Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

3 dari 7 Startup Penerima Investasi Terbesar ada di Indonesia

3 dari 7 Startup Penerima Investasi Terbesar ada di Indonesia Ternyata, Gojek Menjadi Perusahaan Di Negara OKI Yang Mendapatkan Dana Terbesar Dari Investor.

Dream – Perusahaan rintisan atau Startup tumbuh di mana-mana. Para pengusaha di bisnis baru ini ada yang menyasar sektor transportasi, perdagangan elektronik (electronic commerce/e-commerce), dan ada pula di sektor wisata halal.

Peran investor pun tak bisa lepas dari keberhasilan hidup startup. Lewat pembiayaan dari para investor, para pebisnis Startup ini bisa mengembangkan bisnisnya.

Dilansir dari Salaam Gateway, Kamis 24 November 2016, laporan Financing Islamic Economy Startup tercatat ada 7 startup dari negara anggota Organisasi Konferensi Islam (OKI) yang menghimpun dana terbanyak dari investor global pada tahun 2015 dan 2016. Investasi ini mereka dapat dari perusahaan modal ventura.

Ketujuh investor itu berasal dari Indonesia, negara kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara (Middle East and North Africa/MENA), Pakistan, negara kawasan Teluk, serta negara MENA dan Asia Selatan (MENASA).

Startup dari negara Muslim yang mendapatkan suntikan dana terbesar dari investor adalah Gojek yang berasal dari Indonesia. Tambahan modal yang didapatkan sebesar US$550 juta (Rp7,43 triliun) pada tahun 2016. Perusahaan yang berbisnis di sektor transportasi ini mendapatkan dana lebih dari Rp7 triliun dari KKR, Warbug Pincus, Farallon Capital, dan Capital Group Private Markets.

Lalu, diikuti oleh Souq.com. Perusahaan yang bergerak di marketplace online di Timur Tengah ini mendapat suntikan dana sebesar US$275 juta (Rp3,71 triliun) pada 2016 dari Tiger Global Management, Naspers Ltd, Standard Chartered Private Equity, IFC, dan Baillie Gifford.

Ketiga adalah Tokopedia. Starup asal Indonesia yang bergerak di marketplace online untuk individu dan UKM ini mendapatkan dana sebesar US$147 juta atau Rp1,98 triliun pada 2016. Sayangnya, tak disebutkan siapa investor Tokopedia.

Keempat ada Wedi.com yang merupakan marketplace online di negara Kawasan Teluk. Investasi yang dihimpun pada tahun 2016 sebesar US$67 juta atau Rp906,19 miliar dari Al Tayyar dan Middle East Internet Group.

Posisi kelima ada Careem. Pasa tahun 2015, perusahaan yang bergerak di usaha taksi online ini mendapatkan kucuran dana sebesar US$60 juta (Rp811,51 miliar) dari Abraaj Group, Al Tayyar, Arzan Venture Capital, BECO Capital, Kuwait Investment Authority, Lumia Capital, STC Venturs, dan Wamda Capital. Sekadar informasi, perusahaan ini berlokasi di daerah MENA dan Asia Selatan.

Di posisi keenam, ada Daraz.pk. Perusahaan e-commerce yang berasal dari Pakistan ini menghimpun dana sebesar US$55 juta (Rp743,88 miliar) dari CDC Group dan Asia Pacific Internte Group. Suntikan modal ini didapatkannya pada tahun 2015.

Posisi ketujuh adalah Elevenia. Perusaahaan marketplace online asal Indonesia ini mendapatkan suntikan dana sebesar US$50 juta atau Rp676,26 miliar pada 2016 dari SK Planet dan XL Axiata.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Daftar Startup di Indonesia yang Gulung Tikar di Tahun 2023

Daftar Startup di Indonesia yang Gulung Tikar di Tahun 2023

Ini daftar 5 startup yang gulung tikar di tahun 2023

Baca Selengkapnya
Alasan Startup Zenius Tutup Setelah 20 Tahun Beroperasi di Indonesia

Alasan Startup Zenius Tutup Setelah 20 Tahun Beroperasi di Indonesia

Startup Zenius tutup operasi di Indonesia setalah 20 tahun berdiri

Baca Selengkapnya
Fitur di Startup Ini Bikin Kreator Makin Mudah Dapat Cuan

Fitur di Startup Ini Bikin Kreator Makin Mudah Dapat Cuan

Punya banyak fitur, TipTip menghubungkan kreator dan komunitas bisa bikin makin cuan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
BUNGKUS! Lomba Kupas Kuaci

BUNGKUS! Lomba Kupas Kuaci

Iseng lagi ngumpul tapi nggak tahu mau ngapain? Coba beli dan isi waktu kosong weekend dengan lomba kupas kuaci. Siapa yang menang?

Baca Selengkapnya