BJ Habibie Galang Dana untuk Produksi Pesawat R80

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 26 September 2017 10:43
BJ Habibie Galang Dana untuk Produksi Pesawat R80
Dana yang dibutuhkan ini tak hanya bertumpu pada penggalangan dana publik, tetapi juga investasi bank dan pendanaan dari pemerintah.

Dream – PT Regio Aviasi Industri (RAI) menggalang dana untuk membuat purwarupa pesawat R80. Perusahaan ini menghimpun dana dari situs crowdfund, kitabisa.com, untuk mendanai pesawat yang dirancang oleh Presiden ke-3 Indonesia, BJ Habibie.

Dilansir dari situs kitabisa.com, Selasa 26 September 2017, pesawat R80 ini disponsori oleh RAI dan digarap oleh PT Dirgantara Indonesia. RAI ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perancangan, pengembangan, dan manufaktur pesawat terbang. Pendirinya tak lain Habibie bersama putra sulungnya, Ilham Akbar Habibie.

Di laman ini, RAI menawarkan donasi mulai dari Rp100 ribu untuk pesawat yang telah masuk ke Program Strategis Nasional sejak Juni 2017. Perusahaan ini menggalang dana dari publik karena biaya pembuatan prototype pesawat ini lebih dari Rp200 miliar, sementara keseluruhan biaya pengembangan usaha mencapai Rp20 triliun.

Dana yang dibutuhkan ini tak hanya bertumpu pada penggalangan dana publik, tetapi juga investasi bank dan pendanaan dari pemerintah.

“ Crowdfunding nilai utamanya bukan di jumlah donasi, tetapi juga bukti dukungan atas kebangkitan teknologi Indonesia,” tulis RAI.

RAI memberikan reward untuk donasi yang diberikan. Misalnya, dukungan minimal Rp100 ribu, foto donator akan ditampilkan di badan pesawat R80, untuk nilai Rp200 ribu, foto donatur akan ditampilkan di tubuh pesawat dan dia akan mendapatkan kaos ekslusif, sedangkan yang Rp300 ribu akan mendapatkan hoodie dan fotonya akan dipajang di tubuh pesawat.

Saat ini, jumlah donasi yang terkumpul sebanyak Rp388,88 juta. Penggalangan dana ini akan berakhir 66 hari lagi.

Tertarik untuk memberikan dukungan? Sahabat Dream bisa memberikan dukungannya di sini. (ISM) 

Beri Komentar
Reaksi Mainaka yang Bikin Nia Ramadhani Menangis