Cara Mengganti Kartu Debit BCA Lama ke Teknologi Chip dan Manfaatnya

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 21 Oktober 2021 06:12
Cara Mengganti Kartu Debit BCA Lama ke Teknologi Chip dan Manfaatnya
Mulai Desember, kartu debit non chip tidak lagi berlaku.

Dream – Nasabah PT Bank Central Asia Tbk diimbau untuk segera mengganti kartu debit lama ke kartu yang sudah menggunakan teknologi chip. Terhitung mulai 1 Desember 2021, kartu debit non chip tidak akan lagi bisa dipergunakan untuk bertransaksi.

Mengutip laman BCA, kartu debit non chip ini yang dikeluarkan bank swasta beraset terbesar di Indonesia ini meliputi kartu ATM BCA dan Paspor BCA. Kedua jenis kartu itu masih menggunakan teknologi magnetic chip.

Nasabah yang ingin mengganti kartu debit lama bisa menggunakan tiga layanan yang sudah disiapkan BCA. Nasabah bisa langsung datang ke kantor cabang BCA terdekat untuk mendapat layanan penggantian ke kartu debit non chip ke kartu debit chip.

Layanan kedua yang disiapkan BCA adalah melalui customer service (CS) digital BCA. CS Digital adalah layanan bagi setiap nasabah yang ingin bertransaksi perbankan di satu mesin digital secara self service di kantor cabang.

Ketiga, menghubungi Halo BCA 1500888. Untuk informasi lebih lanjut tentang syarat dan ketentuan penggantian kartu debit non chip ke kartu debit chip, kamu bisa menelepon Halo BCA.

1 dari 5 halaman

Manfaat Ganti ke Kartu Berteknologi Chip

Selain memenuhi ketentuan Bank Indonesia (BI), BCA memaparkan ada tiga keunggulan yang akan diperoleh nasabah yang beralih menggunakan kartu debit berteknologi chip.

Pertama, kartu debit chip menawarkan banyak keunggulannya. Selain bisa melakukan transaksi di ATM dan EDC, nasabah juga bisa bertransaksi debit online dengan mengaktifkan fiturnya melalui BCA Mobile.

Kartu debit chip BCA juga sudah melayani layanan pembayaran belanja online, langganan streaming music/film, hingga membeli voucher game.

Alasan kedua adalah mendukung kebijakan Bank Indonesia. Sejak 2015, Bank Indonesia sudah mencanangkan implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan penggunaan 6 Digit PIN untuk kartu ATM /Kartu Debit yang diterbitkan di Indonesia.

Keunggulan terakhir yang akan dirasakan nasabah adalah mengurangi risiko kejahatan kartu. Kartu debit lama yang masih menggunakan teknologi magnetic strip secara teknologi lebih mudah disalin. Risiko pencurian data melalui magnetic strip di kartu atau skimming lebih besar dibandingkan dengan kartu debit chip.

Sekadar catatan, penggantian atau penukaran kartu debit non chip ke debit chip BCA ini tidak dikenakan biaya alias gratis.

2 dari 5 halaman

Tangkap Tren Belanja Online, BCA Bikin Kartu Kredit Khusus Bareng Blibli & Mastercard

Dream - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berusaha memanfaatkan tren belanja online yang berkembang selama masa pandemi Covid-19 untuk mendapatkan nasabah baru. Strategi ini dilakukan dengan menggaet platform e-Commerce yang selama ini menjadi tempat netizen bertransaksi.    

Direktur BCA, Santoso, mengatakan perilaku konsumen dalam berbelanja berubah selama pandemi Covid-19. Konsumen yang dahulu berbelanja di toko fisik kini semakin terbiasa membeli atau menjual barang lewat platform online.

" Ini yang memotivasi bank untuk memenuhi konsumen," kata Santoso dalam peluncuran kartu kredit khusus hasil kerja sama BCA, Blibli, dan Mastercard, Senin, 11 Oktober 2021.

Menurut Santoso, Blibli dinilai memiliki rekam jejak yang bagus dalam melayani konsumen. Apalagi, saat ini, Blibli memiliki store untuk kebutuhan sehari-hari, yaitu Blibli Mart.

BCA-Blibli meluncurkan kartu kredit khusus.© Tangkap layar konferensi pers virtual.

CEO and Cofounder Blibli, Kusumo Martanto, mengatakan kerja sama dua pihak ini diharapkan bisa memberikan nilai tambah dalam belanja online. Untuk memikat masyarakat, kartu kredit khusus ini ini menawarkan beragam promo, seperti welcome bonus hingga Rp650 ribu dan cashback hingga 50 persen untuk 5 ribu orang pertama yang melakukan transaksi pada hari peluncuran.

Bentuk promo lain yang bisa didapatkan nasabah adalah caschback sebesar 10 persen untuk setiap transaksi dan ekstra saldo Blipay.

" Intinya, kami mau belanja itu nyaman, terpercaya. dan dapat ekstra lebih," kata dia.

3 dari 5 halaman

Bikin Expo KPR Bertabur Promo, BCA Incar Generasi Milenial dan Pasutri Muda

Dream – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali menggelar tebar promo cicilan rumah di acara KPR BCA Online Expo. Di perhelatan ini, bank swasta terbesar itu menawarkan pilihan-pilihan suku bunga spesial KPR yang ringan dan fleksibel.

“ Sektor properti termasuk perumahan menjadi salah satu prioritas di masa pemulihan ekonomi karena memiliki multiplier effect bagi sektor lainnya,” kata Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja, dalam konferensi pers “ KPR BCA ONLINEXPO” secara virtual, ditulis pada Kamis 9 September 2021.

 

© Dream

 

BCA menawarkan pilihan suku bunga KPR yang ringan. Salah satunya adalah tingkat suku bunga 4,5 persen yang berlaku tetap (fixed) selama 3 tahun. Suku bunga ini berlaku bagi rumah baru dan seken.

Sekadar informasi, BCA mencatatkan penjualan KPR baru senilai Rp20,5 triliun pada 2021. Angka ini lebih rendah dari tahun 2019 yang mencapai Rp26 triliun.

4 dari 5 halaman

Bidik Kawula Muda

Jahja membidik generasi milenial untuk pameran rumah kali ini. Sasaran terutama untuk ditujukan buat pasangan yang telah menikah. “ Normalnya, married couple ada kebutuhan rumah,” kata dia.

Wakil Direktur Utama BCA, Suwignyo Budiman, optimistis program ini akan meningkatkan minat pembeli untuk membeli rumah. Apalagi ada program PPN Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) untuk rumah diperpanjang hingga Desember 2021.

Dilansir dari laman Kementerian Keuangan, fasilitas ini diberikan untuk rumah tapak dan unit hunian rumah susun baru. Insentif diskon pajak PPN DTP sebesar 100 persen untuk rumah atau unit dengan harga jual maksimal Rp2 miliar dan 50 persen untuk yang di atas Rp2 miliar-Rp5 miliar.

“ Momentum penyelenggaraan KPR BCA ONLINEXPO kali ini merupakan kesempatan emas bagi masyarakat yang sedang mencari properti, khususnya generasi millennial yang saat ini ingin berburu hunian impian,” kata Suwignyo.

5 dari 5 halaman

Harga Rumah Mulai Rp170 Juta

Sekadar informasi, KPR BCA ONLINEXPO merupakan yang kedua kalinya pada 2021. Bank ini menggandeng lebih dari 300 project perumahan dan apartemen, 170 kantor properti, serta beberapa ritel furniture. Acara itu berlangsung pada 9 September-10 Oktober 2021.

EVP Consumer Loan BCA, Felicia M. Simon, mengatakan pameran rumah ini menawarkan harga hunian mulai Rp170 juta sampai Rp19 miliar per unit.

“ Apartemen (mulai) Rp200 juta sampai tertinggi,” kata Felicia.

Tidak hanya rumah, BCA juga menawarkan produk-produk dari BCA Insurance. BCA Life, BCA Syariah, serta investasi dari WELMA. Masyarakat bisa mengajukan aplikasi KPR melalui situs website bca.id/kprexpo atau Rumahsaya.bca.co.id.

Beri Komentar