dari berbagai jenis sayur, seperti wortel, timun, tauge, bawang bombay, dan juga ditambah dengan telur sebagai pelengkapnya.

Bibimbab terlihat tidak asing bukan? Ya, makanan khas Korea ini mirip banget sama pecel sayur yang biasa kamu temui dirumah atau pasar. Bahannya yang sama-sama terbuat berbagai jenis sayuran, semakin membuat kedua makanan ini terlihat mirip.

2 dari 10 halaman

Pajeon vs Bakwan

Pajeon/Bakwan© Instagram/wonderkat289/susie.agung

Nah, kalau Indonesia punya bakwan atau biasa juga disebut bala-bala, Korea juga punya pajeon. Keduanya sama-sama berbahan dasar sayur yang kemudian diberi campuran tepung. Wah, mirip banget ya.

3 dari 10 halaman

Kimchi vs Asinan Sawi

Kimchi/Asinan Sawi© Instagram/jnj_snackstore/liawati21

Mendengar kata kimchi kamu pasti bakalan langsung teringat Korea. Salah satu makanan permentasi khas Korea ini mirip banget sama asinan sawi di Indonesia. Bahan dasarnya pun sama. Jika kamu penasaran ingin mencoba kimchi, boleh diganti kok sama asinan sawi. 

4 dari 10 halaman

Ramyeon vs Mie Rebus

Ramyeon/Mie Rebus© Instagram/susanvcoffee_y79/arsanti96

Nah, makanan yang satu ini pasti udah ga asing lagi buat kamu. Rasanya yang bikin ketagihan dan cara pembuatannya yang gampang, membuat makanan ini menjadi pilihan dikala lapar. 

Ramyoen dan Mie rebus Indonesia tak berbeda jauh. Baik dari segi rasa dan bentuknya. 

5 dari 10 halaman

Namul vs Urap

Namul/Urap© Instagram/shuna3faith/susie.agung

Sekilas tampak mirip banget bukan? Namul yang berasal dari Korea dan urap yang berasal dari Indonesia, sama-sama berbahan dasar sayuran segar. 

6 dari 10 halaman

Japchae vs Bihun

Japchae/Bihun© Instagram/chibogtayoph/quinnvie

Japchae ini mirip banget sama bihun goreng yang biasanya kamu makan di warung. Hanya saja Japchae lebih tebal dan licin dibanding bihun. 

7 dari 10 halaman

Gangjeon vs Jipang

Gangjeon/Jipang© Instagram/ juju31th/suryaardalisa

Makanan yang satu ini sama-sama manis. Bahkan dari tampilan juga akan susah dibedakan. Jangan terkecoh ya. Kalau di Korea disebut gangjeong atau rice crispy. Sedangkan di Indonesia biasa disebut jipang atau kipang. 

8 dari 10 halaman

Eomuk vs Otak-Otak

Eoumuk/Otak-Otak© Instagram/tokpoking_id/silvialim18

Eomuk Korea biasanya disajikan dengan kuah bening dan dimakan saat masih panas. Kalau otak-otak Indonesia, biasanya digoreng dan diberi tambahan sambal atau saus. 

9 dari 10 halaman

Bulgogi vs Semur Daging

Bulgogi/Semur Daging© Instagram/enyabdullah83/numpangsaveresep.id

Bulgogi berbahan dasar daging. Rasanya manis dan gurih. Sangat mirip dengan semur daging di Indonesia. Bulgogi bakalan cocok nih sama lidah orang Indonesia.

10 dari 10 halaman

Dakkochi vs Sate

Dakkochi/Sate© Instagram/mjgustotour/tokomayamsterdam

 

Dakkochi biasanya terbuat dari potongan ayam yang dipotong dadu. Yang membedakannya dengan sate ayam Indonesia adalah dakkochi diberi selingan sayur. Rasanya pun mirip. Dakkochi biasa disajikan pedas manis. Sedangkan sate ayam biasanya disajikan dengan sambal kecap atau saus kacang. 

 

Beri Komentar