Sensasi Unik Menu Ayam Fillet Marinasi Kopi, yuk Coba!

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Senin, 24 Februari 2020 11:47
Sensasi Unik Menu Ayam Fillet Marinasi Kopi, yuk Coba!
Rasa kopi pada ayam, cukup berbeda.

Dream - Gelaran Dream #BanggaBerhijab pada Minggu 23 Februari 2020 turut dimeriahkan penampilan salah satu kontestan MasterChef Indonesia Season 5, Kevin Pangemanan. Kevin mendemonstrasikan olahan ayam di acara tersebut.

Saat sesi Cooking Demo bersama Cosmos, Kevin mempersembahkan sajian sehat Chicken Coffee with Pumpkin Puree. Cita rasa pahit dari kopi memberi sensasi unik ketika digunakan sebagai bumbu marinasi.

" Jangan takut terlalu pahit karena kita seimbangkan pakai brown sugar bubuk. Jadi dapat karakteristik pahit asam dari si kafein dan legitnya gula merah bubuk. Kopinya boleh pakai kopi arabika atau robusta," ujar Kevin di Halal Park Senayan, Jakarta.

 Cooking Demo© Dream.co.id

Selain lezat dan sehat, sajian ini juga sangat praktis karena dapat dimasak hanya dengan menggunakan rice cooker. Penasaran? Simak resepnya berikut ini:

1 dari 2 halaman

Resep Chicken Coffee with Pumpkin Puree

Bahan-bahan:

  • Daging ayam fillet paha 
  • Bubuk kopi murni
  • Bubuk gula merah
  • Garam
  • Lada hitam
  • Oregano
  • Labu parang, potong dadu
  • Butter
  • Susu segar
  • Kaldu ayam

 

2 dari 2 halaman

Cara Membuat

Cara membuat menu ini cukup mudah. Pertama-tama, Sahabat Dream dapat memarinasi fillet ayam dengan bubuk kopi, bubuk gula merah, garam, lada hitam dan oregano.

Simpan di lemari es selama 15 menit atau seharian. Ketika sudah dimarinasi, warna daging akan berubah menjadi kecoklatan. Masak di dalam rice cooker hingga matang. Kemudian letakkan di atas piring untuk disajikan.

Setelah itu, lumatkan labu parang yang telah dipotong dadu.

 Cooking Demo© Dream.co.id

" Selain murah, labu parang mengandung beta carotene tinggi yang kaya antioksidan. Bisa juga diganti memakai kentang, ubi cilembu atau ubi ungu," tutur Kevin.

Masukkan labu yang telah dilumatkan ke dalam rice cooker. Tuang susu segar, kaldu ayam, butter dan garam secukupnya. Jika ingin lebih pekat, Sahabat Dream bisa memakain perbandingan labu dan cairan sebanyak satu banding satu.

Sebagai pelengkap, sajikan fillet ayam dan puree labu bersama salad. Kamu bisa memakai selada air, tomat dan sayur-mayur favoritmu. 
" Untuk dressingnya, campurkan olive oil, madu, seledri dan air perasan lemon. Blender dan siram di atas sayuran," tutup Kevin.

Beri Komentar
Video Kondisi Terkini WNI dari Wuhan di Natuna