500 UMKM Binaan BRI Siap Tembus Pasar Dunia

Reporter : Okti Nur Alifia
Jumat, 2 Desember 2022 17:12
500 UMKM Binaan BRI Siap Tembus Pasar Dunia
Akan ada 500 UMKM terpilih dengan beragam kategori produk yang ditampilkan, antara lain Home Decor & Craft, Fashion & Wastra, dan Healthcare atau Wellness melalui Indonesia’s Finest.

Dream - Industri perbankan tak hanya soal melayani keuangan, namun juga menjadi wadah bagi masyarakat dalam mengembangkan bisnis, tak terkecuali Usaha Menengah Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menjadi salah satu tulang punggung perekonomian nasional.

Usaha untuk memajukan UMKM juga dilakukan Bank BRI dengan kembali menyelenggarakan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR yang berlangsung pada 1 hingga 31 Desember 2022. 

Acara yang juga menjadi bagian dari rangkaian perayaan HUT ke-127 BRI itu membawa misi UMKM Indonesia bisa go global. Tema yang diusung adalah “ Brings MSMEs Indonesia to the World”. Pemerintah menargetkan 30 juta UMKM go digital pada 2024. 

Akan ada 500 UMKM terpilih dengan beragam kategori produk yang ditampilkan, antara lain Home Decor & Craft, Fashion & Wastra, dan Healthcare atau Wellness melalui Indonesia’s Finest. Dalam pemilihan peserta UMKM tersebut, BRI juga mempertimbangkan aspek-aspek Environmental, Social, serta Governance (ESG).

1 dari 3 halaman

Business Matching

Sesuai dengan misinya membawa UMKM go global, BRI juga mengadakan business matching antara pelaku UMKM binaan terpilih dengan buyer internasional.

Ditargetkan sebanyak 40 buyer internasional yang diundang dari 19 negara akan mengikuti rangkaian acara virtual business matching ini mulai dari tanggal 6 hingga 8 Desember 2022.

Direktur Utama BRI, Sunarso, mengatakan, UMKM sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia harus banyak mendapatkan kesempatan agar bisa melakukan ekspor dan masuk pasar internasional.

2 dari 3 halaman

“ Program UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR menjadi salah satu langkah konkret BRI sebagai lembaga keuangan yang turut bertanggung jawab memajukan UMKM Indonesia. BRI melihat adanya peluang besar bagi produk Indonesia untuk masuk ke pasar global. Hasil karya anak bangsa dinilai memiliki kualitas yang dapat bersaing dengan produk dari negara-negara lain,” ujar Sunarso dalam konferensi pers UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 di Jakarta, 2 Desember 2022.

Sebagai usaha untuk merealisasikan UMKM go global, BRI juga telah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk untuk kantor BRI di luar negeri.

" Untuk mendukung merealisasikan penjualan UMKM secara go global, selain kami kini memiliki 6 kantor di luar negeri yang sudah bekerjasama dengan 1.200 bank, kami juga tentunya membekali UMKM dengan berbagai pelatihan yang telah diselenggarakan sebelum business matching dilaksanakan,” kata Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto.

3 dari 3 halaman

Acara puncak dari UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 ini akan diselenggarakan secara offline pada 14 hingga 18 Desember 2022 di Jakarta Convention Center (JCC). 

Dalam penyelenggaraannya, BRI bekerjasama dengan Indonesia Trade Promotion Center (ITPC), Atase Perdagangan (ATDAG) Kementerian Perdagangan, Kantor Dagangan dan Ekonomi Indonesia (KDEI) serta berkolaborasi dengan Overseas Network BRI dan Bank Representative BRI yang berada di luar negeri. 

 

Beri Komentar