Hadapi Lebaran, BCA Siapkan Uang Tunai Rp53 Triliun

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Minggu, 9 Mei 2021 11:01
Hadapi Lebaran, BCA Siapkan Uang Tunai Rp53 Triliun
Bank ini juga menyiapkan infrastruktur perbankan untuk melayani nasabah selama periode Idul Fitri.

Dream – Dengan libur panjang yang akan dihadapi masyarakat selama Lebaran 2021, kebutuhan uang masih akan tetap tinggi meski banyak bank yang tak beroperasi. Menyiasati keadaan tersebut, pelaku perbankan mengalokasikan uang tunai dalam jumlah yang cukup besar.  

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) juga berkomitmen tetap melayani berbagai kebutuhan nasabah dan masyarakat selama hari raya dengan menghadirkan program #RamadanNyaman.

“ Untuk memenuhi berbagai kebutuhan nasabah pada masa penuh tantangan, BCA menghadirkan program #RamadanNyaman dengan mengoptimalkan berbagai layanan finansial #BankingFromHome melalui kanal digital yang dimiliki BCA,” kata Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Jumat 7 Mei 2021.

Jahja menyatakan BCA menyiapkan layanan perbankan dari rumah melalui saluran electronic banking seperti BCA mobile, internet banking, serta akses terhadap 17.634 jaringan. Nasabah bisa melakukan transfer ke rekening dalam negeri hingga Rp250 juta.

“ Untuk mengantisipasi tarikan nasabah di mesin ATM menjelang libur Idul Fitri 1442 H, BCA menyediakan uang tunai sebesar Rp53 triliun,” kata dia.

Sementara itu, bagi nasabah yang ingin melakukan transaksi setoran atau tarikan uang tunai dapat menggunakan 9.822 mesin ATM Setor Tarik BCA yang telah tersebar di berbagai lokasi. Atau memanfaatkan fasilitas Tarik Tunai Tanpa Kartu yang dapat diakses melalui BCA Mobile dan Sakuku.

BCA juga memperkenalkan sebuah perluasan ekosistem digital banking baru yakni myBCA, aplikasi mobile banking yang memberikan kemudahan akses ke seluruh portofolio rekening yang dimiliki nasabah melalui satu BCA ID serta berbagai fasilitas baru yang menarik lainnya.

Selama Lebaran, semua kantor cabang BCA tidak beroperasi pada 12-14 Mei 2021 dan layanan weekend banking pada 15-16 Mei 2021 ditiadakan. Untuk transaksi B2B Pertamina tetap dilayani pada tanggal 15 Mei 2021 pukul 09.00-14.00 di kantor 8 kantor cabang BCA, yaitu KCU Matraman, KCU Palembang, KCU Malang, KCU Semarang, KCU Solo Slamet Riyadi, KCU Medan, KCU Madiun, dan KCU Blitar.

“ Kami mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Mohon maaf lahir dan batin,” kata Jahja.

1 dari 2 halaman

Ini Strategi BCA Kembangkan Super Apps

Dream – PT Bank Central Asia (BCA) Tbk terus meningkatkan fitur-fitur layanan perbankan bagi nasabah. Salah satunya adalah mengembangkan super apps.

President Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja, mengatakan, pada dasarnya, BCA punya kanal mobile banking dan internet banking untuk transaksi digital. Internet banking yang bernama KlikBCA ini sudah lahir terlebih dahulu. Untuk pengoperasiannya pun menggunakan token.

 

© Dream

 

“ Kalau mobile banking, pakai kode akses, pin, selesai. Enggak perlu token,” kata Jahja dalam konferensi pers virtual tentang paparan kinerja triwulan I 2021, Kamis 22 April 2021.

Dalam pengembangan super apps, Jahja akan melebur dua kanal ini menjadi satu. “ Kita sedang berusaha menggabung itu dulu. Internet banking masuk ke apps kita. Kemudian digunakan bersama-sama,” kata dia.

2 dari 2 halaman

Fasilitasi E-Commerce?

Nantinya, lanjut Jahja, aplikasi ini juga akan memfasilitasi e-commerce untuk menawarkan produk dan jasa yang dimiliki. Tentu prosesnya tak berlangsung cepat.

“ Ini membutuhkan persiapan-persiapan yang luar biasa pelik dan harus sabar satu per satu,” kata dia.

Direktur BCA, Santoso, menambakan, fitur Lifestyle di mobile banking BCA sekarang menjadi cikal bakal super apps. Fitur Lifestyle menawarkan belanja, pembelian tiket kereta dan pesawat, bahkan voucher game.

“ Ini akan terus dikembangkan,” kata dia.

Beri Komentar