Pastikan Ada Kandungan Serat di Menu Sarapan Tiap Pagi

Reporter : Mutia Nugraheni
Sabtu, 27 Februari 2021 14:03
Pastikan Ada Kandungan Serat di Menu Sarapan Tiap Pagi
Rupanya, 9 dari 10 penduduk Indonesia kurang mengkonsumsi serat.

Dream – Masyarakat Indonesia sekarang ini sudah mulai banyak yang melakukan kebiasaan baik, yaitu dengan sarapan pagi sebelum melakukan aktivitas. Sayangnya, menu yang dikonsumsi umumnya masih belum memenuhi kebutuhan sarapan yang bergizi dan kaya akan serat.

Masyarakat masih menganggap sarapan hanya sekedar mengisi perut saja tanpa harus melengkapi gizi dan serta nutrisi. Rupanya, 9 dari 10 penduduk Indonesia kurang mengkonsumsi serat.

Padahal sebenarnya sarapan sehat bergizi lengkap dan mengandung serat memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti membantu memenuhi kebutuhan gizi harian, meningkatkan energi, dapat berkonsentrasi lebih baik dan menjaga berat badan yang sehat serta dapat terhindar dari penyakit.

Selain itu, serat memberikan banyak manfaat bagi tubuh seperti meningkatkan penyerapan mineral penting, menstimulasi sel kekebalan tubuh (meningkatkan imunitas) serta dapat meningkatkan kemampuan kognitif

 

1 dari 1 halaman

“ Sarapan yang baik adalah sarapan sehat bergizi dan mengandung serat. Di Indonesia masih banyak masyarakat yang masih kekurangan serat, padahal serat sangat penting, karena memiliki berbagai manfaat untuk tubuh, khususnya pada saat sarapan," ujar Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) dr. Daeng M. Faqih, SH, MH dalam rilis yang diterima Dream.

Ia menambahkan, sarapan yang baik merupakan awal penting untuk menjalani hari yang produktif dengan penuh semangat, menjaga berat badan yang sehat, dan dapat berkonsentrasi dengan baik.

Sumber serat bisa didapatkan dari golongan sereal diantaranya gandum, oatmeal, beras, jagung, sorgum ataupun bisa didapatkan dari buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan. Untuk memenuhi semua kebutuhan serat tersebut, salah satu cara praktis bisa dengan mengonsumsi sereal praktis.

“ Energen menjadi solusi produk sarapan bergizi yang dilengkapi dengan susu, telur, sigmavit, vitamin A, B1, B2, B6, B12, D, E dan kalsium, dan sereal berkualitas kaya serat yang membantu pencernaan untuk menyerap nutrisi secara maksimal sehingga badan sehat dan siap beraktivitas,” kata Sr. Brand Manager Energen, Cynthia Ruslan.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh PERGIZI PANGAN Indonesia pada 2012, terbukti 9 dari 10 anak usia sekolah 6-12 tahun di Indonesia masih mengalami kekurangan serat saat sarapan.

Terinspirasi dari hal tersebut, akhirnya Energen membuat kampanye ‘Segelas Energen Sereal Kaya Serat Setiap Hari, Agar Badan Sehat, Siap Beraktivitas’ sebagai kontribusinya terhadap masalah kekurangan gizi pada anak di Indonesia.

 

Laporan: Josephine Widya

Beri Komentar