Resep Makan Siang yang Bantu Turunkan Tekanan Darah, Cukup 5 Bahan Saja

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Rabu, 29 Juni 2022 13:12
Resep Makan Siang yang Bantu Turunkan Tekanan Darah, Cukup 5 Bahan Saja
Berikut ini resep makan siang, khususnya bagi penderita hipertensi yang dibuat dari 5 bahan sayuran sehat seperti ubi jalar dan kacang hitam

Dream - Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah salah satu dari lima penyakit kronis teratas. Faktor risiko paling umum terjadi karena tekanan darah tinggi adalah gangguan terkait jantung seperti stroke, penyakit jantung koroner, dan gagal jantung.

Modifikasi makanan, efektif dalam menurunkan tekanan darah dan mencegah penyakit kardiovaskular.

Berikut ini resep makan siang, khususnya bagi penderita hipertensi yang dibuat dari 5 bahan sayuran sehat seperti ubi jalar dan kacang hitam.

Resepnya tinggi protein, rendah kalori, bebas susu, dan tinggi serat. Ini juga baik untuk vegetarian dan orang-orang dengan alergi kacang dan kedelai.

Intip yuk resepnya yang sudah Dream rangkum dari Boldsky.com.

1 dari 6 halaman

Bahan-bahan:

  • 2 buah ubi ukuran besar, cuci bersih.
  • Dua cangkir kacang hitam kalengan.
  • Kacang kalengan beraroma, tidak mengandung garam dan tersedia dalam kaleng bebas BPA.
  • Satu setengah cangkir bayam/kangkung, dicuci dan dipotong-potong.
  • Setengah cangkir hummus. Pastikan hummus mengandung minyak zaitun dan bebas natrium.
  • Seperempat sendok teh lada hitam. 
2 dari 6 halaman

Cara Membuat:

  1. Tusuk ubi jalar dari semua sisi dan microwave selama sekitar 8-10 menit.
  2. Dalam wajan, tambahkan bayam dan masak sampai daunnya kendor.
  3. Tambahkan kacang hitam kalengan dan air (jika perlu) dan masak campuran tersebut sampai mengepul panas. Kacang kalengan sudah dimasak sebelumnya, jadi tidak perlu memasak campuran lebih lama.
  4. Ambil piring dan letakkan ubi jalar microwave. Pisahkan mereka.
  5. Taburi dengan campuran bayam dan kacang hitam.
  6. Hiasi dengan saus hummus.
  7. Jika hummus terlalu kental, tambahkan sedikit air untuk membuat konsistensi sedikit lebih longgar. Sajikan panas.
3 dari 6 halaman

Resep Chicken Wings untuk Vegan, Mirip Banget Sama Daging Ayam

Dream - Olahan makanan yang memiliki tekstur dan rasa mirip daging ayam ternyata banyak sekali lho, Sahabat Dream. Tanpa daging sama sekali, salah satu olahan itu adalah adonan tepung chickpea yang berasal dari kacang chickpea.

Tepung ini biasa digunakan sebagai pengental sup. Namun jika digabungkan dengan susu kedelai menjadi adonan lalu dimasak dengan cara dioven bisa menghasilkan tekstur yang mirip dengan chicken wings.

Temuan ini tentu membahagian buat kamu yang sedang berusaha menjadi vegan. Keinginan tak mengonsumsi daging terjaga namun tetap bisa menikmati enaknya rasa daging ayam.

Berikut resep chicken wings buatan yang dibuat dari tepung chickpea yang Dream rangkum dari laman Nutriciously. Yuk siapkan bahan-bahannya!

Bahan-bahan:

  • 1 kembang kol
  • 1 resep saus Buffalo
  • 5 cangkir serpihan jagung (125 g)
  • batter (adonan)
  • 4 sdm tepung chickpea
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt bawang putih bubuk
  • 1 sdt jinten
  • 1 sdt paprika manis
  • 1 cangkir susu kedelai (240 ml), tanpa rasa
  • wortel, seledri, dan zucchini
  • saus vegan
4 dari 6 halaman

Cara Membuat

  1. Tambahkan semua bahan kering untuk adonan ke dalam mangkuk berukuran sedang dan aduk hingga rata.
  2. Tambahkan susu kedelai dan aduk hingga rata. Adonan harus kental dan tidak menetes, sesuaikan susu kedelai dan tepung jika perlu.
  3. Panaskan oven hingga 450 °F / 230 °C. Potong kembang kol menjadi kuntum seukuran gigitan dan remukkan serpihan jagung halus ke dalam mangkuk sehingga menyerupai remah roti.
  4. Celupkan potongan kembang kol ke dalam adonan agar tertutup rata (kibaskan sisa adonan yang berlebih), lalu lumuri dengan tepung maizena dan taruh di atas loyang yang sudah dialasi kertas roti (hal ini penting agar tidak menggumpal). Pastikan untuk meninggalkan sedikit ruang di antara potongan kembang kol.
  5. Masukkan loyang ke dalam oven dan panggang selama 20 menit.
  6. Keluarkan kuntum kembang kol dari oven dan kikis ke dalam mangkuk besar.
  7. Tuang saus Buffalo di atas kembang kol yang sudah dipanggang, lapisi kuntum dengan saus dan campur dengan sendok.
  8. Letakkan kembali di atas kertas perkamen dan susun dalam satu lapisan.
  9. Panggang selama 10 menit lagi sampai sayap kembang kol renyah dan kecokelatan.
  10. Setelah sayap kembang kol kerbau dipanggang, biarkan agak dingin dan sajikan hangat dengan saus peternakan vegan serta beberapa batang seledri, zucchini, dan wortel.
  11. Chicken wings siap disantap.
5 dari 6 halaman

Resep Pad Thai, Jajanan Kekinian ala Thailand

Dream - Street food memang sedang digandrungi banyak orang. Wajar saja, jajanan dipinggir jalan ini memiliki harga yang ekonomis dan rasa yang nikmat.

Shutterstock© Shutterstock

Salah satunya jajanan asal Thailand, Pad Thai yang kerap jadi primadona. Namun di masa pandemi ini kita tidak bisa mengunjungi negara luar dengan bebas dan mencicipi kuliner jalanannya.

Untuk mengobati rindu, Sahabat Dream bisa loh membuat jajanan tumisan mi beras Pad Thai khas negera gajah putih ini. Berikut resep yang Dream rangkum dari Feasting at Home.

 

6 dari 6 halaman

Cara Membuat

  1. Masak mie sesuai petunjuk kemasan (atau masukkan bihun ke dalam mangkuk atau loyang yang dangkal dan didihkan air secukupnya hingga menutupinya.
  2. Tutup dengan air mendidih selama 7-8 menit, sampai empuk, lalu tiriskan menjadi benar-benar lembut.
  3. Kocok dua telur dalam mangkuk dengan garpu dan tambahkan sejumput garam 3 jari. Menyisihkan.
  4. Kocok kecap ikan, cuka beras, gula merah dan kecap. dalam mangkuk kecil. Menyisihkan.
  5. Iris ayam menjadi potongan-potongan yang sangat tipis dan bumbui dengan garam dan merica.
  6. Potong tahu menjadi kubus inci, taburi dengan garam dan merica, dan untuk ekstra renyah, celupkan sedikit tepung jagung.
  7. Kupas udang dan bumbui dengan garam dan merica.
  8. Goreng ayam, udang, atau tahu yang sudah dibumbui dalam wajan dengan minyak panas hingga matang dengan api sedang-tinggi.
  9. Sisihkan, di atas handuk kertas, bersihkan panci.
  10. Gabungkan bawang merah cincang, telur kocok, mie matang, protein matang, dan saus Pad Thai di sekitar kompor. Panaskan 2 sendok makan minyak kacang dalam wajan di atas api sedang, tambahkan bawang merah-bawang putih-jahe dan aduk, masak hanya beberapa menit sampai berwarna keemasan dan harum.
  11. Buat lubang di tengah wajan, pindahkan campuran bawang merah ke sisi wajan, tambahkan telur yang sudah dikocok. Dengan spatula logam, aduk dan pecahkan menjadi potongan-potongan kecil, biarkan sedikit kecoklatan, dan masukkan ke dalam bawang merah terus pecah menjadi potongan-potongan kecil.
  12. Tambahkan mie setengah lunak yang dikeringkan dan aduk dengan campuran telur, aduk, balik, goreng terus menerus selama 3-4 menit sampai mie menjadi lembut dan lentur.
  13. Tambahkan Saus Pad Thai dan masak 1 menit. Ini akan berbau amis pada awalnya tetapi akan melunak dengan sempurna. Tambahkan ayam, tahu, atau udang yang sudah dimasak, lalu balikkan dan aduk mie selama beberapa menit lagi.
  14. Masak hingga mie empuk (tapi masih agak kenyal) tambahkan air sedikit saja jika dirasa terlalu kering.
  15. Masukkan tauge dan kacang panggang (atau sajikan sebagai pelengkap) dan taburi dengan irisan cabai dan daun bawang. Peras dengan sedikit air jeruk nipis.
  16. Sesuaikan garam, jeruk nipis, dan kemanisan sesuai keinginan Anda, tambahkan sejumput garam, lebih banyak jeruk nipis, atau lebih banyak gula secukupnya. Beri satu lemparan lagi dan sajikan segera.
  17. Bagilah di antara dua piring. Hiasi dengan lebih banyak tauge, daun bawang segar, ketumbar atau basil, serpihan cabai, irisan jeruk nipis, dan kacang tanah panggang yang dihancurkan
Beri Komentar