6 Tips Irit Buat Mahasiswa, Jangan Malu Lakukan No. 6

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 24 Februari 2020 10:36
6 Tips Irit Buat Mahasiswa, Jangan Malu Lakukan No. 6
Kadang, mahasiswa agak sulit mengerem pengeluaran, terutama saat dia jauh dari rumah.

Dream - Belajar cara menghemat uang saat di sekolah akan menjadi keterampilan yang bermanfaat. Apalagi jika kamu mengenyam pendidikan di perguruan tinggi yang jauh dari rumah. Semua hal harus kamu lakukan sendiri termasuk mengelola uang.

Pada kenyataannya, kamu yang pernah tinggal di kos atau mengontrak rumah saat kuliah pasti pernah mengalami yang namanya godaan untuk membelanjakan uang sesuai keinginan.

Kamu yang tak tinggal di kost jangan senang dahulu. Masalah uang yang habis sebelum waktunya bisa juga dialami. Bahkan bisa jadi pengeluaran kamu lebih bosor dibandingkan mereka yang tinggal di kost. 

 

Dikutip dari Liputan6.com yang melansir thescholarshiphub, Senin 24 Februari 2020, kamu yang berstatus mahasiswa kosan atau tinggal di rumah sebaiknya mempersiapkan diri untuk mengatur keuangan.

Hal pertama harus dilakukan dan bila memungkinkan adalah memilih tempat kuliah di kota sendiri. Banyak mahasiswa baru cenderung memilih untuk pindah dari rumah mereka untuk berkuliah di luar kota. Salah satu alasannya karena mereka tidak ingin lagi untuk diatur atau menaati norma yang ada d irumah.

Namun, hal tersebut malah membuatmu boros. Tentu akan banyak pengeluaran untuk menunjang hidupmu diluar kota. Pertimbangkan pula kemampuan orang tuamu ketika harus membiayaimu kuliah di luar kota.

Kedua, tinggalkan kartu kredit atau debit di rumah. Saat kamu bepergian dengan teman-temanmu, usahakan bawalah uang cash secukupnya dan tinggalkan kartu ATM di rumah. Dengan begitu, kamu dapat menghemat dan tidak dengan mudah menghambur-hamburkan uang.

1 dari 5 halaman

Kontrol Diri dan Jangan Malu Memasak

Ketiga, kontrol diri saat membeli makanan

 Doa Usai Makan Makanan Pemberian Orang Lain© MEN

Memiliki kebebasan untuk membeli makanan sendiri adalah hal yang sangat luar biasa dan jadi sangat mudah untuk mengeluarkan uang, terutama ketika kamu berbelanja saat lapar.

Alih-alih, rencanakan makananmu terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu akan tahu persis apa yang perlu kamu beli, dan berapa banyak yang harus kamu belanjakan. Kamu akan jauh lebih kecil kemungkinannya untuk membuang apa pun.

Keempat, sering-sering memasak

Mengenai masalah memasak, mengapa tidak mencoba mengurangi biaya makanmu diluar dengan memasak dirumah atau kos-kosan.

Kamu tidak hanya akan menghemat uang, tetapi akan menghabiskan waktu berkualitas bersama teman serumahmu. Ini meningkatkan keterampilan memasak yang kamu belum miliki. Bahkan, Sahabat Dream juga tak perlu membeli buku resep. Kamu dapat menemukan sejumlah resep mudah yang ramah bagi mahasiswa di situs-situs internet.

2 dari 5 halaman

Cari Diskonan dan Kerja Sampingan

Kelima, cari tahu tentang diskon

 Banjir Diskon Fashion Muslim Keren Kekinian, Buruan Sikat!© MEN

Salah satu keuntungan terbesar menjadi seorang mahasiswa yang tinggal jauh dari orang tua adalah banyaknya diskon dan insentif siswa yang ditawarkan kepada kamu dari banyak tempat perbelanjaan.

Kenali toko-toko high street yang menawarkan diskon terbesar dan kamu dapat menghemat uang pada semua kebutuhan penting, seperti bahan belajar, pakaian, makanan, perlengkapan mandi, dan banyak lagi.

Keenam, kenali kerja sampingan

Jika kuliahmu memberikan cukup waktu luang untuk mengambil pekerjaan sampingan, ambil lah satu untuk mendapatkan sedikit penghasilan tambahan.

Kota-kota universitas sering memiliki bukaan reguler untuk staf ritel, staf menunggu dan barista. Jika itu tidak memungkinkan maka buatlah peluang usahamu sendiri untuk menambah sedikit uang jajanmu.

(Sumber: Liputan6.com/Helena Yupita)

3 dari 5 halaman

Menohok! 4 Kesalahan Atur Uang Gara-Gara `Termakan` Tren

Dream - Hidup pada era perkembangan teknologi memang membuat semua hal terasa lebih mudah, termasuk mendapatkan informasi. Bermodalkan gadget dan akses internet, kamu sudah bisa mencari beragam informasi yang dibutuhkan.

Kemajuan teknologi dengan beragam informasi juga perlahan-lahan mulai mengubah gaya hidup kamu. Tanpa kamu sadari, hidup menjadi lebih konsumtif karena tak kuasa mengikuti tren yang berkembang.

Di sinilah masalah mulai muncul. Demi mengikuti tren kamu mengeluarkan uang tanpa memperhitungkan pendapatan. Padahal belum tentu juga barang atau gaya hidup itu sesuai dengan kebutuhan kamu.

 

 © Dream

 

Sering kali kamu juga tak menyadari jika kenaikan gaji sering kali tak sebanding dengan meningkatnya biaya hidup. Contohnya saja kenaikan gaji paling tinggi sebesar 10 persen per tahun tak bisa mengikuti harga properti yang naik sekitar 15 persen-20 persen.

Jika ini yang terjadi, kamu termasuk salah satu dari kebanyak orang yang membuat kesalahan-kesalahan dalam mengatur uang.

Nah berikut ini empat hal keliru dalam mengelola uang:

4 dari 5 halaman

Empat Kesalahan

Pertama, menyisakan uang untuk menabung.

Berapa pun nilainya, kegiatan menabung tetap membawa manfaat yang besar bagi kehidupan kamu. Baik persiapan dana untuk kebutuhan mendesak, maupun untuk persiapkan dana di masa depan.

Menyisakan uang untuk menabung ialah salah satu kesalahan dalam mengatur keuangan, kamu tidak bisa menetapkan target yang akan ditabung bila hanya menyisakan sejumlah uang dari anggaran bulananmu. Mulai sekarang sisihkan uangmu untuk menabung saat awal gajian.

Kedua, menggunakan kartu kredit di luar batas kemampuan.

 Sering Disebut Pemborosan, Begini Trik Hemat dengan Kartu Kredit© MEN

 

Setiap melihat baju dan sepatu yang sedang tren lagi diskon, gesek kartu kredit. Nongkrong dan “ kongkow-kongkow cantik” dengan teman- teman di coffee shop eksklusif, gesek kartu kredit. Ada promo dari travel untuk liburan, gesek kartu kredit tanpa memperhatikan kemampuan bayarmu. 

Pernah membayangkan jika bunga 2,5 persen per bulan kamu jika dikalikan satu tahun bisa menjadi 30 persen. 

Jika kebiasaan ini terus dilakukan, selama hidup kamu tidak pernah terbesars dari utang. Yang ada justru utang akan semakin bertambah. Belum lagi gaji yang didapatkan hanya pas-pasan.

5 dari 5 halaman

Boros Uang Sewa dan Menunda `Dewasa

Ketiga, boros uang sewa.

Buat yang ingin mandiri, tapi belum punya rumah sendiri, apartemen akan menjadi pilihan. Pilihlah tempat tinggalmu dengan biaya yang sesuai dengan dompetmu.

Jika memilih menyewa apartemen yang harganya jauh lebih mahal pasti akan memberatkan keuanganmu.. Jangan sampai uang sewa memakan lebih setengah penghasilan bulananmu. Kamu juga harus bisa menyimpan sebagian uang untuk dana darurat yang sewaktu-waktu dibutuhkan.

Keempat, menunda proses kedewasaan diri.

 4 Kebiasaan Mengatur Uang Pribadi Biar Gaji Bulanan Nggak Cuma Numpang Lewat© MEN

 

Menjelang usia dewasa, seseorang harus mulai menyiapkan diri untuk menyambut proses pendewasaan, seperti biaya untuk membeli tempat tinggal dan berinvestasi untuk masa depan.

Banyak anak muda justru berpikir untuk menikmati kebebasan dengan perilaku konsumtif dan tidak ingin mengambil risiko seperti gagal berbisnis atau gagal berinvestasi. Karena merasa masih muda, kamu mungkin merasa hasil kerja keras lebih baik ‘dinikmati’ saat ini, jadi tidak terpikir untuk menabung atau berinvestasi untuk menyiapkan dana di masa depan nanti.

(Sumber: Sikapi Uangmu)

Beri Komentar
Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya