Biaya Pindah Ibu Kota Setara 3 Brand Termahal Perusahaan RI

Reporter : Syahid Latif
Selasa, 27 Agustus 2019 13:36
Biaya Pindah Ibu Kota Setara 3 Brand Termahal Perusahaan RI
Presiden Jokowi memperkirakan kebutuhan biaya pindah Ibu kota ke Kalimantan akan menghabiskan anggaran Rp499 triliun.

Dream - Ibu kota negara diusulkan pindah dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Presiden Joko Widodo mengusulkan Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara akan menjadi pusat pemerintahan yang baru.

Untuk membangun Ibu kota Indonesia yang baru pemerintah mengusulkan anggaran sebesar Rp499 triliun. Tak seluruh biaya pindah ibu kota itu akan ditanggung Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Alokasi APBN untuk ibu kota di Kalimantan hanya mencapai 19 persen dari total anggaran. Skema pembiayaan untuk pembangunan ibu kota baru yang menghabiskan ratusan triliun rupiah itu akan dipenuhi dari kerja sama penggelolaan aset pemerintah yang saat ini berada di Jakarta.

Dua skema lainnya adalah Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) serta investasi langsung swasta dan BUMN.

 

1 dari 1 halaman

Nilai 3 Brand Termahal RI yang Setara Biaya Pindah Ibukota

Anggaran pindah ibukota ke Kalimantan memang cukup besar. Bahkan dari penelusuran Dream, anggaran yang mencapai Rp499 triliun itu setara dengan nilai mereka dari 3 perusahaan termahal di Indonesia.

Untuk diketahui, anggaran pindah ibukota tersebut setara dengan US$34,99 miliar dengan kurs Rp14.258 per dollar AS.

Mengutip laporan terbaru Brand Top 50 Most Valuable Indonesia Brand 2019, anggaran pindah ibukota tersebut setara dengan total nilai merek dari gabungan satu perusahan swasta dan dua BUMN di puncak pemeringkat tersebut.

Ketiga perusahaan itu adalah PT Bank Central Asia Tbk yang memiliki valuasi brand mencapai US$13,050, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk US$10,988, miliar dan PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) yang mencapai US$7,322 miliar.

Total nilai valuasi merek tiga pemuncak Brand 50 itu mencapai US$31,360 miliar.

Total anggaran pindah ibukota ke Kalimantan itu akan sedikit sama jika ditambah valuasi nilai dari brand Dji Sam Soe yang mencapai US$3,123. Total valuasi dari US$34,488 miliar.

Beri Komentar
Representasi Feminisme Versi Barli Asmara