7 Kesalahan Investasi yang Sering Dilakukan Orang

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 23 November 2020 09:33
7 Kesalahan Investasi yang Sering Dilakukan Orang
Apa saja?

Dream - Sahabat Dream, salah satu cara kita untuk menghimpun kekayaan adalah berinvestasi. Investasi pun bisa dilakukan di beragam instrumen, misalnya, tanah, properti, saham, deposito, dan reksa dana.

Dikutip dari akun Instagram Otoriras Jasa Keuangan, @ojkindonesia, Senin 23 November 2020, ada kesalahan yang sering tidak disadari ketika berinvestasi.

" (Sehingga) investasi tidak membuahkan hasil seperti yang diinginkan," tulis OJK.

1 dari 3 halaman

Tak Punya Tujuan yang Jelas

Pertama, tidak memiliki tujuan investasi yang jelas. Sebagian besar investor, terutama pemula, tidak punya tujuan yang jelas dalam berinvestasi.

Mereka hanya ikut-ikutan tapi tak memahami instrumen yang digunakan dalam berinvestasi.

© Dream

Ke dua, tidak realistis terhadap risiko. Dalam berinvestasi, risiko selalu berbanding lurus dengan pertumbuhan hasil investasi. Semakin besar uang yang ditanamkan, semakin besar juga risiko yang dihadapi.

Banyak investor tergiur dengan tingkat keuntungan yang tidak wajar, ditambah lagi dengan risiko yang ditawarkan minim. Jangan sampai cepat tergiur dengan janji keuntungan yang tidak wajar.

2 dari 3 halaman

Tidak Melakukan Analisis yang Jelas

Ke tiga, tidak melakukan analisis yang jelas. Sebelum memutuskan investasi, sebaiknya melakukan perhitungan. Kamu perlu menganalisis dengan matang kemungkinan keuntungan yang diperoleh dalam suatu periode beserta risiko yang mungkin terjadi.

© Dream

Ke empat, jangka waktu, instrumen, dan tujuan investasi tidak sesuai. Setiap instrumen investasi punya karakteristik berbeda. Ada yang untuk jangka pendek, menengah, dan panjang.

Pilihlah instrumen yang sesuai dengan kebutuhan. Sesuaikan juga dengan jangka waktu berinvestasi dan tujuan yang ingin dicapai.

3 dari 3 halaman

Tidak Melakukan Diversifikasi Investasi

Ke lima, tidak melakukan diversifikasi investasi. Jangan sampai menempatkan semua uang di satu instrumen investasi. Jika instrumen ini rugi, risiko yang ditanggung akan semakin besar.

Ke enam, tidak fokus ke rencana yang sudah dibuat. Kedisiplinan diperlukan untuk bisa menghindari hal-hal yang membuat kabur tujuanmu dalam berinvestasi. Mempertahankannya lebih sulit daripada meraih kekayaan.

© Dream

Ke tujuh, terlalu cepat mengambil keputusan. Hal ini merupakan kesalahan umum yang sering dilakukan oleh investor pemula. Semangat yang terlalu tinggi tanpa melakukan pertimbangan yang matang memungkinkan kamu salah dalam memutuskan. Kamu pun akan gagal mendapatkan imbal hasil yang tinggi.

Beri Komentar