Waduh! Facebook Rekam Riwayat SMS dan Telepon Pengguna?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 26 Maret 2018 12:42
Waduh! Facebook Rekam Riwayat SMS dan Telepon Pengguna?
Ini diungkapkan oleh beberapa pengguna Facebook.

Dream - Tak hanya alamat e-mail dan  nomor telepon, Facebook juga menyimpan catatan panggilan dan data pesan dari pengguna Android selama bertahun-tahun. Tudingan ini diungkapkan oleh sejumlah netizen pengguna Twitter.

Dilansir dari The Verge, Senin 26 Maret 2018, seorang pengguna Twitter bernama Mat Johnson, menuding Facebook memiliki sebuah file berisi rekaman panggilan telepon dan pesan.

" Oh, wow, berkas Zip Facebook-ku yang terhapus, berisi catatan telepon dan SMS yang saya lakukan selama setahun," cuit Johnson.

Pengguna lainnya, Dylan McKay, mengatakan ada juga catatan panggilan dia dengan ibu kekasihnya. Yang lainnya juga menemukan catatan panggilan pengguna Facebook dengan orang-orang terdekatnya.

Ars Technica melaporkan Facebook telah meminta izin kepada pengguna untuk mengakses kontak, data SMS, dan riwayat panggilan di piranti Android. Tujuannya untuk meningkatkan algoritman permintaan pertemanan.

Facebook menawarkan pengguna agar berkirim pesan dan telepon menggunakan Facebook Messenger.

Namun, masih menurut laman Theverge, tak jelas kapan pemberitahuan terkait pengumpulan data historis itu mulai disebar dan sampai kapan diberlakukan.

Sementara manajemen Facebook menilai penggunaan data historis percakapan dan SMS itu normal.

“ Bagian terpenting dari aplikasi dan layanan yang membantu Anda membuat koneksi adalah membuatnya mudah untuk menemukan orang-orang yang ingin Anda hubungkan,” kata juru bicara Facebook, sebagai tanggapan atas pertanyaan dari Ars Technica .

Facebook bahkan menyebut praktik ini banyak digunakan aplikasi sosial dan perpesanan.

Praktik pengumpulan data percakapan dan SMS belum ditemukan pada perangkat berbasis Apple. Meski aplikasi berbasis iOS mengizinkan aplikasi khusus mengakses data, namun itu dilakukan sangat ketat.

Apple ingin menghindari pemiliknya mendapat panggilan atau SMS spam. Sebagian besar aplikasi berbasis iOS data bisa melihat data histori percakapan atau pesan SMS. Dan aplikasi iOS Facebook jug tak bisa mencatat data lewat iPhone.

(Sah)

 

Beri Komentar