Diumumkan Sekarang, Ini Daftar Prediksi Menteri Ekonomi

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 23 Oktober 2019 06:14
Diumumkan Sekarang, Ini Daftar Prediksi Menteri Ekonomi
Selain Sri Mulyani dan Basuki Hadimuljono, siapa lagi?

Dream Jokowi berencana mengumumkan para menterinya, Rabu 23 Oktober 2019. Para pembantu presiden bernama lengkap Joko Widodo ini berasal dari kalangan politisi, pengusaha, dan pebisnis.

Mereka terpilih dari puluhan orang yang diseleksi dalam “ walk in interviewposisi menteri, yang dilakukan di Istana Negara selama dua hari, 21 hingga 22 Oktober 2019.

Sebenarnya, posisi menteri sudah disampaikan oleh para kandidat terpilih usai mengikuti “ audisi menteri”. Ada yang menyebutkan posisinya nanti di kabinet Jokowi secara gamblang, seperti Sri Mulyani yang terang-terangan ditunjuk sebagai menteri keuangan. Tapi, ada juga yang memberikan pesan tersirat seperti yang dikatakan oleh Syahrul Yasin Limpo.

Kali ini, Dream akan memprediksi susunan menteri yang berada di bidang ekonomi. Siapa saja orangnya? Berikut ini adalah rinciannya:

1 dari 6 halaman

Menko Perekonomian dan Menteri Keuangan

1. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian

Airlangga Hartarto diprediksi akan menjabat sebagai menteri koordinator bidang perekonomian. Hal ini melihat dari ucapan Airlangga yang sempat menyinggung pembicaraannya dengan Jokowi.

Dia mengaku membahas ekspor-impor, defisit neraca perdagangan, dan pengembangan kawasan ekonomi khusus yang diisi industri unggulan.

" Presiden meminta dicarikan produk yang bisa menyelesaikan persoalan neraca perdagangan atau defisit perdagangan," kata dia.

Airlangga dinilai cocok mengingat rekam jejaknya di bidang perekonomian. Selain menteri perindustrian, dia juga pernah menjabat sebagai Ketua Asosiasi Emiten Indonesia periode 2011—2014 dan ketua umum Persatuan Insinyur Indonesia periode 2006—2009.

Airlangga juga terpilih sebagai ketua Komisi VII DPR periode 2006—2009. Komisi ini membidangi energy, lingkungan hidup dan ristek. Dia juga tercatat sebagasi wakil bendaraha DPP Partai Golkar periode 2009—2015. Lalu, Airlangga juga terpilih kedua kalinya sebagai anggota DPR pada periode 2009—2014 sebagai ketua umum Komisi VI.

2. Menteri Keuangan

Menteri Keuangan dipastikan akan dijabat oleh Sri Mulyani Indrawati. Hal ini diungkapkan sendiri oleh Sri Mulyani kepada awak media. 

Saat bertemu, pembahasannya dengan Jokowi menyangkut isu penciptaan lapangan kerja, mendorong perekonomian dan meningkatkan kualitas penciptaan kesempatan kerja serta UKM. Jokowi memberikan kepercayaan kepada Sri Mulyani untuk menjalankan tugas sebagai menteri keuangan, terutama di bagian fiskal.

" Menggunakan seluruh kebijakan fiskal di dalam membantu para menteri-menteri terkait dalam mewujudkan ketahanan ekonomi," kata dia.

2 dari 6 halaman

Menteri PUPR dan Menteri Perhubungan

3. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Basuki Hadimuljono juga dipercaya Jokowi untuk melanjutkan tugasnya sebagai menteri pekerjaan umum dan perumahan rakyat. Di kabinet sekarang, Basuki akan meneruskan pembangunan infrastruktur.

“ Saya tadi dipanggil Bapak Presiden cuma diajak ngobrol pertama beliau menyampaikan untuk bisa melanjutkan pembangunan infrastruktur seperti yang disampaikan dalam visinya," kata dia.

4. Menteri Perhubungan

Selain Budi Karya Sumadi dan Sri Mulyani, menteri Kabinet Kerja yang bertahan adalah Budi Karya Sumadi. Kini, dia akan mengemban tugasnya lagi sebagai menteri perhubungan.

Budi Karya mengatakan Jokowi memintanya untuk memperkuat logistik dan konektivitas. Dikatakan bahwa keterhubungan ini bisa memacu sektor pariwisata yang ingin dimajukan oleh pemerintah.

“ Diharapkan ada kerja sama antara sektor pariwisata dan perhubungan. (Dua sektor ini) didekatkan dan menjadi sebuah program sehingga ter-deliver programnya.

3 dari 6 halaman

Menteri LHK dan Menteri BUMN

5. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Siti Nurbaya Bakar juga diamanatkan untuk mengemban tugasnya kembali sebagai menteri lingkungan hidup dan kehutanan. Jokowi meminta Siti Nurbaya untuk mengembangkan sektor kehutanan dan lingkungan hidup, misalnya hutan rakyat.

" Di dalam kaitan ini ada beberapa sektor tertentu menjadi sangat penting dan khususnya pengembangan lingkungan hidup atau KLHK, paling besar lapangan kerja perkebunan atau hutan rakyat dan hutan sosial," kata dia.

6. Menteri BUMN

Mantan presiden klub sepak bola Internazionale Milan ini yang menyatakan paling jelas ditawari posisi salah satu menteri di bidang perekonomian. Sayangnya, dia enggan menyatakan dengan jelas posisinya.

 

 

" Saya rasa lebih banyak di ekonomi," ujar Erick yang tak menjelaskan detail posisi menteri yang dimaksud.

Namun, santer terdengar dia akan menjadi menteri BUMN.

4 dari 6 halaman

Menteri Pertanian dan Menteri Kelautan dan Perikanan

7. Menteri Pertanian

Sosok yang digadang-gadang sebagai menteri pertanian adalah Edhie Prabowo. Edhie ini mengenyam pendidikan bidang perekonomian di salah satu universitas swasta. Dia juga punya beberapa bisnis yang dijalankannya dan menjadi anggota parlemen.

Sayangnya, dia enggan menjelaskan pembicaraannya dengan Jokowi.

8. Menteri Kelautan dan Perikanan

Beberapa kabar beredar, Syahrul bakal menduduki kursi Menteri Kelautan dan Perikanan. Di karier politiknya, dia merupakan gubernur Sulawesi Selatan yang pertama kali dipilih secara langsung.

Sebelumnya, Syahrul pernah menjabat sebagai bupati di Gowa selama dua periode. Lulusan Universitas Hasanuddin ini terkenal dengan tagline “ Sayang” (Syahrul Yasin Limpo – Agus Arifin Nu’mang) ini, mulai merealisasikan ide-idenya, antara lain pendidikan gratis dan kesehatan gratis.

  

Syahrul mengungkapkan bahwa hal dasar dalam mensejahterakan rakyat dan membuat suatu bangsa maju terletak dari tingkat pendidikan dan kesehatan.

Dia berusaha mewujudkan ide ini, dan sekarang ini dapat dilihat. Pendidikan gratis telah direalisasikan di Gowa dan daerah lainnya sampai tingkat SMA.

5 dari 6 halaman

Menteri Bappenas dan Menteri Ketenagakerjaan

9. Menteri Badan Perencanaan Pembangunan Nasional

Suharso Monarfa memberikan sinyal kuat akan mendapatkan menteri Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) di kabinet Jokowi jilid II. Dalam pertemuan, keduanya membahas ekonomi.

Malah, Suharso mendapatkan PR untuk membuat presentasi roadmap middle income trap. “ Kemudian, (roadmap) dijelaskan di hadapan para menteri,” kata dia.

10. Menteri Ketenagakerjaan

Ida Fauziyah, politisi dari PKB kemungkinan bakal ikut menghuni jajaran menteri baru Jokowi jilid II. Meski tak mengungkapkan posisi yang akan diampunya, Ida mengatakan banyak membahas soal ketenagakerjaan saat dipanggil presiden.

" Saya diminta oleh Pak Jokowi untuk membantu beliau," ujar Ida di Istana Negara, Selasa 22 Oktober 2019.

Ida yang masih merahasiakan posisi yang diamanahkan Jokowi mengatakan masih diminta menunggu pengumuman langsung dari Jokowi. Namun, diperkirakan dia akan mengemban jabatan menteri ketenagakerjaan.

6 dari 6 halaman

Menteri Ekonomi Digital dan Kepala Bekraf

11. Menteri Ekonomi Digital

Nadiem Makariem merupakan sosok mengejutkan yang datang di hari pertama. Namanya memang sudah cukup lama muncul sebagai salah satu calon menteri Jokowi.

Sama seperti para calon menteri lain, Nadiem juga tak menjelaskan spesifik posisi menteri yang akan diembannya. Secara tersirat, Nadiem menyebut beberapa hal yang dibahas itu sudah disebutkan dalam pidato pelantikan Jokowi kemarin di Gedung DPR/MPR.

" Terutama di bidang semua arahan Presiden. SDM, reformasi birokrasi dan peningkatan investasi," ujar Nadiem.

12. Menteri Pariwisata atau Kepala Badan Ekonomi Kreatif

Posisi ini diperkirakan akan diduduki oleh Wishnutama Kusubandio. Dalam wawancara bersama Jokowi, eks dirut Net TV ini memang tak menyebutkan gamblang jabatan menteri yang diamanatkan kepadanya. 

Akan tetapi, dia membocorkan kata kunci, yaitu berkaitan dengan kemampuannya selama ini.

" Tentu akan diumumkan nanti oleh Bapak Presiden langsung, kira-kira di bidang kemampuan saya," kata dia.

Beri Komentar
Detik-detik Bom Bunuh Diri Meledak di Polrestabes Medan