CONNECT WITH US!

11 November Ini Ternyata Hari Lajang Sedunia, Simak Ceritanya

Reporter : Mutia | Sabtu, 11 November 2017 14:58
Lajang Bahagia (Foto: Shutterstock)
Tak perlu sedih sendiri. Ternyata ada perayaan hari khusus jomblo atau "Singles Day".

Dream - Sahabat Dream, mungkin sudah sangat akrab dengan perayaan Valentine's Day atau hari kasih sayang. Biasanya, hari tersebut dirayakan oleh mereka yang sudah memiliki pasangan. Lalu bagaimana dengan para lajang atau akrab disapa jomblo?

Tak perlu sedih sendiri. Ternyata ada perayaan hari khusus jomblo atau " Singles Day" yang jatuh pada hari ini 11 November. Bila ditelusuri sejarahnya, momen Singles Day berasal dari respons orang-orang lajang di negeri Tiongkok.

Tidak pasti siapa yang sebetulnya pertama kali memulai perayaan ini. Tapi saduran dari The Telegraph menceritakan bahwa para mahasiswa lajang di Universitas Nanjing-lah yang memulai perayaan “ Singles Day" dalam lingkup kampus pada tanggal 11 November ketika era 90-an.

Masing-masing angka 1 dari tanggal itu menjadi representasi ideal sebuah status lajang. Alih-alih merayakan kesendirian dengan bermuram durja, para mahasiswa ini mengapresiasi diri sendiri lewat bermacam hal yang menyenangkan hati. Mulai dari makan enak sampai kenyang, karaoke sepuas hati, hingga pesta belanja untuk membahagiakan diri sendiri.

Promo 11.11 di Singles Day
Semarak perayaan Singles Day ini masih biasa-biasa saja sampai kurun 2000-an awal. Levelnya masih berbatas pada tradisi perayaan kaum lajang di Tiongkok. Namun gegap gempitanya menanjak drastis setelah Alibaba menciptakan parade belanja online penuh diskon selama hari Singles Day pada 11 November 2009.

Dasar homo consumericus, tebaran potongan harga khusus hari itu mampu menggoda mata dan memunculkan hasrat belanja yang kemudian bermuara ke dompet para konsumen di Tiongkok. The Telegraph mengutip ada perputaran uang 50 juta yuan (atau setara 10 miliar rupiah saat ini) ketika Alibaba memang menggelar ajang belanja Single Day pada 2009.

Kesuksesan Alibaba melakukan make-over dalam momen Singles Day kemudian menghadirkan ketertarikan dari para pelaku e-commerce lain untuk berpartisipasi. “ Ada gula, ada semut”, begitulah kira-kira cerminan keberhasilan momen belanja online 11 November ini.

Pesta diskon belanja online di perayaan 11 November 2017
Semakin ke sini, perayaan Singles Day tidak lagi dimonopoli Alibaba. Sudah mulai banyak tebaran diskon yang datang dari pelaku retail daring lain. Beberapa dari kita yang di Asia Tenggara, khususnya Indonesia, sejak tahun lalu telah merasakan euforia belanja Singles Day ini.

Menurut catatan Criteo, sebuah perusahaan teknologi pemasaran asal Prancis, gelaran Singles Day 2016 di Indonesia, Singapura dan Taiwan mampu melipat gandakan transaksi belanja hingga 254% dari ambang normal.

Berkaca dari tahun lalu, hajatan Singles Day di Indonesia tahun ini diprediksi akan semakin hits. Apalagi kali ini semakin banyak e-commerce populer yang ambil bagian.
Setidaknya ada 9 situs retail daring sudah menunjukkan gairahnya dalam perayaan Singles Day.

Lalu situs belanja apa saja ikut memberikan promo di Singles Day? Ada Bukalapa yang bikin program “ Nego Terus Sampai Jodoh”. Lalu Lazada, membuat promo diskon " Online Revolution: Diskon Mengguncang Semesta”.

Zalora, juga ikut menyematkan banner hitung mundur perayaan Singles Day. Situs belanja lain yang juga ikut yaitu Shopee, Ali Express, Blanja, Blibli, Elevenia dan Orami. Baca keterangan lengkapnya di sini.

 

 

#SusahnyaJadiArtis - Personil Wayang Susah Urus KPR