11 Cara Berhemat Buka Puasa Selama Ramadhan bagi Generasi Millennial

Reporter : Sugiono
Kamis, 9 Mei 2019 14:13
11 Cara Berhemat Buka Puasa Selama Ramadhan bagi Generasi Millennial
Inilah 11 cara berhemat buka puasa selama Ramadhan bagi generasi Millennial agar kantong tidak jebol. Cara berhemat buka puasa selama Ramadhan tidak harus dilakukan secara ketat.

Dream - Bulan puasa Ramadhan selalu ditunggu oleh kaum Muslimin. Tidak hanya yang ada di Indonesia, tetapi di seluruh dunia.

Saat berpuasa, kita harus mengendalikan segala jenis nafsu. Salah satunya nafsu untuk belanja makanan sahur dan buka puasa dalam jumlah besar.

Entah dari mana datangnya, budaya belanja makanan sahur dan buka puasa selalu jadi tren selama bulan puasa Ramadhan.

Kaum Muslimin seolah 'kalap' dengan aneka jenis makanan sahur dan buka puasa yang dijual oleh para penjaja di Bazaar Ramadhan atau Pasar Tumpah.

Maka tidak heran, setiap kali bulan Ramadhan datang, pengeluaran biasanya malah lebih tinggi dari bulan-bulan lainnya. Apalagi jika sudah mendekati Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri.

Karena itu banyak yang berusaha mencari cara berhemat buka puasa selama Ramadhan agar dompet tidak bocor.

Cara berhemat buka puasa selama Ramadhan tidak harus dilakukan secara ketat. Karena cara berhemat buka puasa yang seperti itu bisa membuat kesehatan terganggu.

Masalahnya, setiap Muslimin disarankan untuk menyajikan menu buka puasa yang memenuhi syarat-syarat kesehatan.

Jangan karena menerapkan cara berhemat buka puasa selama Ramadhan, menu yang disajikan setiap hari hanya nasi putih, telur rebus, dan mi instan.

Menu buka puasa yang seperti itu tentu tidak menyehatkan karena tidak mengandung nutrisi dan gizi yang diperlukan selama puasa Ramadhan.

Lalu bagaimana cara berhemat buka puasa selama Ramadhan ini?

Dirangkum dari berbagai sumber, ada 11 cara berhemat buka puasa selama Ramadhan yang bisa diterapkan generasi millennial agar kantong tidak jebol.

11 Cara Berhemat Buka Puasa Selama Ramadhan bagi Generasi Millennial, Agar Kantong Tidak Jebol

Meski dikenal sebagai bulan menahan lapar dan haus, buktinya masih banyak yang mengeluarkan uang untuk belanja makanan buka puasa pada bulan Ramadhan.

Apalagi jika di daerah sekitar rumahnya terdapat Bazaar Ramadhan atau Pasar Tumpah yang menyediakan aneka makanan buka puasa.

Tentunya, secara tidak disadari, hal itu akan membuat pengeluaran selama bulan Ramadhan makin membengkak.

Namun, Sahabat Dream tidak usah khawatir. Kali ini Dream akan menyajikan cara berhemat buka puasa selama Ramadhan agar kantong tidak jebol.

1. Cara Berhemat Buka Puasa dengan Masak Nasi Sendiri

Cara berhemat buka puasa selama bulan Ramadhan yang pertama adalah masak nasi sendiri. Jika tidak sempat masak lauk pauk, sempatkan untuk masak nasi sendiri. Sementara lauk pauk bisa beli di luar.

Masak nasi sendiri di rumah tidak hanya merupakan langkah berhemat, tetapi juga memberikan kepuasan tersendiri apabila hendak nambah.

2. Cara Berhemat Buka Puasa dengan Buat Minuman Sendiri

Cara berhemat buka puasa selanjutnya adalah dengan membuat minuman sendiri di rumah. Selama bulan Ramadhan, minuman merupakan godaan terbesar di Bazaar Ramadhan. Warna-warna minuman yang terang-benderang membuat kerongkongan yang kering ini menelan air liur.

Jika bisa, buatlah minuman sendiri untuk berbuka puasa. Pada dasarnya, minuman terasa nikmat selama Ramadhan, bahkan air putih sekalipun.

1 dari 6 halaman

3. Cara Berhemat Buka Puasa dengan Membuat Rencana dari Awal

Ketika memutuskan untuk masak resep menu sahur dan buka puasa sendiri, buatlah rencana masakan apa yang ingin dimasak. Pertama, dapatkan panduan resep di Internet atau media sosial. Setelah itu, yang paling penting, buatlah perencanaan keuangan atau 'anggaran' untuk bahan masakan yang diperlukan.

Ketika merencanakan menu masakan selama minggu, pastikan bahan yang dibeli dapat digunakan di beberapa resep, untuk menghindari pemborosan. Saat membeli bahan masakan, buat perbandingan harga di beberapa toko atau supermarket. Toko atau supermarket sering melakukan promosi selama bulan Ramadhan, dan kamu pasti dapat berhemat saat membandingkan harga.

4. Cara Berhemat Buka Puasa dengan Satu Hari, Satu Kue

Satu hari, satu kue merupakan cara berhemat buka puasa selama Ramadhan. Salah satu jenis makanan yang kerap dibuang-buang karena tak sempat dimakan adalah kue atau jajanan pasar. Dan orang-orang biasanya memborong aneka kue atau jajanan pasar dalam jumlah besar.

Tentu saja ini adalah bentuk pembaziran atau pemborosan. Lebih baik membeli satu jenis kue untuk satu hari selama Ramadhan supaya bisa tetap berhemat.

2 dari 6 halaman

5. Cara Berhemat Buka Puasa dengan Titip Beli Makanan ke Tetangga

Dengan cara berhemat buka puasa ini, kamu bisa mengatur budget sehingga tidak tergoda untuk membeli makanan buka puasa yang lain.

6. Cara Berhemat Buka Puasa dengan Datang ke Masjid

Cara berhemat buka puasa dengan datang ke masjid mungkin jadi tips pamungkas jika kantong tiris alias bokek. Selain merupakan jurus andalan berhemat — mendapatkan makanan secara gratis, berbuka puasa di masjid akan memudahkan kamu untuk melakukan kewajiban sholat, baik wajib dan sunah, tanpa perlu ketinggalan.

3 dari 6 halaman

7. Cara Berhemat Buka Puasa dengan Memilih Yang Paling Ekonomis dan Terjangkau

Jika ingin buka puasa di luar, pilih tempat yang paling ekonomis dan terjangkau. Lakukan perbandingan antara satu tempat makan dengan yang lainnya.

Saat ini, ada banyak tempat makan yang menawarkan buka puasa dengan paket atau kombo. Harganya lebih murah daripada paket biasa. Saat memilih paket, pastikan bahwa harga yang ditawarkan masuk akal dan sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Kamu juga perlu mempertimbangkan penawaran berdasarkan jumlah makanan dan jumlah orang yang akan berbuka puasa.

4 dari 6 halaman

8. Cara Berhemat Buka Puasa dengan Membeli Secara Patungan

Cara berhemat buka puasa berikutnya adalah dengan membeli makanan secara patungan. Makanan buka puasa di Bazaar Ramadhan sekarang tidak lagi murah.

Harga makanan sahur atau buka puasa seperti martabak, ayam goreng dan nasi goreng meningkat setiap tahun. Salah satu cara memaksimalkan belanja di Bazaar Ramadhan adalah berbuka puasa bersama saudara atau teman.

Cara ini jauh lebih ekonomis daripada buka puasa sendirian karena hidangan Bazaar Ramadhan biasanya dijual dalam porsi besar dan dapat dibagi-bagi. Selain, jika ingin buka puasa di luar, terdapat banyak restoran yang menawarkan diskon untuk pelanggan yang datang berkelompok.

5 dari 6 halaman

9. Cara Berhemat Buka Puasa dengan Belanja Hemat di Bazar Ramadhan

Bazaar Ramadhan punya peranan penting di bulan puasa, terutama bagi mereka yang bekerja dan tidak punya waktu untuk memasak. Karena itu, pastikan kamu belanja hemat setiap kali mengunjungi Bazaar Ramadhan.

Idealnya, buat rencana tentang makanan yang ingin dibeli pada hari itu, termasuk juga jumlahnya. Kamu juga perlu mengatur jumlah maksimum uang yang dapat dibelanjakan di Bazaar Ramadhan.

Perhatikan juga dengan harga makanan yang ditawarkan. Karena ada penjual yang akan menjual paket kombo dengan harga lebih 'murah'. Misalnya, harga Rp20 ribu untuk 3 pak nasi yang harganya Rp7 ribu per pak. Tapi tanyakan dalam hati: Apakah kamu sedang membutuhkan makanan sahur atau buka puasa sebanyak itu?

6 dari 6 halaman

10. Cara Berhemat Buka Puasa dengan Menghindari Bazar Ramadhan yang Jauh

Mungkin kamu pernah mendengar sebuah menu buka puasa yang lagi viral. Sayangnya, Bazaar Ramadhan yang ada menu viral itu berada jauh dari rumah.

Tetapi, kamu sangat penasaran dan pergi ke Bazaar Ramadhan itu untuk merasakan menu buka puasa yang sensasional itu.

Tentu saja, mengunjungi Bazaar Ramadhan yang letaknya jauh hanya demi sebuah menu buka puasa yang viral akan meningkatkan biaya transportasi. Ini sebenarnya termasuk pemborosan.

Karena itu, hindar pergi ke Bazaar Ramadhan yang letaknya jauh. Jika memang sangat penasaran, sebaiknya tidak pergi sendiri. Kamu bisa 'carpool' dengan teman atau anggota keluarga untuk berbagi biaya transportasi.

Nah, begitulah cara berhemat buka puasa selama Ramadhan bagi generasi Millennial yang dijamin tidak akan bikin kantong jebol. Semoga bermanfaat.

(Dirangkum dari berbagai sumber)

Beri Komentar
Bukan Pertama Kali, Ini Deretan Kebrutalan Anjing Milik Bima Aryo