Bank Syariah Siap Jadi Penampung Dana Tax Amnesty

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 14 Juli 2016 15:17
Bank Syariah Siap Jadi Penampung Dana Tax Amnesty
Kabarnya, pemerintah menyiapkan bank syariah menjadi bank penampung dana tax amnesty.

Dream - Pemerintah sedang mempersiapkan aturan teknis pelaksanaan bank persepsi atau bank penampung dana tax amnesty. Bank syariah disebut-sebut juga menjadi bank persepsi.

Bank syariah pun menyatakan kesiapannya jika menjadi bank persepsi.

Direktur Utama PT Bank Syariah Mandiri (BSM) Agus Sudiarto, mengatakan penunjukan bank syariah menjadi bank persepsi merupakan kewenangan pemerintah, dalam hal ini, Kementerian Keuangan. Jika ditunjuk, Agus menyatakan perusahaan telah siap dengan tugas tersebut.

" Seandainya BSM ditunjuk, maka sebagai bank syariah terbesar, kami siap melaksanakan dengan sebaik-baiknya," kata Agus ketika dihubungi Dream lewat pesan tertulis di Jakarta, Kamis 14 Juli 2016.

Anak usaha PT Bank Mandiri Tbk (Persero) ini juga akan menawarkan produk-produknya kepada nasabah untuk menyimpan dana tersebut, seperti reksa dana syariah dan sukuk.

" Di samping, produk-produk liabilitas yang sudah ada selama ini, BSM bisa menawarkan produk reksa dana syariah yang sudah ada, termasuk juga surat berharga syariah, Al Sukuk," kata Agus.

Senada dengan BSM, PT BNI Syariah dan PT BRI Syariah juga sama-sama siap apabila pemerintah melibatkan mereka dalam menampung dana repatriasi pajak.

" Prinsipnya, siap saja, tetapi pastinya seluruh produk investasi yang ditawarkan itu harus berprinsip syariah," kata Direktur Utama BNI Syariah, Imam Teguh Saptono, kepada Dream lewat pesan tertulis.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan BRI Syariah, Indriati Tri Handayani, mengatakan bank syariah ini juga siap jika pemerintah menunjuk mereka untuk menjadi bank persepsi.

" BRI Syariah pada dasarnya siap apabila ditunjuk menjadi bank persepsi," kata Indriati ketika dihubungi Dream lewat pesan tertulis.

Anak usaha PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero) ini juga menyiapkan beberapa produk yang akan digunakan untuk menampung dana tax amnesty, seperti deposito.

" Hal ini bertujuan untuk mendukung kebijakan pemerintah terkait tax amnesty," kata dia.

Beri Komentar