Beli Kendaraan Pakai Pembiayaan Syariah Makin Tren

Reporter : Syahid Latif
Senin, 6 Februari 2017 12:15
Beli Kendaraan Pakai Pembiayaan Syariah Makin Tren
Ada dua hal yang membuat pembiayaan syariah kendaraan bermotor

Dream - Pola pembiayaan syariah mulai semakin banyak digunakan masyarakat. Bahkan mampu mencetak pertumbuhannya signifikan.

Tren ini tertangkap dari jumlah pengajuan pembelian kendaraan bermotor menggunakan sistem syariah di Uni Emirat Arab (UEA). Di Negeri Kosmopolitan Timur Tengah ini, jumlah pengajuan meroket 64,79 persen pada tahun 2016.

Data yang dihimpun dari portal pembanding aplikasi kredit motor, compareit4me.com, mengungkapkan 45,09 persen jumlah pengajuan menggunakan sistem syariah naik 45,09 persen.

Meski tumbuh signifikan, popularitas kredit kendaraan bermotor dengan sistem konvensional di UEA memang masih tinggi. Model ini biasanya dipilih mereka yang memiliki penghasilan di bawah 20 ribu dolar UEA per bulan. Khususnya nasabah jairngan bank HSBC.

" Meski pembiayaan non syariah masih menguasai kredit bermotor di tahun 2016, bank syariah mulai menunjukan geliat di segmen ini," kata CEOO Compareit4me.com, Samer Chehab, dikutip dari laman cpifinancial.net, Senin, 6 Februari 2017.

Selain HSBC, sejumlah bank di UEA juga mencatat peningkatan pengajuan pembiayaan syariah untuk kendaraan bermotor umumnya. Bahkan beberapa diantaranya masuk dalam empat besar.

Tingginya permintaan pembiayaan syariah kendaraan bermotor ini utamnya dipicu dua hal. Banyak bank yang menawarkan pembiayaan dengan tingka biaya yang menarik dengan tambahan asuransi syariah yang didiskon.

Faktor kedua adalah sisi penawaran yang lebih menarik.(Sah)

Beri Komentar