Jokowi Resmikan BWM Ketiga, Kali Ini di Serang

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Rabu, 14 Maret 2018 14:29
Jokowi Resmikan BWM Ketiga, Kali Ini di Serang
Lembaga mikro syariah ini diharapkan mendukung pengembangan ekonomi syariah.

Dream – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan bank wakaf mikro (BMW) di Pesantren An Nawawi Tanara, Serang Banten. BWM di Pesantren An Nawawi Tanara ini merupakan yang ketiga diresmikan langsung oleh Presiden.

" Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan Bank Wakaf Mikro An Nawawi Tanara,” kata Jokowi di Serang, Rabu 14 Maret 2018.

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia, Ma’ruf Amin, mengatakan bank wakaf di pondok pesantren ini sudah punya ratusan nasabah. Rata-rata pinjamannya sebesar Rp1 juta.

“ Nasabahnya sudah ada 200,” kata Ma’ruf.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso, mengatakan BWM di ponpes ini merupakan yang ketiga kalinya diluncurkan.

Pada Oktober 2017 lalu, Bank Wakaf Mikro KHAS Kempek di Cirebon telah diresmikan. Selang sepekan yang lalu, Bank Wakaf Mikro Al Fithrah Wava Mandiri di Surabaya juga baru beroperasi. 

Wimboh berharap, pengembangan BWM di lingkungan pesantren dapat menjadi quick wins dalam pengembangan keuangan syariah nasional yang dapat mendukung pengembangan ekonomi syariah jangka menengah panjang yang berkesinambungan.

Bank Wakaf Mikro juga diharapkan bisa menyediakan akses permodalan atau pembiayaan bagi masyarakat yang belum terhubung dengan lembaga keuangan formal khususnya di lingkungan pondok pesantren yang saat ini jumlahnya mencapai lebih dari 28 ribu pondok pesantren di berbagai penjuru Tanah Air.

“ Program BWM ini dapat direplikasi pembentukannya dan diperluas cakupan wilayah pendiriannya, serta dapat menjangkau nasabah lebih banyak, sehingga dapat menjadi basis perluasan akses pembiayaan dan pemberdayaan ekonomi umat,” kata dia.

Pada kesempatan ini, diluncurkan juga beberapa lembaga pemberdayaan umat lainnya seperti LEUmart dan Koperasi Mitra Santri Nasional (KMSN). Wimboh mengatakan agar ke depan sinergi BWM, LEUmart dan KMSN dapat menjadi model sinergisasi lembaga-lembaga pemberdayaan ekonomi umat di Indonesia.

Beri Komentar