Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Rp33,5 Triliun Selama Libur Akhir Tahun

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 16 Desember 2019 19:36
Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Rp33,5 Triliun Selama Libur Akhir Tahun
Dana tersebut untuk mengantisipasi lonjakan transaksi nasabah.

Dream - Jelang musim libur panjang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Bank Mandiri menyiapkan cadangan dana tunai hingga Rp33,5 triliun. Dana tersebut dialokasikan untuk mengantisipasi kenaikan transaksi nasabah.

" Mengantisipasi kenaikan transaksi nasabah via mesin ATM pada musim libur nanti, sejak 9 Desember kami telah melakukan optimalisasi limit pengisian ATM," ujar Direktur Consumer dan Retail Transactions Bank Mandiri, Hery Gunardi, dalam Konferensi Pers Bank Mandiri Hadapi Natal dan Tahun Baru 2020 di Jakarta, Senin, 16 Desember 2019.

Dana tersebut tersedia dalam periode 2 Desember 2019 hingga 2 Januari 2020. Sedangkan jumlahnya mengalami kenaikan 26 persen dibandingkan periode normal.

Dari jumlah itu, Bank Mandiri mengalokasikan sekitar 85 persen untuk kebutuhan dana di mesin ATM. Sementara 15 persen sisanya untuk kebutuhan di kantor cabang.

 Hadapi Libur Akhir Tahun, Bank Mandiri Cadangkan Dana Tunai Rp33,5 T© Khidr Al-Zahrani

Direktur Consumer dan Retail Transactions Bank Mandiri, Hery Gunardi (Shania Suha Marwan/Dream)

Di samping pengoptimalan mesin ATM, Hery mengatakan pihaknya juga menyiapkan jaringan Elektronik Banking, seperti fasilitas Mandiri Online, Call Center, SMS Banking untuk memperlancar nasabah dalam bertransaksi.

" Pada libur bersama tanggal 24 Desember 2019 dan hari Natal 25 Desember 2029, kami juga akan mengoperasikan sebanyak 206 cabang di seluruh Indonesia secara bergantian untuk melayani secara terbatas," tambah Hery.

Untuk tanggal 31 Desember 2019 akan ada 324 cabang yang beroperasi. Semendara 1 Januari 2020 akan ada 90 cabang.

Untuk informasi mengenai cabang mana yang akan beroperasi pada tanggal-tanggal tersebut dapat diakses melalui www.bankmandiri.co.id.

(Sah, Laporan: Shania Suha Marwan)

1 dari 4 halaman

Saldo Rekening Nasabah Berubah Drastis, Ini Penjelasan Bank Mandiri

Dream – Belakangan ini warganet heboh karena saldo tiba-tiba berubah di PT Bank Mandiri Tbk (Persero). Malah, ada yang menyebut internet banking bank ini tidak bisa dipakai.

Para nasabah Mandiri ini mengunggah keluh kesahnya di akun Twitter.

“ Internet banking lama nggak bisa diakses. Melihat berita yang lagi panas-panasnya mengenai #mandirierror, hari ini membuat jantung dag dig dug. Apakah saldo saya berkurang atau tetap sama seperti semula? Kira-kira sampai jam berapa akses ke internet Mandiri lama bisa diakses?” cuit @Maulana_IT, dikutip Dream, Sabtu 20 Juli 2019.

“ Kaget saldo di rekening kok beda di bayangan. Minus sampai jutaan. Membuka buku tabungan dan coba bikin perhitungan pakai print buku terakhir + catatan mutasi mbanking, ternyata benar nggak match. Nggak punya CC (credit card) dan nggak nyicil apa pun. Kenapa, ya, @mandiricare @bankmandiri,” cuit @despositoque.

Malah, ada warganet yang mengunggah saldonya bertambah. “ Gaes, @bankmandiri lagi error. Rekening gue tiba-tiba bertambah Rp95 juta. Semoga masalah ini segera beres,” cuit @thedufresne.

2 dari 4 halaman

Jawaban Mandiri

Corporate Secretary Mandiri, Rohan Hafas, mengatakan bank pelat merah ini sedang melakukan pemeliharaan sistem teknologi informasi. Pemeliharaan ini bertujuan untuk meningkatkan layanan transaksi keuangan nasabah.

Proses pemeliharaan dan peningkatan kualitas sistem IT tersebut, berdampak pada berubahnya nilai saldo sebagian nasabah.

“ Kami memohon maaf atas kejadian ini,” kata Rohan di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream.

3 dari 4 halaman

Pastikan Dana Nasabah Aman

Rohan mengatakan Bank Mandiri sedang melakukan normalisasi saldo rekening yang terdampak pemeliharaan sistem IT tersebut.

“ Saat ini, kami sedang melakukan normalisasi saldo nasabah. Kami juga memastikan dana nasabah tetap aman serta tidak hilang,” kata dia.

Rohan juga menyarankan nasabah untuk mengecek rekening tabungan ke kantor cabang. Dia juga meminta nasabah tidak terprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

“ Kami pastikan rekening nasabah aman,” kata dia. 

4 dari 4 halaman

Dua Jam Pulih

Dikutip dari Merdeka.com, Rohan mengatakan pemeliharaan ini berdampak kepada 10 persen nasabah Bank Mandiri. Dia memastikan maintenance ini akan selesai dalam beberapa jam.

" Saldo nasabah akan segera pulih 2-3 jam ke depan," kata dia.

Rohan mengatakan pihaknya selalu mem-back up data nasabah sebelum melakukan pemeliharaan. 

Beri Komentar
Potret Aktifitas Prisia Nasution Saat Jelajahi Alam