7 Tips Jitu Pulang Kerja On Time, Pas untuk Orang Tua Karier

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 28 Desember 2017 09:30
7 Tips Jitu Pulang Kerja On Time, Pas untuk Orang Tua Karier
Cocok, nih, untuk resolusi kerja tahun 2018.

Dream – Bagi orang tua yang bekerja, berjumpa dengan anak sebelum dia tidur adalah hal paling membahagiakan. Tiba di rumah sebelum jam 7 malam, bermain dengan anak, menonton televisi, atau membantunya mengerjakan PR.

Ah, betapa bahagianya jika bisa pulang tepat waktu.

Masalahnya, tak jarang kamu bekerja tidak efisien dari jam 09.00 sampai 17.00. Ini yang menyebabkan waktu pulang molor karena ada pekerjaan yang harus digarap terlebih dahulu.

Nah, buat Sahabat Dream yang ingin pulang on time jam 17.00 dan tanpa rasa bersalah, ada, lho, tips-tipsnya. Bisa dicoba untuk resolusi karier tahun 2018.

Dilansir dari Lifehack, Kamis 28 Desember 2017, ada tujuh tips yang bisa kamu terapkan. Pertama, lakukan pekerjaan yang sulit terlebih dahulu. Sekadar informasi, waktu bekerja yang produktif adalah pagi hari. Gunakan waktu ini untuk menggarap pekerjaan yang sulit-sulit. Baru, siangnya untuk tugas yang ringan, seperti menjawab e-mail.

Kedua, siapkan diri untuk pulang jam 17.00. Caranya, buat daftar pekerjaan—usahakan yang diprioritaskan—dan beri estimasi waktu pengerjaan.

Ketiga, jangan ragu beristirahat lebih sering. Tujuannya, menghindari ngebul  dan menjaga kesehatan tubuh. Tak baik menatap layar komputer lama-lama. Sekadar catatan, seseorang hanya bisa fokus bekerja selama 90 menit untuk sekali waktu. Dia juga memerlukan istirahat 5 menit sekali untuk pergi ke toilet atau mengambil minum. Ingat, karyawan itu manusia, bukannya robot yang bisa terus-menerus bekerja.

Keempat, jangan multitasking. Perlu diingat, manusia pada dasarnya buruk untuk mengerjakan beberapa tugas sekaligus. Selain bisa menghilangkan fokus dan momentum kerja, multitasking ini bisa membuat kualitas pekerjaan menurun.

Kelima, lindungi prioritas kamu. Jika pekerjaan rampung sebelum jam 5 sore, gunakan untuk menikmati sisa-sisa waktu kerja hari ini. Jika rekan kerja meminta bantuan, mintalah mereka untuk tidak mengerjakannya menjelang jam 17.00.

Keenam, beri waktu untuk transisi. Menjelang pukul 17.00, luangkan waktu 10-15 menit untuk membaca e-mail, mengorganisasi berkas atau ruang kerja untuk keesokan hari, dan melepas penat. Jadi, waktu dengan keluarga tidak terganggu dengan pekerjaan.

Ketujuh, ingat masih ada hari esok. Sahabat Dream, kita memang harus membuat daftar tugas untuk keesokan hari. Tapi, tidak semuanya digarap hari ini. Ada tugas-tugas yang bisa dikerjakan keesokan hari. Jadi, jangan terlalu memeras energi untuk mengerjakan semua pekerjaan.

(Sah)

Beri Komentar