Mungkin Butuh, Ini Cara Bikin Gelas Takar Darurat

Reporter : Mutia Nugraheni
Senin, 19 April 2021 09:48
Mungkin Butuh, Ini Cara Bikin Gelas Takar Darurat
Akun @masakdarurat bisa membantu kamu yang tiba-tiba kehilangan gelas takar.

Dream – Takaran dan gelas takar jadi alat ukur penting di dapur. Terutama saat membuat kue-kue kering. Saat Ramadan ini mungkin Sahabat Dream sudah berisap membuat kue. Bagaimana jika gelas takar dan alat ukur mendadak hilang atau rusak?

Tenang saja, akun Instagram @masakdarurat yang dikelola oleh Chef Bahtiar, membagikan trik membuat alat takar sendiri. Cukup menggunakan tutup botol air mineral kemasan.

Satu tutup botol penuh setara dengan 7,5 ml atau setara ½ sendok makan. Jadi untuk mendapatkan 30 ml diperlukan empat tutup botol penuh. Masukan air dari tutup botol ke dalam gelas bekas air mineral kemasan dan tandai setiap 30 ml. Lakukan terus sampai didapatkan tanda 150 ml.

Takaran darurat© Instagram @masakdarurat

Alat ukur ini nantinya dapat digunakan untuk mengukur bahan cair, seperti air, susu, minyak, dan sebagainya. Mudah bukan? Jadi jika gelas takar tak ada di rumah, kamu bisa membuat sendiri.

 

1 dari 5 halaman

Lihat saja video cara membuatnya

      View this post on Instagram

A post shared by masakdarurat (@masakdarurat)

Laporan Josephine Widya

2 dari 5 halaman

Resep Lapis Legit Prune ala Dapur JGC

Dream - Sajian lapis legit sangat pas untuk menemani minum kopi atau teh. Biasanya disajikan pada pagi dan sore hari agar bikin semangat. Sahabat Dream kangen dengan suasana kumpul-kumpul kerabat sambil menikmati lapis legit?

Bagaimana kalau melepas rindu dengan membuatnya. Ayu Audrey, pemilik Dapur JGC, membagikan resep andalan di akun Instagramnya, Lapis Legit Prune. Bisa jadi referensi untuk membuatnya sendiri di rumah.

Resep Lapis Legit Prune ala Dapur JGC© MEN

Bahan:
- 400 gram wijsman
- 100 gram mentega
- 70 gram susu kental manis
- 1 sachet vanili
- 30 butir kuning telor
- 3 butir putih telor
- 240 gram gula halus
- 1 sachet vanili
- 120 gram tepung terigu kunci biru
- 15 gram susu bubuk
- 250 gram prune belah tipis

 

3 dari 5 halaman

Cara membuat:

Lapis legit Prune© Instagram Ayu Audrey

- Haluskan dengan mixer wijsman, mentega, susu kental manis dan vanili sampai putih dan lembut
- Dengan mixer kecepatan tinggi, aduk telor, gula sampai kental berjejak. Kecilkan speed paling rendah, masukkan butter plus terigu dan susu berselang seling. Setelah rata, matikan mixer.
- Panaskan oven api bawah / aku pakai oven gas. Siapkan loyang ukuran 18x18x7cm. Tataki loyang dengan baking paper
- Oles loyang dengan sedikit blueband supaya baking paper menempel
- Tuang adonan beberapa sendok
- Panggang sampai sedikit cokelat sisi kiri kanannya. Ganti nyalakan api atas
- Panggang sampai kecoklatan. Keluarkan loyang lapisi dengan adonan layer ke 2. Tiap lapisan susun prune atau sesuai selera
- Setelah matang biarkan tetap di loyang, setelah dingin baru keluarkan agar tidak hancur.

Selamat mencoba!

4 dari 5 halaman

Kue Lapis Dikomplain Mahal, Penjual Malah Ungkap Cara Membuatnya

Dream - Sajian kue lapis biasanya selalu ada di acara-acara keluarga dan saat hari spesial seperti pernikahan. Kue ini memiliki citarasa yang sangat kaya. Perpaduan rasa manis, gurih, bertekstur lembut dan creamy.

Tampilannya juga sangat apik, tak heran kalau selalu disajikan di hari istimewa. Salah satu kue lapis yang terkenal adalah kue lapis Sarawak asal Malaysia. Kue ini terdiri dari beragam warna.

Kombinasinya warna juga sangat apik dan rasanya nikmat. Harganya bisa mencapai Rp500 ribu hingga Rp1 juta per loyang, tergantung jenisnya. Seorang penjual kue lapis Sarawak, curhat di Twitter soal pelanggannya yang kerap mengeluh kalau harga kue ini sangat mahal.

Akun @ruffleseed menulis " People always ask why kek lapis Sarawak is so expensive. This is my mom planning her next bake" . Artinya " banyak orang selalu menanyakan kenapa kue lapis Sarawak sangat mahal. Ini penjelasan ibuku soal pembuatannya" .

 

5 dari 5 halaman

Seperti rumus Matematika

Ia kemudian mengunggah langkah-langkah pembuatan kue yang memang sangat rumit. Dipanggang tiap lapis, lalu dipotong, kemudian ditutup adonan lagi dan dipanggang kembali. Begitu banyak tahapan yang harus dilakukan agar tampilan kue jadi terlihat apik.

Rumus kue lapis© Twitter

(Foto: Twitter @ruffleseed)

Jika dilihat, tahapan pembuatan kue ini malah seperti rumus matematika. Tak heran kalau harganya cukup mahal. Bagaimana menurut Sahabat Dream?

Beri Komentar