4 Tipe Orang dalam Memperlakukan Uang, Kamu Masuk yang Mana?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 1 Februari 2019 07:15
4 Tipe Orang dalam Memperlakukan Uang, Kamu Masuk yang Mana?
Karakter orang bisa terbaca dari caranya memperlakukan uang.

Dream - Karakter seseorang bisa dilihat dari banyak hal, seperti cara berbicara, hobi, dan kegemaran. Tak hanya itu, karakter seseorang juga bisa dilihat dari cara memperlakukan uang dalam kehidupan sehari-hari.

Mungkin terlihat sepele, namun karakter seseorang bisa terbaca dari cara dia mengatasi masalah keuangan. Faktanya, kekayaan orang bisa dibentuk sebagai ekspresi diri yang tidak disengaja.

Berikut ini adalah empat tipe orang dilihat dari caranya memperlakukan uang, dikutip dari Fimela.com, Jumat 1 Februari 2019.

1 dari 2 halaman

Penimbun dan Pemain

1. Tipe Penimbun

Tipe ini tak mengenal pengeluaran dadakan. Semua yang berbau keuangan tentunya harus direncanakan secara baik-baik sesuai dengan rencana yang ditetapkan.

Kamu punya pikiran dengan menghamburkan uang, akan membuat jatuh miskin. Namun, banyak orang yang berpikiran kamu pelit karena tak mau mengeluarkan banyak uang.

2. Tipe Pemain

Tipe ini berlawanan dengan tipe sebelumnya. Orang tipe pemain sangat mudah menghabiskan uang alias boros.

Mereka hanya akan menghabiskan uang untuk kesenangan pribadi.

Kamu hanya menggunakan uang sesuai dengan memandang hidup sebagai permainan dan kemakmuran adalah prinsip hidup. Kamu juga termasuk orang yang gengsi untuk mengakui keterbatasan masalah finansial.

2 dari 2 halaman

Penghindar dan Perencana

3. Tipe Penghindar

Tipe ini menganggap masalah keuangan tidak seharusnya dibahas karena finansial bisa mempengaruhi kehidupan, baik sikap, keyakinan, dan emosi dalam berperilaku. Kamu akan merasa tidak nyaman jika seseorang sering membahas uang.

Itulah yang membuatmu sulit untuk mengambil keputusan yang berhubungan dengan finansial.

Biasanya tipe ini akan menyerahkan masalah keuangan rumah tangga kepada pasangannya setelah menikah.

4. Tipe Perencana

Tipe ini lebih tahu saat yang tepat untuk mengeluarkan uang dan tahu waktu yang tepat untuk berhemat. Kamu sangat tahu memperlakukan uang dengan bijak dan bisa mendukung tujuan hidup jangka panjang.

Contohnya, ketika berencana menabung untuk pernikahan, kamu akan berusaha menyisihkan uang untuk menabung daripada bersenang-senang menghabiskannya.

Tapi, tipe ini acapkali kesulitan mengatur keuangan jangka pendek karena fokusnya hanya jangka panjang.

Beri Komentar
(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary