4 Tips Atur Duit Selama Ramadan

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 24 Mei 2017 09:44
4 Tips Atur Duit Selama Ramadan
Insya Allah, tidak akan membuat kantong jebol.

Dream – Sebentar lagi, kita akan menjalankan ibadah puasa Ramadan. Tentu, kita tidak akan makan dan minum di siang hari serta berusaha meningkatkan aktivitas ibadah.

Tapi, tak jarang, selama bulan Puasa, belanja kaum Muslim malah membengkak. Selain karena mahalnya harga barang, juga mengeluarkan banyak uang untuk membeli kebutuhan seperti hadiah dan makanan berbuka puasa serta sahur.

Hmm... sebenarnya Sahabat Dream bisa menekan pengeluaran selama bulan Puasa. Ada trik-triknya. Apa saja itu?

Berikut ini adalah 4 tips mengatur uang selama Ramadan, dikutip dari alrayanbank.co.uk, Rabu 24 Mei 2017.

Buat Anggaran Belanja Ramadan

Tidak terlalu terlambat untuk membuat anggaran belanja selama Ramadan. Anda perlu duduk bersama keluarga.

Buatlah daftar semua rencana yang akan dilakukan selama Ramadan dan Idul Fitri, misalnya membeli hadiah dan kartu ucapan Lebaran, buka puasa bersama teman dan keluarga, dan jalan-jalan. Dari situ, akan terlihat seberapa besar dana yang akan dikeluarkan selama Ramadan dan Idul Fitri.

Membeli Makanan dengan Bijak

Sebenarnya, sangat mudah membeli banyak makanan untuk sahur dan buka puasa. Nah, untuk menjaga kesehatan dompet, cobalah menghindari makanan yang mewah.

Makanlah makanan yang sederhana dan tidak terlalu banyak. Usahakan makanan yang dikonsumsi memberikan energi cukup bagi tubuh.

Belanja Cerdas

Bukan rahasia umum jika harga barang merangkak naik selama Ramadan dan menjelang Lebaran. Tentu uang yang dikeluarkan untuk membeli barang-barang itu akan lebih banyak daripada biasanya.

Alangkah lebih baik membandingkan harga barang ketika berbelanja. Atau, belanja barang dalam jumlah yang banyak untuk stok selama bulan Puasa.

Buat Sendiri Kartu Ucapan Lebaran dan Hadiah

Jika tongpes alias kantong kempes, tidak ada salahnya membuat kartu ucapan Idul Fitri dan hadiah sendiri. Selain bisa menghemat uang, Anda bisa berkreasi ketika membuat kartu ucapan sendiri.

Tentu penerima akan tersentuh serta senang ketika menerima kartu ucapan dan hadiah saat Lebaran dari Anda.

Beri Komentar
Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie