Sajian Nasi Jamblang ala Cafe, Coba Yuk!

Reporter :
Senin, 18 November 2019 06:12
Sajian Nasi Jamblang ala Cafe, Coba Yuk!
Cocok bagi kamu yang mau menikmati kuliner khas Cirebon.

Dream - Kota Cirebon memiliki daya tarik kuliner yang begitu menggoda. Salah satu menu khasnya yang begitu terkenal adalah Nasi Jamblang, yaitu nasi yang dibungkus menggunakan daun jati dan menyajikan lauk beragam dengan rasa khas kota pesisir Cirebon.

Salah satu tempat makan nasi jamblang yang bisa Sahabat Dream datangi adalah Nasi Jamblang Ibu Hj Lili. Lokasinya berada di jalan kabupaten No: 18-20 Kota Cirebon Jawa Barat. Kedai makan ini dikemas secara modern menyerupai cafe.

" Nasi jamblang kan biasanya identik dengan ‘rakyat jelata’ kami ingin mengubah citra itu bahwa nasi jamblang juga bisa dinikmati di tempat yang nyaman,” kata Arief Safari pemilik usaha Nasi Jamblang Ibu Hj Lili, saat ditemui di kedainya.

Arief bercerita nama Nasi Jamblang Ibu Hj Lili diambil dari nama ibunya. Ia bercerita kalau dahulu tempat makan tersebut merupakan rumah tempat kumpul keluarga besarnya. Sang ibu sering memasak nasi jamblang untuk disajikan.

" Hingga sekarang resepnya menjadi turun menurun hingga dibukanya tempat makan Nasi Jamblang Ibu Hj Lili," kata Arief.

 

1 dari 5 halaman

Kedai Nasi Jamblang ala Cafe

Rumah Arief sekarang sudah berubah jadi tempat makan kekinian. Konsepnya memadukan unsur modern dan tradisional. Banyak hiasan mural yang bisa jadi spot-spot foto Instagramable.

 Nasi Jamblang Haji Lili

Untuk menu yang tersedia, seperti lauk Nasi Jamblang pada umumnya. Antara lain, sambal goreng, ikan asin, sate telor puyuh atau pun paru goreng.

Terdapat juga menu rekomendasi yang menjadi menu khas yaitu Balakutak, cumi berpotongan besar berlumur tinta hitam berbumbu gurih. Tekstur daging cumi begitu empuk, dengan bumbu yang menyerap.

Penasaran berapa harganya? Arif mengatakan untuk harga sekitar Rp15 ribu hingga Rp20 ribu. Bisa jadi tujuan wisata kuliner saat datang ke Cirebon.

Laporan Diah Tama Yanti

2 dari 5 halaman

Kekuatan Daun Jati untuk Bungkus Makanan

Dream - Bagi masyarakat perkotaan, mungkin akan bingung saat mendapati nasi yang dibungkus daun lebar. Bukan daun pisang, tapi daun jati.

Biasanya, kita melihat makanan di bungkus kardus, plastik atau styrofoam. Di beberapa daerah yang masih banyak terdapat hutan jati, makanan matang justru lebih banyak dibungkus daun jati. Seperti di Cirebon yang terkenal dengan nasi jamblangnya.

 'Kekuatan' Daun Jati dalam Membungkus Makanan

Wajib ada daun jati sebagai alasnya. Daun jati ini punya kekuatan tersendiri. Dibandingkan dengan penggunaan plastik, kertas minyak, atau styrofoam untuk membungkus makanan, daun jati jelas lebih ramah lingkungan.

Kita bisa ikut berkontribusi dalam pengurangan penumpukan sampai yang dapat merusak lingkungan. Tentunya, bagi makanan daun ini punya efek tersendiri. Penasaran?

3 dari 5 halaman

Membantu Menjaga Kehangatan Nasi

Nasi yang dibungkus dengan menggunakan daun jati biasanya akan hangat dalam waktu yang lebih lama. Ini karena tekstur daun jati yang tebal dan lebar, kehangatan makanan bisa terjaga dengan lebih baik.

 Nasi jamblang

Foto: Tripadvisor

Nasi yang dibungkus rapat dengan daun jati bisa bertahan dalam waktu cukup lama dalam keadaan masih hangat.

4 dari 5 halaman

Memberi Aroma yang Khas

Makanan yang dibungkus dengan daun jati akan mengeluarkan aroma yang khas. Aroma daun jati ini bahkan bisa menambah nafsu makan.

 Nasi jamblang

Aneka menu nasi tradisional yang dibungkus dengan daun jati akan terasa lebih istimewa karena aromanya yang menggugah selera.

Kita juga bisa menggunakan daun jati untuk membungkus tape ketan dan menjadikan tape ketan lebih spesial karena aromanya jadi lebih kuat.

5 dari 5 halaman

Terhindar dari Bahan Kimia Berbahaya

Kalau menggunakan pembungkus dari plastik atau styrofoam, dikhawatirkan ada bahan kimia berbahaya yang ikut bercampur pada makanan dan terkonsumsi. Sedangkan bila menggunakan daun jati, kita bisa terhindar dari bahan kimia berbahaya. Membuatnya lebih aman untuk dikonsumsi.

 Nasi daun jati

Selain ramah lingkungan, penggunaan daun jati untuk membungkus makanan memang bisa memperkuat aroma makanan tersebut. Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya sendiri?

(ism, Laporan: Endah Wijayanti/ Sumber: Fimela.com)

Beri Komentar
Anak Millenial Wajib Tahu, Ini Tips Umroh Tenang Tanpa Utang