AMSI: Industri Media Tidak Baik-Baik Saja, Inovasi jadi Kunci Keberlanjutan

Reporter : Editor Dream.co.id
Rabu, 28 Agustus 2024 20:01
AMSI: Industri Media Tidak Baik-Baik Saja, Inovasi jadi Kunci Keberlanjutan
Disrupsi digital yang telah berlangsung 10-15 tahun telah mengubah landscape industri media.

Dream - Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) mengungkapkan kondisi media saat ini sedang tidak baik-baik saja. Tanda-tanda tersebut bahkan tidak datang begitu saja bahkan disrupsi digital sudah terjadi dalam 10-15 tahun terakhir.

Kondisi yang terjadi saat ini pada industri media membutuhkan perhatian banyak pihak, terutama pemerintah, agar 

" Disrupsi luar biasa dan kondisi politik yang penuh tantangan," kata Ketua Umum AMSI Wahyu Dhyatmika saat membuka IDC 2024 yang diselenggarakan di Hotel Santika Premiere Slipi Jakarta, Rabu, 28 Agustus 2024.

1 dari 11 halaman

Dream - Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) mengungkapkan kondisi media saat ini sedang tidak baik-baik saja. Tanda-tanda tersebut bahkan tidak datang begitu saja bahkan disrupsi digital sudah terjadi dalam 10-15 tahun terakhir.

Kondisi yang terjadi saat ini pada industri media membutuhkan perhatian banyak pihak, terutama pemerintah, agar 

" Disrupsi luar biasa dan kondisi politik yang penuh tantangan," kata Ketua Umum AMSI Wahyu Dhyatmika saat membuka IDC 2024 yang diselenggarakan di Hotel Santika Premiere Slipi Jakarta, Rabu, 28 Agustus 2024.

2 dari 11 halaman

Dari pantauan AMSI, jumlah pengunjung ke website dan aplikasi media berbasis berita menurun drastis dalam satu tahun terakhir. Demikian juga tren pendapatan media. Bahkan, tak sedikit perusahaan media yang mengurangi jumlah jurnalis untuk beradaptasi dengan proyeksi bisnis yang tidak menentu.

3 dari 11 halaman

Disrupsi digital yang sudah terjadi 10-15 tahun terakhir diakui telah mengubah secara mendasar industri pers di semua belahan media. Kini, distribusi berita berada di tangan platform digital global seperti Google, Meta, X maupun TikTok.


Laporan Reuters Institute for the Study of Journalism pada Januari 2024, menyebutkan jumlah pengunjung situs berita menurun drastis ketika traffic dari media sosial anjlok signifikan.

4 dari 11 halaman

© Dream

Menghadapi kondisi tersebut, Wahyu menilai ada dua kunci yang bisa dilakukan industri media yaitu beradaptasi dengan teknologi yang berubah dan berinovasi menciptakan values baru untuk jurnalisme.

5 dari 11 halaman

Sementara Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informasi Bidang Komunikasi dan Media Massa Molly Prabawaty, mengatakan, media massa harus mempertahankan kredibilitas dan menjadi verifikator rujukan informasi untuk mendapat kepercayaan publik. Apalagi saat ini masyarakat masih mengandalkan media untuk memperoleh informasi. Berdasarkan data UNESCO tahun 2023, perkembangan penggunaan platform digital indonesia sangat besar dalam akses informasi.

6 dari 11 halaman

"Trennya pengguna online 79 persen, medsos 60 persen, TV 40 persen, dan media cetak 9 persen. Kita lihat sendiri, tren sekarang masyarakat lebih sering akses dari online untuk berita media,”

Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informasi Bidang Komunikasi dan Media Massa Molly Prabawaty.

7 dari 11 halaman

© Indonesia Digital Conference 2024 2024 maverick

8 dari 11 halaman

Direktur USAID Indonesia, Jeffery P.. Cohen juga mengingatkan media di Indonesia tentang , lansekap digital yang berkembang sangat cepat, seperti kecerdasan artifisial (Artificial Intelligence/AI) sehingga media harus mengimbanginya. Media harus mengenal audiensnya, verifikasi, dan konfirmasi karena terlalu banyak disinformasi yang terjadi.
Teknologi seperti AI bukan hanya sekadar alat, tapi menjadi bagian integral ekosistem yang bisa mendorong kemajuan.

9 dari 11 halaman

"AMSI mampu mendorong penggunaan teknologi dengan bertanggung jawab dan teguh pada etika," ujarnya.

10 dari 11 halaman

IDC 2024 kali ini ditandai dengan kehadiran rangkaian kegiatan “Road to IDC 2024” serta “Masterclass”. “Road to IDC 2024” merupakan diskusi terbuka dan tertutup yang digelar AMSI sebagai pemanasan menuju ajang utama yaitu IDC 2024. Sementara itu “Masterclass” digelar untuk memberikan pembelajaran kelas mahir bagi pelaku-pelaku media profesional untuk terus meningkatkan kapasitasnya.
Kegiatan akan ditutup dengan penganugerahan AMSI Awards 2024.

11 dari 11 halaman

Program IDC dan AMSI Awards adalah bagian dari kerjasama AMSI dengan Internews dan USAID MEDIA untuk membangun keberlanjutan bisnis media di Indonesia. Pada gelaran tahun ini, IDC dan AMSI Awards juga mendapatkan dukungan dari PT Astra International Tbk, Google News Initiative, Dailymotion SA, PT Pertamina (Persero), PT Adaro Energy Indonesia, PT Telekomunikasi Selular atau Telkomsel, Harita Nickel atau PT Trimegah Bangun Persada Tbk, PT Merdeka Copper Gold, PT PLN (Persero), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, EIGER Adventure, dan MIND ID.

Beri Komentar