Banyak yang Kira Logo Nike Itu Berbentuk Centang, Salah! Ternyata Ini Makna Aslinya

Reporter : Alfi Salima Puteri
Jumat, 4 November 2022 08:13
Banyak yang Kira Logo Nike Itu Berbentuk Centang, Salah! Ternyata Ini Makna Aslinya
Sejak dirilis, Nike telah mengubah logonya sebanyak 4 kali.

Dream - Siapa yang tidak kenal dengan Nike? Brand ini terkenal dengan produk-produk perlengkapan olahraga unggulannya. Nike merupakan brand dari Amerika yang telah ada sejak 1964. Nike diinisiasi oleh seorang atlet dan pengusaha bernama Philip Knight.

Logo Nike resmi yang sangat mudah dikenali resmi digunakan sejak tahun 1972. Logo sederhana tersebut dikonsepkan oleh seorang mahasiswa desain grafis dari Portland State University bernama Carolyn Davidson. Ia menciptakan logo tersebut di tahun 1971.

Meskipun kini logo Nike sangat efektif dalam branding merek tersebut, sang konseptor saat itu menjual jasanya dengan sangat murah. Logo tersebut dibeli dengan harga 35 USD atau setara dengan Rp549 ribu. Harga tersebut sangat murah dibanding berapa suksesnya brand itu sekarang.

 

1 dari 2 halaman

Saat itu, Philip menantang Carolyn untuk membuat logonya. Namun Philip awalnya kurang tertarik dengan logo yang hanya berbentuk sebuah garis sederhana. " Saya tidak menyukai desainnya, tapi mungkin (desain itu) akan tumbuh pada saya (akan ada perkembangan baik)," kata Knight.

Nike

Sejak dirilis, Nike telah mengubah logonya sebanyak 4 kali. Warna logo awalnya hanya berwarna merah dan putih. Merah menandakan semangat, energi, dan sukacita. Sementara putih merupakan lambang bangsawan, pesona, dan kemurnian. Meskipun berganti logo, bentuk dasar dari logo itu tidak pernah berubah.

 

 

2 dari 2 halaman

Banyak yang mengira bahwa logo Nike berbentuk centang. Namun ternyata salah, Logo Nike merupakan dua garis melengkung sederhana yang sangat kompleks. Melalui logo itu, Nike dikenal sebagai 'swoosh' yang berarti gerak dan kecepatan, demi mengalahkan kompetitornya, salah satunya Adidas.

Nike

Menurut mitologi Yunani, Nike melambangkan sayap dewi. Hal ini diartikan sebagai kemenangan, kecepatan, dan kekuatan penerbangan yang diciptakan khusus untuk produk olahraga. Tak heran, Nike menjadikan atlet terkenal Michael Jordan sebagai brand ambassador selama bertahun-tahun.

Laporan: Erdyandra Tri Sandiva

Beri Komentar