Perusahaan Ini Memberikan Teka-teki Tentang Lowongan Kerja Yang Dibuka Dan Memberikan Dua Gambar Sebagai Petunjuk. (Foto: Akun Twitter @econsavemy)
Dream – Agar mendapat perhatian calon pelamar, sebuah perusahaan akan membuat iklan lowongan kerja semenarik mungkin. Strategi itu diterpakan sebuah hypermarket Econsave asal Malaysia.
Dikutip dari World of Buzz, Jumat 5 Juli 2019, perusahaan ini tidak memajang iklan lowongan kerja secara gamblang. Mereka malah membuat teka-teki tentang lowongan kerja yang dibutuhkan.
Sebagai informasi awal, perusahaan hanya mengunggah dua gambar yaitu pengairan dan sepotong daging.
“ Teman-teman, ada lowongan baru. Tapi, kami tidak punya waktu untuk membuat poster. Semoga kamu bisa mencari tahu sendiri, oke. Kami mencari eksekutif….,” cuit Econsave di akun Twitternya @econsavemy.
Econsave juga memberikan warganet petunjuk. Ada serangkaian tugas yang harus dilakukan oleh posisi ini, yaitu:
Sudah ketemu jawabannya?
Lowongan kerja yang dimaksud oleh Econsave itu adalah logistik. Ya, perusahaan ini mencari kandidat sebagai seorang eksekutif di bidang logisitik.
Saking uniknya, lowongan kerja ini menjadi viral dan dicuit sebanyak 2.700 kali dan mendapatkan 1.610 likes.
Dream - Ketika membuka lowongan kerja, biasanya perusahaan memberikan persyaratan yang jelas. Tujuannya agar calon pelamar bisa memahami kriteria dan syarat lamaran dengan baik.
Tapi, iklan lowongan kerja yang diunggah sebuah hotel di Inggris ini dihujat warganet.
Dikutip dari Mirror, Rabu 12 Juni 2019, iklan itu diunggah oleh Radisson RED Glasglow. Perusahaan pengelola hotel ini membuka lowongan sebagai creative (food and drink assistants).
" Kami terhubung dengan pola pikir milenial yang awet muda dan percaya bahwa hotel bisa meningkatkan dunia mereka melalui seni, musik, mode, dan koneksi yang berbeda. Radisson RED mencari sesuatu yang berbeda. Kami tidak mencari 'staf', tetapi kreatif," tulis perusahaan.
Hotel ini memberikan sederet persyaratan yang unik kepada pelamar. Misalnya, senang bergerak dengan musik, bisa memasak, membuat kopi, menghibur tamu, bahkan berselfie.
Iklan ini bertambah aneh ketika perekrut meminta calon kandidat mengirimkan tautan akun Instagram atau foto selfi. Katanya, foto-foto itu memperlihatkan seberapa siap kandidat untuk bekerja di hotel.
Iklan ini menarik perhatian warganet. Seorang pengguna Twiter bernama Toby membagikan hasil tangkapan layar. Dia menyebut iklan ini berkaitan dengan " mental" .
" Jujur, tidak bisa berhenti membaca iklan pekerjaan mental ini. Itu adalah maha karya dystopian mutlak," cuit Toby di akun Twitternya, @tobymillard.
Cuitannya seketika menjadi viral. Menurut pantauan Dream, iklan ini telah dicuit ulang 2.951 kali dan mendapatkan 10.396 likes.
Warganet beramai-ramai mengomentar cuitan Toby. Mereka mengolok-olok iklan lowongan kerja tersebut.
" Saya tidak pernah begitu bahagia secara transedental karena sudah memiliki pekerjaan," cuit salah satu warganet.
" Mengapa ada telur dadar di dekat telepon?" cuit warganet yang lain.
Dream – Tantangan pertama saat melamar pekerjaan adalah membuat surat lamaran dan Curriculum Vitae (CV) yang memikat. Ini jadi penentu apakah kamu akan melanjut tahap selanjutnya atau bersiaplah membuat lamaran baru.
Dalam surat lamaran, Sahabat Dream tak jarang kita membuat cover letter. Isinya tentang perspektif diri tentang kelebihan diri untuk bisa bekerja di posisi yang diinginkan.
Perusahaan pencari kerja pasti akan mencari hal menarik dari gambaran diri kamu dalam surat itu. Tak melulu berisi prestasi, surat lamaran unik biasanya membuat HRD tertarik untuk memanggil kamu.
Inilah yang dibuktikan Sarah Levy saat membuat cover letter. Bukan tentang dirinya, Sarah menulis surat ini dari perspektif anjing peliharannya, Cooper.
Dikutip dari The Muse, Selasa 15 Mei 2018, ketika menulis, Sarah bertindak sebagai Cooper, anjing jenis Schnauzer dari New York. Di surat ini, `Cooper` menjelaskan alasan Sarah cocok menjadi brand content producer di perusahaan makanan anjing, The Farmer’s Dog selain wanita ini merupakan lulusan Literarty Arts di Brown Univeristy, Amerika Serikat.
“ Dia mencintai saya lebih dari apapun dan sering memberitahuku tentang ketertarikannya terhadap lowongan kerja ini. Tim kecil dan gairah terhadap kebahagiaan hewan peliharaan beserta makanannya? Terdengar seperti mimpi, bagaikan stok selai kacang dan apel seumur hidup,” tulis `Cooper` dalam bahasa Inggris.
`Cooper` juga bercerita tentang pengalaman Sarah di dunia karier, seperti pernah menulis untuk brand-brand lainnya, contohnya The Hufftington Post, TED Conferences, dan Girl Raising. Di tulisannya, Sarah juga menuliskan sapaan khas anjing, yaitu “ guk” dalam bahasa Inggris.
Caranya berhasil! Dia mendapatkan respons positif dari The Farmer’s Dog dan berhasil mendapatkan posisi sebagai brand content manager.
Lalu, bagaimana ceritanya dia bisa mencetuskan ide demikian? Kepada The Muse, Sarah mengaku mendapatkan ide itu ketika bingung mencari pekerjaan tetap. Ketika bertanya kepada orang tuanya, sang ayah menyarankan agar dia mencari pekerjaan sesuai dengan kesukaannya dan yang ingin dilakukan sepanjang waktu.
“ Karena menyukai anjing, saya menelusuri di Google tentang ‘kesehatan’, ‘makanan’, dan ‘anjing’. Google memberi tahu saya bahwa ketiga kata ini merujuk kepada The Farmer’s Dog,” kata Sarah.
Awalnya, Sarah ragu lamarannya akan ditolak. Ternyata, perusahaan mengajaknya bertemu, minum kopi, dan langsung menerimanya kerja.
Ketika ditanya apa yang terlintas di kepala ketika menulis cover letter dari sudut pandang anjing, Sarah mengaku dia bisa bebas menulis tentang dirinya. “ Ini adalah latihan menulis dari sudut pandang sahabat saya yang sangat mencintaiku. Saya juga mampu menunjukkan saya ingin mereka tahu tentang diriku,” kata dia.
(Sah)
Advertisement
Walkot Tegal Selesai Akad Tepuk Sakinah Sambil Berdiri, Jokowi Sampai Tahan Tawa
Asam Urat di Usia Muda? Ini 7 Penyebab dan Cara Mencegahnya
Komunitas Muda Mudi Surabaya, Peduli Lingkungan Lewat Langkah Kecil Berdampak Nyata
BPKH Setor Rp2,7 Triliun ke Arab Saudi untuk DP Haji 2026
10 Usulan Dewan Pers Soal Perubahan UU tentang Hak Cipta
5 Sumber Penghasilan Amanda Manopo yang Menikah di Hotel Mewah
Tampil Cantik di Dream Day Ramadan Fest Bersama Beauty Class VIVA Cosmetics
Inovasi Koper Akses Ganda untuk Pengalaman Traveling Lebih Praktis dan Stylish
Ruang Aman Baru untuk Perempuan: Salon Premium yang Hadirkan Privasi dan Pemberdayaan
Walkot Tegal Selesai Akad Tepuk Sakinah Sambil Berdiri, Jokowi Sampai Tahan Tawa