Bacaan Doa Setelah Tahlilan Arab, Latin, dan Terjemahannya

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 16 Februari 2022 18:47
Bacaan Doa Setelah Tahlilan Arab, Latin, dan Terjemahannya
Dengan doa setelah tahlilan kita turut mendoakan orang yang sudah meninggal agar dilapangkan kuburnya dan diringankan siksanya.

Dream – Salah satu tradisi yang masih dilakukan masyarakat Indonesia adalah mendoakan orang yang sudah meninggal atau biasa dikenal sebagai tahlilan. Tradisi tahlilan dilakukan dengan membaca doa-doa dan ayat Al Quran yang ditujukan khusus kepada orang yang sudah meninggal.

Sebagai sebuah tradisi acara tahlilan hukumnya tidak wajib. Sebagai masyarakat yang dikenal dengan sifat gotong royongnya, tahlilan umumnya dilakukan sebagai inisiatif dari warga sekitar dengan mengajak berdoa bersama untuk orang yang sudah meninggal agar dilapangkan kuburnya dan diringankan siksanya.

Doa setelah tahlilan juga dipanjatkan untuk memohon ampunan kepada Allah SWT atas segala dosa-dosa umat Muslim, terutama orang meninggal yang didoakan. Doa setelah tahlilan ini biasanya dibaca oleh imam tahlil, sementara jamaah tahlil mengikutinya dengan membaca aamiin.

Dalam artikel kali ini, Dream akan memaparkan doa setelah tahlilan yang bisa kamu amalkan untuk mendoakan orang yang sudah meninggal. Dengan membaca doa setelah tahlilan ini, besar harapan kita agar Allah mengampuni dosa-dosa orang meninggal yang kita doakan.

1 dari 6 halaman

Bacaan Tahlil

Mendoakan orang yang sudah meninggal dengan cara tahlilan dilakukan dengan membaca doa-doa dan ayat Al Quran secara bersama-sama. Jamaah tahlil dipimpin oleh imam tahlil yang bertugas memimpin jalannya tahlilan.

Bacaan doa tahlilan ini biasanya dimulai dengan membaca Surat Al Fatihah, Al Ikhlas, Al Falaq dan An Nas. Kemudian dilanjutkan dengan membaca beberapa ayat dari Al Quran, seperti Surat Al Baqarah ayat 1-5, 163, 285, dan 286, ayat kursi, kemudian surat Hud ayat 73, hingga surat Al Ahzab ayat 33.

Agar lebih jelasnya tentang urutan bacaan tahlil, Sahabat Dream bisa melihatnya dalam artikel “ Cara Mengirim Doa Yasin untuk Orang yang Sudah Meninggal”.

2 dari 6 halaman

Urutan Doa Setelah Tahlilan

Setelah membaca urutan bacaan tahlil, kemudian dilanjutkan dengan membaca doa setelah tahlilan. Menggelar doa bersama dengan membaca doa setelah tahlilan sering dilakukan masyarakat yang mana keluarga atau kerabatnya meninggal dunia.

Jika kamu hendak mendoakan keluarga atau kerabatmu yang meninggal dunia, kamu bisa mengamalkan doa setelah tahlilan berikut ini. Berikut urutan doa setelah tahlilan yang bisa dibaca dalam rangka mendoakan orang yang sudah meninggal.

1. Doa Setelah Tahlilan

Doa setelah tahlilan yang pertama kali dibaca adalah:

اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. حَمْدَ الشَّاكِرِيْنَ، حَمْدَالنَّاعِمِيْنَ، حَمْدًايُوَافِيْ نِعَمَه وَيُكَافِئُ مَزِيْدَه، يَارَبَّنَالَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِيْ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ. اَللهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى الِى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ.

Alhamdulillahirobbil 'alamin. Hamdan syaakiriin, hamdan naa'imiin, hamdan yuwaafii ni'amahuu wa yukaafiu maziidah, yaa robbanaa lakalhamdu kamaa yan baghii lijalaali waj-hika wa 'azhiimi sulthoonik. Alloohumma shalli wa shallim 'alaa sayyidinaa muhammad, wa'alaa aali sayyiidinaa muhammad.

Artinya:

" Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah Penguasa Alam Semesta, sebagaimana orang yang bersyukur dan orang yang mendapat banyak kenikmatan memuji-Nya. dengan pujian yang sepadan dan nikmat-Nya dan memungkinkan pertambahannya. Wahai Tuhan kami, pujian hanyalah untuk-Mu, sebagaimana yang layak akan kemuliaan Zat-Mu dan keagungan kekuasaan-Mu. Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan kepada Nabi Muhammad junjungan kami dan kepada keluarga baginda."

3 dari 6 halaman

2. Doa Setelah Tahlilan

Kemudian dilanjutkan dengan doa setelah tahlilan yang kedua berikut ini:

اَللهُمَّ تَقَبَّلْ وَاَوْصِلْ ثَوَابَ مَاقَرَأْنَاهُ مِنَ الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ وَمَا هَلَّلْنَا وَمَا سَبَّحْنَا وَمَااسْتَغْفَرْنَا وَمَا صَلَّيْنَا عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ هَدِيَّةً وَاصِلَةً وَرَحْمَةً نَازِلَةً وَبَرَكَةً شَامِلَةً

اِلَى حَضْرَةِ حَبِيْبِنَا وَشَفِيْعِنَا وَقُرَّةِ اَعْيُنِنَا سَيِّدِنَا وَمَوْلنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَاِلَى جَمِيْعِ اِخْوَانِه مِنَ الْاَنْبِيَآءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَالْاَوْلِيَآءِ وَالشُّهَدَآءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَالصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَالْعُلَمَآءِ الْعَالِمِيْنَ وَالْمُصَنِّفِيْنَ الْمُخْلِصِيْنَ وَجَمِيْعِ الْمَلاَئِكَةِ الْمُقَرَّبِيْنَ

Allaahumma taqobbal wa aushil tsawaba maa qoro'naahu minal qur'aanil 'azhiimi wamaa hallalnaa wa maa sabbahnaa wa mastaghfarnaa wa maa shollainaa 'alaa sayyidinaa muhammadin shollalloohu 'alaihi wa sallama hadiyyatan waashilatan wa rohmatan naazilatan wa barokatan syaamilatan ilaa hadhrotin habiibinaa wa syafii'inaa wa qurroti a'yuninaa sayyidinaa wa maulaanaa muhammadin shollallaahu 'alaihi wa sallam, wa ilaa jamii'i ikhwaanihii minal anbiyaa'i walmursaliina wal auliyaa'i wasy-syuhadaa'i wash-shoolihiina wash shohaabati wattaabi'iina wal 'ulamaa'il 'aalimiina wal mushonnifiinal mukhlishiina wa jamii'il mujaahidiina fii sabiilillaahi robbil'aalamiin, wa malaa'ikatil muqorrobiin.

Artinya:

" Ya Allah, terimalah dan sampaikanlah pahala al-Quran yang kami baca, tahlil kami, tasbih kami, istighfar kami dan salawat kami kepada Nabi Muhammad SAW sebagai hadiah yang menjadi penyambung, sebagai rahmat yang turun dan sebagai berkah yang menyebar kepada kekasih kami, penolong kami dan buah hati kami, pemuka dan pemimpin kami, iaitu Nabi Muhammad SAW, juga kepada seluruh sahabat baginda dalam kalangan para Nabi dan Rasul, para wali, para syuhada, orang soleh, para sahabat, para tabiin, para ulama yang mengamalkan ilmunya, para pengarang yang ikhlas dan orang yang berjihad di jalan Allah Tuhan semesta alam, serta para malaikat yang selalu beribadah."

4 dari 6 halaman

3. Doa Setelah Tahlilan

Setelah itu dilanjutkan membaca doa setelah tahlilan di bawah ini:

ثُمَّ اِلى جَمِيْعِ اَهْلِ الْقُبُوْرِ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ مِنْ مَشَارِقِ اْلاَرْضِ اِلَى مَغَارِبِهَا بَرِّهَا وَبَحْرِهَا خُصُوْصًا اِلَى آبَآءِنَا وَاُمَّهَاتِنَا وَاَجْدَادِنَا وَجَدَّاتِنَا وَنَخُصُّ خُصُوْصًا مَنِ اجْتَمَعْنَاههُنَا بِسَبَبِه وَلِاَجْلِه

Tshumma ilaa jamii'i ahlil qubuuri minal muslimiina walmuslimaati walmu'miniina walmu'minaati mim masyaariqil ardhi ilaa maghooribihaa fi barrihaa wabahrihaa khushushon ilaa aabaainaa wa-ummahaatinaa wa-ajdaadinaa wajaddaatinaa wanakhush-shu khushuuson manijtama'naa haahunaa bisababihii wali-ajlihii.

Artinya:

" Kemudian kepada seluruh penghuni kubur dalam kalangan orang Islam lelaki dan perempuan, orang Mukmin lelaki dan perempuan, dari belahan bumi Timur dan Barat, di laut dan di darat, terutama kepada (Fulan bin Fulan), dan ibu bapa kami, datuk dan nenek kami, lebih utamakan lagi kepada orang yang menyebabkan kami berkumpul di sini."

5 dari 6 halaman

4. Doa Setelah Tahlilan

Lalu dilanjutkan dengan doa tahlilan lengkap berikut ini:

اَللهُمَّ اَنْزِلِ الرَّحْمَةَ وَالْمَغْفِرَةَ عَلى اَهْلِ الْقُبُوْرِ مِنْ اَهْلِ لَآاِلهَ اِلاَّ اللهُ مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللهِ

اَللهُمَّ اَرِنَاالْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَااتِّبَاعَهُ وَاَرِنَاالْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَااجْتِنَابَهُ

Allaahumma anzilir rohmata walmaghfirota 'alaa ahlil qubuuri min ahli laa ilaaha illallaahu muhammadur rasuulullaah. Allaahumma arinal haqqo haqqon warzuqnat tibaa'ahu, wa arinal baathila baathilan warzuqnaj tinaabahu.

Artinya:

" Ya Allah, turunkanlah rahmat dan ampunan kepada ahli kubur yang selalu mengucapkan 'Laailaaha illallaah Muhammadur rasulullaah' (Tidak ada Tuhan yang selayaknya disembah melainkan Allah, Muhammad adalah utusan Allah). Ya Allah, tunjukanlah kepada kami kebenaran adalah suatu kebenaran dan anugerahilah kami untuk mengikutinya dan tunjukkanlah kepada kami kebatilan adalah suatu kebatilan dan anugerahilah kami untuk menjauhinya."

6 dari 6 halaman

5. Doa Setelah Tahlilan

Dilanjutkan dengan doa penutup di bawah ini:

 رَبَّنَا اَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Robbanaa aatinaa fiddunyaa hasanah, wafil aakhiroti hasanah waqinaa 'adzaaban naar. Subhaana robbika robbil 'izzati 'ammaa yashifuun, wasalaamun 'alal mursaliina walhamdu lillaahi robbil 'aalamiin

Artinya:

" Masa suci Tuhanmu, Tuham pemilik kemuliaan, dari sifat yang mereka (musuh-Nya) berikan. Keselamatan selalu tertuju kepada Rasul, dan segala puji bagi Allah penguasa alam semesta."

Itulah doa setelah tahlilan yang bisa kamu baca dalam rangka mendoakan orang yang sudah meninggal, baik saudara, kerabat, tetangga hingga teman sesama muslim.

Doa setelah tahlilan tersebut adalah doa yang paling umum dibaca untuk mendoakan almarhum. Sebenarnya masih terdapat doa setelah tahlilan lain yang lebih panjang. Akan tetapi membaca doa tahlilan di atas sudah mewakili doa-doa untuk orang yang sudah meninggal.

 

(Dilansir dari berbagai sumber)

Beri Komentar