Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

7 Kesalahan Investasi yang Sering Dilakukan Orang

7 Kesalahan Investasi yang Sering Dilakukan Orang Apa Saja Kesalahan Investasi Yang Sering Dilakukan Orang-orang? (Foto: Shutterstock)

Dream - Sahabat Dream, salah satu cara kita untuk menghimpun kekayaan adalah berinvestasi. Investasi pun bisa dilakukan di beragam instrumen, misalnya, tanah, properti, saham, deposito, dan reksa dana.

Dikutip dari akun Instagram Otoriras Jasa Keuangan, @ojkindonesia, Senin 23 November 2020, ada kesalahan yang sering tidak disadari ketika berinvestasi.

"(Sehingga) investasi tidak membuahkan hasil seperti yang diinginkan," tulis OJK.

Tak Punya Tujuan yang Jelas

Pertama, tidak memiliki tujuan investasi yang jelas. Sebagian besar investor, terutama pemula, tidak punya tujuan yang jelas dalam berinvestasi.

Mereka hanya ikut-ikutan tapi tak memahami instrumen yang digunakan dalam berinvestasi.

Ke dua, tidak realistis terhadap risiko. Dalam berinvestasi, risiko selalu berbanding lurus dengan pertumbuhan hasil investasi. Semakin besar uang yang ditanamkan, semakin besar juga risiko yang dihadapi.

Banyak investor tergiur dengan tingkat keuntungan yang tidak wajar, ditambah lagi dengan risiko yang ditawarkan minim. Jangan sampai cepat tergiur dengan janji keuntungan yang tidak wajar.

Tidak Melakukan Analisis yang Jelas

Ke tiga, tidak melakukan analisis yang jelas. Sebelum memutuskan investasi, sebaiknya melakukan perhitungan. Kamu perlu menganalisis dengan matang kemungkinan keuntungan yang diperoleh dalam suatu periode beserta risiko yang mungkin terjadi.

Ke empat, jangka waktu, instrumen, dan tujuan investasi tidak sesuai. Setiap instrumen investasi punya karakteristik berbeda. Ada yang untuk jangka pendek, menengah, dan panjang.

Pilihlah instrumen yang sesuai dengan kebutuhan. Sesuaikan juga dengan jangka waktu berinvestasi dan tujuan yang ingin dicapai.

Tidak Melakukan Diversifikasi Investasi

Ke lima, tidak melakukan diversifikasi investasi. Jangan sampai menempatkan semua uang di satu instrumen investasi. Jika instrumen ini rugi, risiko yang ditanggung akan semakin besar.

Ke enam, tidak fokus ke rencana yang sudah dibuat. Kedisiplinan diperlukan untuk bisa menghindari hal-hal yang membuat kabur tujuanmu dalam berinvestasi. Mempertahankannya lebih sulit daripada meraih kekayaan.

Ke tujuh, terlalu cepat mengambil keputusan. Hal ini merupakan kesalahan umum yang sering dilakukan oleh investor pemula. Semangat yang terlalu tinggi tanpa melakukan pertimbangan yang matang memungkinkan kamu salah dalam memutuskan. Kamu pun akan gagal mendapatkan imbal hasil yang tinggi.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Lakukan 4 Langkah untuk Jaga Kesehatan Otak, Investasi untuk Masa Tua

Lakukan 4 Langkah untuk Jaga Kesehatan Otak, Investasi untuk Masa Tua

Menjaga kesehatan otak adalah cara kunci untuk menjaga otak tetap berkerja dengan baik. Coba tips menjaga kesehatan otak berikut.

Baca Selengkapnya
Pernah Rasakan Pajak Hiburan Mahal, Menteri Bahlil: `Bahaya, Konsumennya (bisa) Sedikit`

Pernah Rasakan Pajak Hiburan Mahal, Menteri Bahlil: `Bahaya, Konsumennya (bisa) Sedikit`

Menteri Bahlil mengungkap pajak hiburan bisa ganggu iklim investasi

Baca Selengkapnya
Cewek Aktif Merapat! Intip Rahasia Tebarkan Wangi Sepanjang Hari, Bebas Bau Badan Mengganggu

Cewek Aktif Merapat! Intip Rahasia Tebarkan Wangi Sepanjang Hari, Bebas Bau Badan Mengganggu

Biarpun aktif seharian, tapi jangan sampai bau badan mengganggu!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! Waktu Atasan Minta Revisi Cepat

NOTED KAK! Waktu Atasan Minta Revisi Cepat

Sahabat Dream pasti pernah merasa kesal saat bos meminta buru-buru revisi kerjaan. Reaksi kamu kaya Dremitie ini nggak?

Baca Selengkapnya