3 Tips Sukses Jadi Investor di Usia Muda

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 13 Desember 2019 10:12
3 Tips Sukses Jadi Investor di Usia Muda
Muda ingin kaya-raya, Sahabat Dream?

Dream - Perubahan zaman telah mempermudah kita untuk melakukan berbagai aktivitas. Salah satunya adalah kegiatan investasi yang biasanya hanya dilakukan oleh kalangan tertentu.

Kemunculan beragam aplikasi fintek investasi mempermudah kita untuk menanamkan modal sedari muda.

Dikutip dari Karir.com, Jumat 12 Desember 2019, jika kamu tertarik untuk berinvestasi saat muda, pertama, mempelajari produk investasi.

Saat ini ada berbagai macam pilihan produk invetasi dengan berbagai skema yang kita pilih. Produk-produk tersebut tentunya menjanjikan berbagai macam keuntungan yang sangat tinggi.

Dalam dunia investasi, semakin besar return yang ditawarkan, risiko yang dimiliki akan lebih besar. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk memilih produk investasi, sebaiknya mempelajari setiap produk dengan seksama.

Kemudian, pelajari legalitas, keuntungan, dan kerugian suatu produk investasi. Kalau sudah paham untung ruginya, ya, langkah selanjutnya adalah tinggal memulainya.

1 dari 5 halaman

Ubah Mindset

Yang kedua, ubah mindset. Menjadi seorang investor tentunya tidak mudah, terlebih lagi ketika memulainya di usia muda. Selain harus mengerti masalah angka dan keuangan, seorang investor juga harus memiliki mental yang kuat.

Memang wajar di usia muda lebih memilih untuk hidup konsumtif, tetapi hendaknya mindset konsumtif ini tidak terlalu dituruti. Sebagai seorang investor, hendaknya kamu lebih memikirkan cara untuk meningkatkan nilai uang yang kamu miliki saat ini.

Jika tidak merubah mindset tentunya akan sulit untuk mencapai target investasi yang kamu inginkan di masa depan. Sesekali masih okelah jika kamu ingin membeli es kopi susu sambil tetap menabung.

2 dari 5 halaman

Mulai Secepatnya

Investasi merupakan sebuah kegiatan yang ditujukan untuk masa depan. Artinya, kita tak mungkin menerima imbal balik yang positif dalam waktu dekat.

Untuk investasi jangka pendek pun diperlukan waktu minimal 3 sampai 5 tahun untuk mendapatkan hasil. Oleh karena itu sebaiknya jika ingin berinvestasi, kamu segera memulainya agar mendapatkan return yang diinginkan lebih cepat.

Tapi ingat untuk mempersiapkan diri kalian secara materi dan juga dasar keilmuan yang baik.  Dengan begitu, kamu bisa membuat keputusan yang lebih baik saat mulai melakukan investasi.

3 dari 5 halaman

Emas Sering Dijadikan Investasi Jangka Panjang, Ini Alasannya

Dream - Emas menjadi salah satu instrumen investasi yang sering dilirik masyarakat. Beberapa pertimbangan yang dipakai yaitu nilai yang cenderung stabil dan mudah dicairkan. 

Demikian halnya dalam ekonomi syariah. Emas kerap digunakan untuk menjaga nilai kekayaan. Manfaat emas dapat dirasakan dalam jangka panjang. 

 

 © Dream

 

" Secara jangka pendek, belum tentu emas akan menguntungkan karena harga beli dan jual ada selisihnya. Namun, emas lebih cocok untuk investasi jangka panjang karena nilainya yang tahan inflasi dan cenderung naik," kata Kepala Divisi Inovasi Produk Keuangan Syariah Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS), Yosita Nur, dikutip dari Merdeka.com.

4 dari 5 halaman

Literasi Masyarakat terhadap Investasi Emas Diperlukan

Tetapi, diperlukan literasi yang cukup pada masyarakat sebelum berinvestasi emas. Salah satu manfaatnya, masyarakat bisa mengetahui tempat jual beli emas yang aman dan minim risiko.

“ Ini yang menjamin keamanannya dalam berinvestasi. Sebagai investor, kita harus tahu tempat jual beli emas yang aman dan minim risiko, bisa membedakan emas palsu atau tidak, dan legalitas tempat penjual emas,” kata dia.

Yosita mengapresi lembaga keuangan seperti PT Pegadaian (Persero) dan fintek yang meluncurkan produk-produk keuangan mempermudah masyarakat berinvestasi emas. Produk-produk tersebut memungkinkan masyarakat bisa memiliki emas tanpa menunggu punya banyak uang.

" Selama ini konsepnya kalau beli emas kan mahal, dan butuh tempat untuk menyimpan fisiknya. Dengan adanya fitur tabungan emas, kita bisa melihat harganya secara real time, masyarakat jadi bisa punya akses untuk investasi emas dan tidak perlu menunggu uang banyak terlebih dahulu," kata dia.

5 dari 5 halaman

Pentinya Berinvestasi

Dream - Untuk mewujudkan mimpi, Sahabat Dream tak melulu hanya menabung. Kamu bisa mewujudkannya lebih cepat dengan investasi, seperti yang dilakukan oleh Loemongga Haoemasan.

Wanita pengusaha yang menyabet gelar " Most Inspiring Women 2016" ini sukses memimpin perusahaan properti berkat kepiawaiannya dalam membuat perencanan keuangan dan investasi.

" Saya sudah mengalami krismon (krisis moneter) 1998 dan 2008. Jadi, sekarang juga ekonominya tidak terlalu kondusif. Makanya saya sadar setiap income harus ada yang ditabung," kata Loemongga di Sampoerna Strategic Square, Jakarta, Senin 12 November 2019.

Dia mengatakan instrumen investasi yang biasanya digunakan adalah properti. Agar lebih mudah, instrumen yang disarankan adalah emas atau properti. Loemongga mengatakan emas juga bisa menjadi tabungan.

" Nilainya tak naik secara drastis seperti saham atau properti. Jadi, hanya sebagai penyeimbang dari investasi harta kita," kata dia.

Beri Komentar