Bantu Cetak Pebisnis Digital, Instagram Ajarkan Buat Konten Menjual

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 19 Juli 2019 17:36
Bantu Cetak Pebisnis Digital, Instagram Ajarkan Buat Konten Menjual
Akhir-akhir ini, bisnis yang dirintis anak muda terus berkembang.

Dream – Jalan untuk menjadi pebisnis kini semakin mudah. Tak perlu punya toko atau kantor, kamu bisa menjajakan produk atau jasa melalui sosial media. Dengan jutaan bahkan miliaran pengguna, peluang mendapat pelanggan sangat besar. 

Fenomena berbisnis melalui sosial media inilah yang sedang coba ditangkap platform media sosial, Instagram. Menyasar generasi muda Indonesia, aplikasi milik miliarder Mark Zuckerberg ini mencoba membantu generasi muda meningkatkan keterampilan digital dalam mengembangkan bisnis.

Mengusung program Akademi Instagram, Kepala Bagian Bisnis Berkembang dan UKM Facebook dan Instagram, Ferdy Nandes, menjelaskan bahwa program ini akan membina 1.000 wirausahawan muda untuk meningkatkan keterampilan digital.

“ Tahun lalu, #bisnisanakmuda berhasil menjadi salah satu tagar paling banyak digunakan di Instagram. Kami senang meluncurkan program Akademi Instagram pertama kalinya di Indonesia,” kata Ferdy di Jakarta, Jumat 19 Juli 2019.

Menurut Ferdy, program ini dirancang bagi pengusaha muda berusia di bawah 35 tahun dan sudah menjalani bisnis setidaknya satu tahun.

Program ini tersedia secara gratis untuk bisnis yang bergerak di salah satu kategori dari 16 subsektor industri kreatif.

1 dari 7 halaman

Belajar tentang Fitur Bisnis Instagram

Selama acara berlangsung, peserta akan belajar tentang cara memahami fitur-fitur bisnis di Instagram, membuat konten menarik untuk pemasaran produk, serta strategi promosi yang tepat.

Instagram juga bekerja sama dengan Kreavi, platform digital yang memiliki fokus memberdayakan para kreator visual Indonesia, untuk melakukan proses kurasi 1.000 peserta.

Tahun ini Akademi Instagram akan dilakukan di tiga kota yaitu Jakarta (20 Juli 2019), Bandung (3 Agustus 2019) dan Yogyakarta (24 Agustus 2019).

CEO Kravi, Anto Motulz, mengatakan saat ini industri ekonomi kreatif semakin berkembang dengan adanya kemudahan akses internet dan media sosial. “ Kami berharap Akademi Instagram dapat mendorong para wirausahawan muda untuk lebih semangat dalam berkreasi dan berkarya,” kata Anto.

(Sah, Laporan : Alfi Salima Puteri)

2 dari 7 halaman

Mau Jualan di Instagram, Perhatikan 5 Tips Ini

Dream – Belakangan ini, media sosial kerap dilirik untuk dijadikan sarana berjualan. Salah satunya adalah Instagram.

Di platform ini, penjual bisa “ memajang” barang dagangannya dan mempromosikan kepada para warganet. Agar bisa menarik perhatian dan menjaring konsumen, penjual tak jarang memberikan promo-promo dan barang gratisan (give away) kepada warganet.

Malah tak jarang pedagang menggunakan jasa influencer untuk meng-endorse barang dagangannya.

Selain memiliki tampilan menarik, platform ini juga memiliki potensi pasar yang sangat menarik. Setidaknya ada satu miliar pengguna yang mengakses Instagram setiap bulannya. Jika tertarik “ jualan” di media ini, setidaknya kami bisa menerapkan lima tips di bawah.

Berikut ini adalah lima tips yang bisa membuat bisnismu menarik bagi pengguna Instagram, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Jumat 2 November 2018.

3 dari 7 halaman

Tonjolkan Karakter Utama Bisnis

Profil Instagram adalah etalase online bagi bisnis. Makanya, tonjolkan karakter utama bisnis untuk memudahkan bisnismu dengan bisnis lain.

 Instagram Alami Kerusakan

Kamu bisa membuat nama bisnis yang menarik, biodata yang lengkap, serta tampilan feed dengan foto dan video yang berkarakter dan berkualitas tinggi.

Tampilan ini bisa menarik perhatian konsumen. Gunakan sedikit caption untuk menyampaikan narasi cerita brand dan produk

4 dari 7 halaman

Format Vertikal

Format vertikal adalah format baru yang mampu menarik perhatian pelanggan dengan cepat melalui kontennya yang memenuhi seluruh layar.

Platform ini menyediakan beberapa fitur yang menyajikan konten format vertikal, seperti Stories dan Live. Kamu bisa mencuri perhatian pelanggan ketika menampilkan konten kreatif di Instagram Stories dan Live.

 Kamu bisa berkreasi dengan konten.

Sekadar informasi, Indonesia adalah negara dengan jumlah kreator Instagram Stories terbanyak di dunia.

Secara global, 52 persen pengguna Instagram mengaku lebih tertarik terhadap sebuah brand atau bisnis setelah melihat konten mereka di Instagram Stories.

5 dari 7 halaman

Bangun Interaksi dengan Pengikutmu

Jangan lupa untuk menjalin komunikasi dua arah dengan pengikut melalui fitur polling dan menjawab pertanyaan-pertanyaan secara aktif. Kamu bisa mengadakan kontes untuk membantu penyebaran hashtag brand ke anggota komunitas yang lebih luas lagi.

 

 Instagram.

 

Kamu juga bisa memanfaatkan fitur interaktif, seperti poll stickers dan ask me a question. Semakin aktif kamu berinteraksi dengan pengikut, mereka juga akan semakin aktif memberikan umpan balik kepadamu dan menghabiskan waktu lebih banyak melihat konten yang diunggah.

6 dari 7 halaman

Perhatikan Hashtag

Terdapat 1 miliar pengguna aktif Instagram bulanan secara global. Lebih dari 200 juta akun di antaranya mengunjungi satu profil bisnis setiap harinya.

Menariknya, dua di antara tiga kunjungan profil bisnis berasal dari nonfollowers. Penggunaan hashtag yang tepat merupakan hal yang penting bagi sebuah bisnis untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan calon pelanggan.

Contohnya, Kaloka Pottery, sebuah bisnis UKM asal Yogyakarta mampu menjangkau pasar Timur Tengah melalui hashtag.

Dua manfaat utama penggunaan hashtag, yaitu mencari calon pelanggan dan inspirasi produk atau kolaborasi dengan kreator lain, serta membuat calon pelanggan menemukan bisnismu.

Strategi penggunaan hashtag juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing bisnis. Kamu bisa membuat tanda pagar (tagar) khusus yang unik sesuai karakter bisnismu atau menggunakan hashtag relevan yang sudah ada sebelumnya. Umumnya, tiga sampai lima hashtag dalam satu postingan sudah cukup efisien.

7 dari 7 halaman

Mempromosikan Konten Terbaik

Platform ini menyediakan beberapa format iklan untuk feed dan stories. Fitur promote ini memungkinkan bisnismu menjangkau audiens yang lebih luas. Contohnya, promote feed dan carousel ads.

 Cara Instagram Batasi Perundungan

Agar menarik perhatian, kamu bisa membuat tampilan konten iklan yang serupa dengan tampilan stories pengguna. Tujuannya agar mereka tidak merasa asing dengan iklanmu. (ism)

Beri Komentar