Kecil-kecil Cabe Rawit, Masih Bocah Punya Duit Rp149 Miliar

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 11 Desember 2017 19:14
Kecil-kecil Cabe Rawit, Masih Bocah Punya Duit Rp149 Miliar
Bocah ini populer gara-gara ulasannya tentang mainan menarik perhatian banyak orang.

Dream – Bocah 6 tahun bernama Ryan mampu menghasilkan uang mencapai US$11 juta, setara Rp149 miliar. Dia dinobatkan sebagai YouTuber terkaya 2017 versi majalah Forbes.

Dikutip dari Business Insider, Ryan adalah pembawa acara pada channel Youtube, Ryan ToysRevie. Saluran ini terkenal karena kerap mengunggah video tentang review mainan.

Ryan mulai menjadi seorang Youtuber sejak tahun 2015 saat berusia 4 tahun. Bocah yang gemar mengulas mainan ini sempat meminta orangtuanya untuk menampilkan ulasannya di YouTube.

Orangtuanya menuruti kemauan sang anak dan segera membuatkan saluran YouYube khusus untuk Ryan.

Video pertama Ryan yang diunggah adalah Giant Egg Surprise yang memuat 100 mainan dari seri “ Cars”, film kartun besutan rumah produksi Pixar. Video itu sudah ditonton sebanyak 800 juta kali.

Saluran Youtube ini banyak mengulas mainan baru dan produk makanan untuk anak-anak. Tentunya, di video itu ada keceriaan dan komentar Ryan yang dipandu oleh orangtuanya.

Kini Ryan tengah menikmati hasil jerih payahnya. Menjadi miliarder di usia masih sangat muda. 

 

1 dari 2 halaman

Kalau Ini Youtuber Terkaya 2017

Dream – Forbes menobatkan DanTDM sebagai Youtuber terkaya 2017. Sepanjang tahun ini, bekas karyawan retail internasional, Tesco ini telah mengumpulkan uang sebanyak 12,3 juta poundsterling, setara Rp224,5 miliar.

Dikutip dari BBC, pria bernama lengkap Dan Middleton ini membuat video pertamanya di YouTube saat bermain Minecraft dan Pokemon. Dan yang berasal dari Aldershot kini punya lebih dari 16 juta pelanggan dan 10 miliar tampilan dari semua video yang diunggah di akun Youtube resminya, DanTDM.

Menurut laporan The Sun, Dan lahir pada 8 November 1991 dan bekerja di Tesco sebelum membuat channel Youtube resminya, DanTDM. Dulunya, channel ini bernama The Diamond Minecraft.

Saluran Youtube resmi ini memiliki pemirsa kanak-kanak berusia 5-10 tahun. Sejak dibuat tahun 2012, Dan memiliki pengikut sebanyak 16,8 juta orang.

Ketika dinobatkan sebagai Youtuber terkaya, Dan mengaku terkejut. Lulusan Nottingham University tak mempersiapkan diri sebagai seorang Youtuber.

“ Ini merupakan sesuatu yang tidak saya persiapkan sama sekali,” kata dia.

2 dari 2 halaman

Cara Jadi Kaya Lewat Youtube

Dream – Kalau masih bermin sosial media hanya untuk berteman atau menonton berita yang lagi viral? Sahabat Dream ketinggalan. Sosial media saat ini sudah menjadi ladang untuk mencari tambahan uang.

Selain instagram, platform yang sedang digandrungi anak kekinian adalah Youtube. Dengan bermodal kreativitas, seseorang bisa saja mengantongi uang dari Youtube.

Jumlah penghasilannya pun tak main-main, seorang Youtuber yang sukses dan sudah tenar bisa meraup duit dengan potensi miliaran rupiah per tahun!

Tak percaya?

Dikutip dari Socialblade.com, seorang Youtuber kondang Indonesia, Raditya Dika, berpotensi mendapatkan penghasilan sebesar Rp660 juta-Rp10,5 miliar per tahun. Akun Youtube-nya punya 2,5 juta pelanggan.

Ada juga Ria Ricis—adik Okky Setiana Dewi—yang juga menjadi artis Youtube. Dia berpotensi mendapatkan penghasilan sebesar Rp990 juta-Rp16 miliar per tahun dari akun Youtube yang memiliki 1,17 juta pelanggan.

Tentu menggiurkan, bukan?

Terus, bagaimana jika ingin mendapatkan penghasilan dari Youtube, bahkan menjadi artis Youtube?

Dilansir dari CekAja.com, Selasa 17 Oktober 2017, ada dua hal yang harus diperhatikan sebelum ingin mendapatkan penghasilan dari Youtube.

Yang pertama adalah membuat konten Youtube yang menarik perhatian. Perlu kerja keras untuk menghasilkan konten yang menarik. Terlebih, jika tujuannya untuk menjadi perhatian pengguna internet hingga menonton video yang kita buat.

Ada lima cara yang bisa diikuti ketika membuat isi video uang menarik perhatian, yaitu memilih kategori yang favorit dan sesuai minat (misalnya traveling atau make up); menjaga orisinalitas dan kualitas; mengenali Search Engine Optimization (SEO) dan optimasi video dengan menggunakan judul video, deskripsi, tag, dan kata kunci yang banyak dicari orang; konsisten menunggah video, serta kreatif dan menciptakan ciri khas.

Hal kedua yang perlu diperhatikan jika ingin menghasilkan uang dari Youtube adalah memonetisasi video. Video ini bisa menghasilkan uang dari Google Adsense. Google Adsense ini merupakan program iklan yang dikembangkan oleh Google, program yang menjadi perantara penerbit iklan dengan pengiklan.

Seorang Youtuber bisa menjadi publisher melalui video kita dan mendapatkan bayaran. Jika ada pengunjung yang melihat iklan tanpa menutupnya, penerbit iklan akan mendapatkan komisi.

Selain dari Google Adsense, kita bisa mendapatkan uang dari endorsement. Tak sedikit produsen yang tertarik mempromosikan produk mereka dengan jasa Youtuber. Produsen biasanya mencari akun yang banyak pengunjung serta menyajikan konten berkualitas untuk mengiklankan produk mereka.

Yuk, gunakan sosmed kamu buat cari uang.

Beri Komentar