Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Cara Unik Pengelola Bandara Tangkal `Serangan` Burung

Cara Unik Pengelola Bandara Tangkal `Serangan` Burung Ilustrasi

Dream - Ketika burung dan pesawat bertabrakan, hasilnya bisa mematikan. Itu sebabnya Bandar Udara (Bandara) di seluruh dunia bekerja keras menghalau kawasan burung, jika perlu menembak atau meracuninya.

Di tengah kebingungan mengusir kawasan burung ini, Bandara di Ohio, Amerika Serikat (AS) kini tengah bereksperimen untuk menghalau burung dengan cara lebih 'sopan'.

Mengutip laporan Gulf News yang dikutip, Sabtu, 15 Agustus 2014, Bandara Ohio mencoba menanam rumput ilalang di areal Bandara. Kabarnya, burung besar seperti angsa - yang menyebabkan kerusakan paling parah bagi pesawat - diyakini akan menghindari rumput panjang karena takut predator kemungkinan bersembunyi di dalamnya.

Dengan asumsi itu, pejabat di Bandara Internasional Dayton mengubah lahan seluas hampir 122 hektar di sekitar Bandara menjadi padang rumput ilalang. Ilalang juga ditanam di samping landasan take-off dan landing.

Pemerintah AS mencatat ada lebih dari 10 ribu kasus tabrakan burung dengan pesawat dalam satu tahun. Meskipun sebagian besar tidak menyebabkan kerusakan parah pada pesawat, tetapi yang paling sering adalah kerusakan pada mesin. Otoritas penerbangan AS FAA memperkirakan bahwa kerusakan tersebut menyebabkan kerugian US$ 950 juta per tahun bagi industri penerbangan.

Namun, ada juga yang menyebabkan bencana. Pendaratan paksa US Airways Flight 1549 di Sungai Hudson pada tahun 2009 terjadi setelah angsa Kanada tertelan di kedua mesin. Kecelakaan itu menyebabkan pesawat kehilangan daya. Tidak ada yang tewas saat pesawat meluncur ke sungai.

Sayangnya, para penumpang Eastern Air Lines Penerbangan 375 pada tahun 1960 tidak begitu beruntung. Pesawat menghantam kawanan burung jalak Eropa selama take-off. Keempat mesin rusak dan pesawat jatuh di pelabuhan Boston. Kecelakaan ini menelan korban 62 orang tewas.

Menurut FAA, secara global, kecelakaan yang diakibatkan binatang liar telah menewaskan lebih dari 250 orang dan menghancurkan lebih dari 229 pesawat sejak tahun 1988. Dalam 23 tahun terakhir, ada 25 korban jiwa dan 279 luka-luka terkait dengan serangan satwa liar di AS.

Kurang lebih dari separuh serangan burung terjadi dari bulan Juli sampai Oktober. Ketika burung muda meninggalkan sarang dan bermigrasi pada musim semi.

Antara 2001 dan 2013, ada 218 serangan burung liar di Dayton. Mayoritas melibatkan merpati, pipit dan burung kecil lainnya yang tidak menyebabkan kerusakan parah. Bandara sering membeli sebidang tanah luas yang berdekatan dengan landasan untuk menciptakan zona penyangga dan membatasi jumlah penduduk lokal yang terkena dampak mesin jet.

Namun, kini Bandara baru cenderung dibangun di sebelah sebidang lahan kosong. Bidang kosong tersebut sering menjadi tempat burung beristirahat saat bermigrasi.

Rumput tinggi dan tebal memiliki manfaat lain yakni mencegah limpasan air, menyerap karbon dioksida dari udara dan hanya perlu dipotong sekali setiap tiga tahun.

Pecinta burung juga gembira tentang penggunaan metode yang tidak mematikan dalam menghalau burung dari Bandara.

Namun, Bandara Dayton harus membuktikan bahwa rumput tinggi adalah pendekatan yang terbaik. Taktik ini bisa menjadi bumerang. Di masa lalu, rumput menyebabkan populasi hewan pengerat meningkat. Tes awal Dayton ini akan berjalan selama tiga tahun.

Mencegah serangan burung sering membutuhkan beberapa pendekatan. Beberapa di antaranya memilih vegetasi yang tidak tidak menghasilkan buah atau biji. Limbah dari restoran Bandara harus diamankan dengan baik untuk menghindari adanya genangan air.

Beberapa Bandara kadang menggunakan umpan beracun atau senapan. Yang lebih ekstrem menghancurkan sarang burung. Kegiatan tersebut dapat dipastikan mendapat protes dari pecinta binatang dan pengamat burung.

Bandara Dayton telah memiliki kebijakan setidaknya 14 tahun terakhir untuk tidak membunuh burung. Mereka mencoba untuk menakut-nakuti burung agar pergi dengan suara keras.

Mungkin dengan rumput baru ini pembunuhan burung secara besar-besaran tidak akan diperlukan lagi. Industri penerbangan telah mencari solusi untuk waktu yang lama soal serangan burung ini.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Pengelola Bandara Ungkap Kursi Pesawat Terbaik Sesuai Kebutuhan Penumpang

Pengelola Bandara Ungkap Kursi Pesawat Terbaik Sesuai Kebutuhan Penumpang

Tips memilih kursi pesawat agar penerbangan nyaman

Baca Selengkapnya
Siap-Siap, Menteri Basuki Bakal Bangun Tol Dalam Kota Bandung

Siap-Siap, Menteri Basuki Bakal Bangun Tol Dalam Kota Bandung

Proyek ini digagas untuk mengatasi kemacetan di Kota Kembang tersebut.

Baca Selengkapnya
Sering Mabuk Perjalanan? Lakukan 5 Hal Ini untuk Cegah Mual

Sering Mabuk Perjalanan? Lakukan 5 Hal Ini untuk Cegah Mual

Lakukan beberapa hal sederhana saat traveling atau berada di dalam mobil maupun pesawat untuk mengatasi mabuk perjalanan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! Emang Gak Capek Kerja Mulu?

NOTED KAK! Emang Gak Capek Kerja Mulu?

Sahabat Dream, Pernah gak merasa capek bange tapi apa daya harus kerja demi uang. Sama nggak perasaannya seperti dua Dreamitie ini?

Baca Selengkapnya