Foto: Instagram @aespa_official
Dream - Endorse menjadi salah satu cara artis untuk mendapatkan penghasilan. Mereka mendapatkan bayaran dari pebisnis dengan mempromosikan produk.
Selebritis Korea Selatan juga melihat ceruk untuk mencari cuan tersebut. Tak jarang brand-brand besar menunjuk para idol Korea Pop (K-Pop) untuk menjadi brand ambassador.
Tentu saja tujuannya untuk mempromosikan barang-barang yang mereka jual. Maklum, para idol K-Pop itu punya banyak penggemar yang bejibun di media sosial.
Lalu berapa tarif endorsement selebritis seperti BLACKPINK, IU, dan Red Velvet? Berikut ini perkiraan harganya seperti dikutip dari merdeka.com, Kamis 6 Oktober 2022.
1. IU - Rp1,4 Miliar
Penyanyi dan aktris berbakat, IU termasuk salah satu idol K-pop paling populer di Instagram dengan 21 juta pengikut dan jutaan likes untuk satu unggahan saja. Kabarnya, satu unggahan pemilik akun @dlwlrma itu bisa dihargai sampai US$100 ribu atau sekitar Rp1,4 miliar.
2. Aespa - Rp2,8 Miliar
Sebagai grup yang tergolong masih baru, Aespa sudah menunjukkan taringnya di dunia musik. Popularitas mereka di jejaring sosial juga cukup besar. Grup besutan SM Entertainment ini didapuk menjadi duta Givenchy baru-baru ini dan meraup US$2,52 juta atau sekitar Rp35 miliar.
Kabarnya, tarif endorsement Aespa mencapai US$200 ribu atau setara Rp2,8 miliar untuk 6,5 juta tayangan.
3. Irene Red Velvet - Rp5,7 Miliar
Visual grup Red Velvet menjadi brand ambassador Prada dengan kontrak senilai US$1,98 juta atau setara Rp28 miliar.
Berdasarkan lima unggahan Prada di Instagram Irene, tarif setiap postingan dan promosi di jejaring sosial miliknya diperkirakan mencapai US$400 ribu atau sekitar Rp5,7 miliar.
4. Jisoo BLACKPINK - Rp12,98 Miliar
Jisoo, Visual BLACKPINK yang kalem ini telah mengumpulkan 42 juta pengikut lewat akun @sooyaaa_ di Instagram. Brand ambassador Dior ini mampu menghasilkan US$64,8 juta atau Rp92,45 miliar dari kolaborasi dengan brand tersebut.
Bayaran rata-ratanya untuk setiap unggahan adalah US$910 ribu atau sekitar Rp12,98 miliar.
5. Jennie BLACKPINK - Rp14,97 Miliar
Face of the group BLACKPINK, Jennie Kim sukses mempertebal isi dompetnya dengan US$28,5 juta atau sekitar Rp405 miliar lewat konten kerja samanya dengan brand Chanel sepanjang Januari 2020 hingga Juni 2021.
Jika melihat 27 konten yang diunggahnya, bisa diperkirakan kalau setiap unggahannya yang menghasilkan 35 juta impresi dihargai sampai US$1,05 juta atau setara Rp14,97 miliar.
6. Rose BLACKPINK - Rp15,9 Miliar
Lead vocal BLACKPINK, Rose mengantongi 42 juta pengikut di Instagram. Berdasar nilai kontrak dengan Tiffany&Co saja, dia berhasil meraup US$1,1 juta atau setara dengan Rp15,9 miliar. Belum ditambah unggahan untuk Yves Saint Laurent.
7. Lisa BLACKPINK - Rp21,4 Miliar
Bukan cuma meraih gelar sebagai wanita tercantik di Asia berdasar polling, Lalisa Manoban alias Lisa BLACKPINK juga berhasil mengumpulkan fans garis keras yang bersedia mengikutinya hingga ke Instagram.
Berkat popularitasnya, perempuan berkaki jenjang ini dikontrak sebagai global brand ambassador oleh Celine. Melalui kontrak tersebut, dia berhasil mengisi pundi-pundi kekayaan dengan US$80,9 juta atau setara Rp 1,1 triliun.
Berdasarkan 54 postingan Celine yang diunggah Lisa, diperkirakan tarifnya mencapai US$1,5 juta atau Rp21,4 miliar untuk setiap unggahan yang menghasillan 50 juta tayangan.
Advertisement
Momen Haru Sopir Ojol Nangis dapat Orderan dari Singapura untuk Dibagikan
Hj.Erni Makmur Berdayakan Perempuan Kalimantan Timur Lewat PKK
Siswa Belajar Online karena Demo, Saat Diminta Live Location Ada yang Sudah di Semeru
Cetak Sejarah Baru! 'Dynamite' BTS Jadi Lagu Asia Pertama Tembus 2 Miliar di Spotify dan YouTube
Komunitas Warga Indonesia di Amerika Tunjukkan Kepedulian Lewat `Amerika Bergerak`
Inspiratif, Tiga Artis Cantik Ini Ternyata Founder Komunitas