6 Kesalahan Atur Uang yang Cuma Diketahui Orang Kaya

Reporter : Arini Saadah
Senin, 15 Maret 2021 14:33
6 Kesalahan Atur Uang yang Cuma Diketahui Orang Kaya
Banyak kesalah yang dilakukan orang dalam mengatur keuangan mereka. Ini dia bocoran kesalahan atur duit yang hanya diketahui orang kaya.

Dream – Ada beberapa kesalahan mengatur duit yang cenderung dihindari oleh orang kaya. Mempertahankan kekayaan terkadang lebih sulit daripada mendapatkanna.

Apalagi pada saat pandemi seperti sekarang ini. Kesalahan mengatur duit seringkali disebabkan karena kurangnya edukasi finansial.

Sedangkan orang kaya biasanya lebih memahami tentang Pendidikan finansial ini. Bagi mereka, mengelola uang itu seperti halnya bermain game.

Pengalaman bertahun-tahun yang dimiliki orang kaya dalam hal mengatur duit, membuat mereka lebih berpengalaman.

Sebaliknya, bagi orang yang tidak menyadari kesalahan dalam hal mengatur duit ini, seringkali melakukan kesalahan yang menyebabkan uang mereka cepat habis entah kemana.

Itulah mengapa penting untuk mengetahui kesalahan dasar yang dihindari orang kaya dalam mengatur keuangan.

Mempelajari cara-cara ini bisa membantu siapapun yang melakukan kesalahan dalam mengatur uang mereka. Dilansir dari therichest.com, inilah 6 kesalahan atur duit yang Cuma diketahui orang kaya.

1 dari 6 halaman

Merasa Tidak Bahagia

Bahkan orang yang kaya pun merasa tidak aman dengan kondisi keuangan mereka. Misalnya mereka mungkin terus merasa terancam oleh para pesaing bisnis mereka.

Namun ini adalah hal yang bijaksana untuk memerhatikan para pesaingnya. Akan tetapi kekayaan kamu tidak memiliki banyak nilai jika tidak membuatmu merasa bahagia, Sahabat Dream.

Kesalahannya lebih dari itu, sebab dalam banyak kasus, orang menghindari nasehat dari para professional dan ahli yang mereka sewa untuk menjaga asset kekayaan mereka.

Kemudian mereka mulai membuat keputusan impulsif berdasarkan rasa takut atau iri dengan kesusesan orang lain. Tentu saja ini yang akan membawamu pada kehancuran finansial.

© Dream
2 dari 6 halaman

Pinjaman Terlalu Banyak

Ilustrasi© freepik.com

Aturan yang berlaku bagi semua orang, terlepas dari jumlah nilanya, adalah dengan tidak meminjam uang yang mana tidak mampu kita bayar kembali. Hal bijak yang perlu dilakukan adalah, pertama-tama melunasi pinjaman setiap kali kamu memiliki uang untuk mengembalikannya.

Tetapi ini mungkin tidak selalu berlaku bagi orang kaya yang percaya pada impian besar mereka namun tidak memiliki cukup sarana di saat awal mewujudkannya. Penting pula memetakan semua hal sehingga tidak ada yang salah di saaat kamu mempertaruhkan keuanganmu yang berasal dari pinjaman ini.

Meminjam bisa menjadi pilihan yang berguna jika dilakukan dengan bijak. Jika tidak, meminjam uang bisa menyebabkan kehancuran finansial yang sulit diperbaiki.

3 dari 6 halaman

Tidak Punya Tabungan dan Asuransi

Kebiasaan buruk lainnya terkait mengatur keuangan adalah tidak memprioritaskan tabungan dan lebih fokus pada pengeluaran untuk memenuhi gaya hidup. Orang-orang yang menganggap penting untuk memamerkan kekayaan mereka seringkali berusaha keras untuk memenuhi pengeluaran yang menguras habis tabungan mereka.

Jika kamu kaya sekalipun, penting untuk mengatur tabungan dan mengamankan kekayaan dari rencana pengeluaran yang tidak tepat. Terkadang jutawan dan miliader kehilangan harta kekayaan mereka jauh lebih cepat daripada saat mereka mendapatkannya.

Dalam banyak kasus, itu disebabkan oleh hutang yang melebihi kemampuan finansial mereka. Tentu saja kamu bisa mengambil pelajaran dari kesalahan mengatur uang yang dilakukan oleh sebagian orang kaya ini.

© Dream
4 dari 6 halaman

Pengeluaran Melebihi Anggaran

Ilustrasi© freepik.com

Para pelaku bisnis dan investor kaya selalu menyiapkan anggaran sebelum memulai mengerjakan proyek apapun. Namun kesalahan yang tidak mereka sadari adalah pengeluarannya melebihi anggaran yang direncanakan semula. Konsisten dengan anggaran awal sangatlah penting dalam membuat keputusan keuangan yang sulit.

Mungkin ada pengecualian di saat muncul ide-ide baru yang mengejutkan dan membuat proyek kamu semakin menjanjikan. Tetapi seringkali orang menyimpang dari rencana induk dan mengabaikan tujuan anggaran karena mereka membayangkan memiliki cukup uang untuk mengamankan pengeluaran baru.

Spekulasi yang didasarkan pada kepercayaan diri yang berlebihan mungkin tidak selalu menjadi hal yang terbaik, bahkan jika kamu adalah pebisnis paling kaya di dunia.

5 dari 6 halaman

Jadi Orang yang Boros

Jika kita menjadi orang kaya, mungkin kita akan menjadi sosok yang hobi mengoleksi barang mewah, seperti supercar, superyacht, dan karya seni. Hal ini seperti yang sering dilakukan oleh banyak orang kaya saat ini. Hal ini terkesan menunjukkan diri anda menjadi orang yang sanggup membeli apapun dengan uang. Tetapi dengan kebebasan membeli apa saja itu harus dibarengi dengan tanggungjawab menjaga asset kekayaan.

Jika orang kaya menghabiskan terlalu banyak uang untuk mobil, rumah, dan aksesoris hanya untuk memamerkan kekayaan mereka. Namun bisa jadi mereka melakukan semua itu dengan kekayaan hasil dari pinjaman.

Ketika hal ini terjadi pada seseorang, maka kehancuran finansial akan lebih besar daripada yang dibayangkan. Itulah mengapa penting untuk mendata asset yang dimiliki dan apa saja property yang cocok untuk dijadikan tabungan dan investasi.                                                                                               

© Dream
6 dari 6 halaman

Kesalahan Investasi

Ilustrasi© freepik.com

Sebagian besar kekayaan seseorang disalurkan untuk keperluan investasi. Tidak jarang jika kamu memiliki cukup uang, salah satu carap ling jitu untuk melipatgandakannya adalah dengan jalur investasi.

Tetapi ada beberapa syarat tertentu yang harus diperhatikan sebelum membuat keputusan untuk investasi.

Syarat pertama adalah mengedukasi diri tentang investasi. Bahkan jika professional terbaik di dunia mengelilingi miliader, mereka mungkin masih tidak bergantung secara membabi buta pada mereka. Kebanyakan orang cenderung berinvestasi tanpa pengetahuan yang mumpuni.

Akhirnya menjadi tidak berdaya ketika menghadapi kelambanan dalam bisnis itu. Juga disarankan untuk tidak menyentuh tabungan darurat saat hendak berinvestasi dalam usaha, tabungan dan asuransi. Sebab itu akan membuat kamu merasa aman karena sudah memiliki dana dalam keadaan darurat.

Itulah 6 kesalahan atur duit yang hanya diketahui orang kaya. Selama ini mungkin kita tidak menyadarinya, dan mungkin itu bagian dari kebiasaan belanja kita yang buruk. Jadi penting untuk memahami keuangan kita mulai dari dasar, mendapatkan uang hingga meraih kekayaan.

 

Beri Komentar