Alhamdulillah, Harga Tiket Pesawat Akhirnya Turun

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 13 Januari 2020 15:36
Alhamdulillah, Harga Tiket Pesawat Akhirnya Turun
Harga tiket pesawat rute domestik akhirnya turun juga.

Dream - Masyarakat yang sering bepergian dengan pesawat terbang kini bisa sedikit bernafas lega. Sebab, salah satu maskapai menurunkan tarif tiket untuk rute domestik.

Sebelumnya, tiket pesawat rute domestik dipatok selangit. Mahalnya tiket pesawat itu bahkan membuat masyarakat resah. Dan, dengan turunnya harga tiket ini, banyak orang merasa senang.

Seperti dikutip dari Merdeka.com, Senin 13 Januari 2020, kegembiraan itu terlihat dari cuitan warganet dengan akun @yudaardisa. “ Alhamdulillah, akhirnya harga tiket pesawat turun juga,” kicau akun @yuddaardisa.

Hal senada juga diungkapkan oleh akun Twitter @LYDaerr. Menurut dia, semula harga tiket pesawat rute domestik mencapai Rp1 juta lebih. Kini, harganya bisa berada di bawah Rp1 juta.

Akun @LYDaerr juga melampirkan bukti tangkapan layar harga tiket pesawat rute Pekanbaru-Jakarta yang senilai Rp600 ribuan. 

Demi apa tiket pesawat turun harga. Biasanya ekonomi 1 jutaan lebih. Semoga gini terus sampai Juli. Auto terbang aku nemuin papa yebin,” tulis @LYDaerr.

Sementara itu, harga tiket pesawat rute domestik di salah satu Online Travel Agent memang mengalami penurunan.

Misalnya, dari Jakarta ke Yogyakarta kini harganya berkisar antara Rp300 ribu-Rp400 ribu. Padahal, sebelumnya harga tiket ke daerah itu mencapai Rp800 ribuan.

Sementara itu, rute Jakarta-Medan yang sempat dikeluhkan, kini harga tiketnya telah turun. Kini, harga tiket rute Jakarta-Medan menjadi Rp700 ribuan.

Salah satu pengguna moda transportasi pesawat, Lia, mengaku senang dengan adanya penurunan harga tiket pesawat tersebut.

“ Sekarang harga tiket pesawat domestik sudah murah lagi, ya. Aku syok sekaligus merasa haru melihatnya. Bisa pulang kampung lagi,” kata dia kepada Merdeka.com.

Sementara itu, saat berita ini ditayangkan, pihak maskapai masih belum memberi tanggapan terkait penurunan harga tiket pesawat tersebut.

1 dari 6 halaman

Pentuan Harga Tiket Pesawat Wewenang Maskapai

Indonesia National Air Carrier Association (INACA) menengaskan penentuan harga tiket pesawat menjadi hak dari tiap maskapai. Sementara pemerintah hanya berhak menentukan tarif batas atas (TBA) dan tarif batas bawah (TBB).

Wewenang terkait pembahasan tiket pesawat saat ini telah berpindah dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ke Kementerian Investasi dan Kemaritiman di bawah komando Menteri Luhut Binsar Pandjaitan.

Ketua Umum INACA, Denon B Prawiraatmadja, menceritakan soal pengaturan harga tiket pesawat saat masih berada di bawah kendali Kementerian Perhubungan. Menurutnya, domain dari Kemenhub saat itu lebih pada keselamatan penerbangan dan kegiatan operasional yang sesuai dengan international compliance.

" Jadi kalau masalah tarif sebetulnya kembali lagi diserahkan kepada masing-masing airlines. Artinya kalau dirasa perlu untuk mengangkat tarif, diserahkan kembali ke masing-masing airlines. Dalam hal ini ya Kementerian Perhubungan hanya bisa me-regulate tarif batas atas dan tarif batas bawah," kata Denon di Jakarta.

“ Selagi ketentuan itu bisa terpenuhi, artinya ya Kementerian Perhubungan sudah melakukan tugasnya. Jadi jangan sampai kita dispute juga domain responsibility dari masing-masing pihak terkait," tambah dia.

INACA lebih berperan kepada apa yang sebetulnya menjadi aspirasi dari pihak anggota. Dia menyampaikan hal tersebut akan coba disampaikan kepada para stakeholders terkait.

" Artinya gini. Kalau saya sebagai pelaku industri, saya menentukan tarif itu ya sesuai dengan apa yang kita pikir, baik memberikan profit bagi perusahaan. Dalam hal ini Kemenhub hanya memberikan aturan sehingga tarif ini tidak terlalu jauh di atas apa yang diharapkan oleh publik, dan tidak terlalu rendah juga apa yang diharapkan oleh publik. Itu yang saya pikir domain masing-masing," kata dia.

Denon mengatakan ketentuan harga tiket pesawat tetap berada di masing-masing maskapai. “ Jadi, kalau kemudian keberatan dari publik, masyarakat terhadap harga tiket, itu lebih kepada maskapainya,” kata dia.

2 dari 6 halaman

Harga Tiket Pesawat Diharapkan Turun Usai Dirut Garuda Indonesia Dicopot

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Hariyadi Sukamdani, berharap pencopotan Dirut Garuda Indonesia, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra (Ari Askhara) akan menjadi momentum untuk mendorong penurunan harga tiket. Paling tidak, nantinya harga tiket diharapkan bisa bersaing seperti di negara lain.

" Ya, kita berharap. Paling tidak menjadi kompetitif. Kalau yang kemarin terjadi itu, yang dirasakan masyarakat, memang tiket itu tidak kompetitif," ujar Hariyadi di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (6/12).

Selama ini, harga tiket di Indonesia tidak seperti negara lain. Untuk Low Cost Carrier (LCC) atau pesawat berbiaya rendah biasanya mengenakan harga yang lebih bersahabat dan terjangkau oleh masyarakat. Namun, di Indonesia, harga tiket LCC justru lebih mahal jika dibandingkan di ASEAN dan Eropa untuk penerbangan 1-2 jam.

" Dibandingkan dengan rute yang sama di ASEAN maupun Eropa sama-sama penerbangan 1 sampai 2 jam, kalau bicara LCC kita lebih mahal. Pokoknya di mana tidak ada kompetisi pasti harganya mahal. Kalau ada kompetitor, harga murah," kata dia.

Harga tiket pesawat mahal membuat masyarakat menderita. Terutama wilayah Indonesia bagian Timur. " Tidak fair lah rakyat dirugikan. Apalagi wilayah timur sangat terganggu banget. Terjadi penurunan kunjungan traveler," kata dia.

3 dari 6 halaman

Penyebab Harga Tiket Pesawat Mahal

Hariyadi mengatakan, industri pariwisata menyambut gembira pencopotan Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Ashkara atas kasus penyelundupan. Menurutnya, selama ini Ari menjadi salah satu penyebab harga tiket pesawat tak kunjung turun.

" Ini terus terang saya dengan adanya pergantian dirut Garuda ini, saya sebagai Ketua PHRI dari Sektor pariwisata gembira banget. Kita yang komplain paling berat karena dia 'penyebabnya', karena dia menciptakan 'palkan kartel' dia mendikte pasar," kata Hariyadi.

Saat menjadi pejabat Garuda Indonesia, dia menduga, ada tekanan perusahaan pelat merah tersebut terhadap agen penjualan tiket online seperti Traveloka. " Sampai Traveloka dipencet sama dia (Dirut Garuda), segala macam, tidak fair lah," kata Hariyadi.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) tersebut menambahkan, momentum ini akan menjadi titik awal Menteri BUMN Erick Thohir menyapu bersih orang-orang yang tidak bisa dipercaya membawa BUMN maju. Sebab, BUMN yang tidak bisa diandalkan tidak hanya merugikan industri tetapi juga seluruh rakyat Indonesia.

" Ini mudah-mudahan, ini titik kita membenahi semua itu. Karena ini bicara tidak hanya pariwisata, tapi konektivitas, bicara pertumbuhan ekonomi kita juga. Bayangkan bukan hanya penumpang yang kena masalah, kargo kan juga jadi mahal banget, naik tidak kira-kira. Itu kan ganggu banget," kata dia.

4 dari 6 halaman

Per 11 Juli, Tiket Pesawat Murah Berlaku Selasa, Kamis, Sabtu

Dream – Mulai hari ini, Kamis 11 Juli 2019, harga tiket pesawat akan didiskon hingga 50 persen. Sahabat Dream bisa menikmati tiket murah setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu.

Tentu saja harga murah ini bisa membuatmu lebih berhemat untuk urusan tiket pesawat.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono, mengatakan, maskapai penerbangan murah (low cost carrier/LCC) sepakat menyediakan 30 persen alokasi kursi untuk tiket pesawat yang telah diturunkan harganya.

Besar penurunan harga tiket pesawat LCC sebesar 50 persen dari tarif batas atas. Diskon ini baru bisa dimulai pada 11 Juli karena sistem penjualan tiket memerlukan waktu dua hingga tiga hari untuk penyesuaian. 

" Kenapa (tanggal 11)? Karena untuk penyesuaian di sistem memerlukan kurang lebih dua sampai tiga hari. Karena besok Selasa dan pemberlakuannya adalah di Selasa, Kamis, dan Sabtu, akan efektif berlaku sejak hari Kamis tanggal 11 Juli 2019," kata Susiwijono di Jakarta.

 

 © Dream

 

Citilink sepakat menjual tiket penerbangan murah untuk 63 penerbangan setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu. Penjualannnya berlaku pada pukul 10.00—14.00. Ada 3.348 kursi yang disediakan oleh anak usaha PT Garuda Indonesia Airlines Tbk (Persero) itu.

Sementara itu, Lion Air Group menyediakan 146 penerbangan per hari untuk tiket murah pada jam-jam yang telah diatur pemerintah. Ada 8.278 kursi yang disediakan oleh maskapai berlogo singa terbang itu.

“ Ada 63 flight Citilink dan 146 flight Lion Air yang kita dedikasikan per hari untuk menyediakan penerbangan murah, dengan penurunan 50 persen dari TBA untuk 30 persen dari alokasi," kata Susiwijono.

Jadi, kamu sudah bersiap berburu tiket murah?

5 dari 6 halaman

Per 11 Juli, Tiket Pesawat Murah Berlaku Selasa, Kamis, Sabtu

Dream – Penurunan harga tiket pesawat mulai berlaku per Kamis 11 Juli 2019. Penjualan tiket murah berlaku setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu.

Dikutip dari Merdeka.com, Selasa 9 Juli 2019, hal itu disampaikan Sekretaris Kementerian Koordinator Perekonomian, Susiwijono.

Menurut Susiwijono, maskapai penerbangan berbiaya rendah (low cost carrier/LCC) nasional telah menyepakati penyediaan 30 persen alokasi kursi, untuk tiket pesawat yang telah diturunkan harganya. Besaran penurunan harga tiket pesawat LCC sebesar 50 persen dari tarif batas atas.

" Kenapa (tanggal 11)? Karena untuk penyesuaian di sistem memerlukan kurang lebih 2 sampai 3 hari. Karena besok Selasa dan pemberlakuannya adalah di Selasa Kamis dan Sabtu, akan efektif berlaku sejak hari Kamis tanggal 11 Juli 2019," kata Susiwijono di Jakarta.

Menurutnya, maskapai Citilink sepakat menjual tiket penerbangan murah sebanyak 63 penerbangan setiap harinya pada Selasa, Kamis, dan Sabtu mulai dari pukul 10.00 sampai dengan 14.00 dengan menyiapkan 3.348 kursi.

6 dari 6 halaman

Berapa Kursi yang Disediakan Lion Air Group?

Maskapai Lion Air Group sendiri akan menyediakan 146 penerbangan per hari di waktu dan jam-jam tertentu yang telah diatur oleh pemerintah dengan menyiapkan sebanyak 8.278 kursi.

Adapun secara total kursi yang disediakan kedua maskapai dalam sehari yakni sebanyak 11.626 kursi.

 Enam Rute Penerbangan Baru Lion Air di Solo Resmi BeroperasiEnam Rute Penerbangan Baru Lion Air di Solo Resmi Beroperasi © © MEN

" Jadi rekan-rekan sekalian ada 62 flight Citilink dan 146 flight Lion Air yang kita dedikasikan per hari untuk menyediakan penerbangan murah, dengan penurunan 50 persen dari TBA untuk 30 persen dari alokasi," kata dia.

Meski begitu, pemerintah dan maskapai sendiri belum bisa memutuskan untuk rute-rute penerbangan mana saja yang akan dilakukan penyesuaian tarif itu.

Informasi mengenai rute penerbangan akan disampaikan kembali dalam rapat koordinasi lanjutan pada hari Kamis mendatang, lanjut Susiwijono.

" Pertanyaannya rute flight mana saja, itu nanti akan kita jelaskan 62 flight itu mana saja, begitu juga Lion, itu akan kami rinci detail sebelum hari kamis pemberlakuannya," kata dia.

 Citilink Buka Rute Baru ke AcehCitilink Buka Rute Baru ke Aceh © © MEN

Susiwijono menambahkan, kebijakan ini nantinya akan dilakukan pengawasan secara bersama-sama oleh Kementerian Perhubungan, Kementerian Badan Usaha Milik Negara, dan Kementerian Koordinator Perekonomian.

Ketiganya secara bersama-sama akan memonitoring dan melakukan evaluasi secara menyeluruh.

" Untuk mengawal pelaksanaan kebijakan (tiket pesawat) ini di dalam pelaksanaannya nanti kita sepakat secara periodik akan dilakukan rapat monitoring dan evaluasi," kata dia. (ism)

Beri Komentar
Wajah Tegar BCL Saat Antarkan Jenazah Ashraf Sinclair