7.327 Pengaduan Masuk Kementerian PANRB

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 7 November 2016 13:31
7.327 Pengaduan Masuk Kementerian PANRB
Dua di antaranya adalah aduan pungli dan pertanyaan CPNS tentang kenaikan gaji.

Dream – Ribuan pengaduan dan permintaan informasi, mengalir ke Kementerian Pendayaagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Salah satu isinya adalah permintaan informasi tentang penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan aduan pungutan liar (pungli).

Dilansir dari situs resmi Kementerian PANRB, Senin 7 November 2016, Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB, Herman Suryatman, mengatakan, sejak 1 Januari 2016-31 Oktober 2016, sebanyak 7.327 pengaduan dan permintaan informasi masuk melalui surat elektronik halomenpan@menpan.go.id.

Dari jumlah itu, ada 1.627 pengaduan yang masuk pada Oktober 2016. Semua laporan itu masuk ke bagian Pelayanan Informasi dan Perpustaakan dan langsung disalurkan kepada unit kerja yang sesuai untuk ditindaklanjuti.

“ Semua laporan yang kami terima, sudah disalurkan dan ditindaklanjuti oleh bagian masing-masing,” kata Herman di Jakarta.

Permintaan dan informasi pengaduan yang disampaikan melalui e-mail, pada umumnya, berupa pertanyaan seputar penerimaan CPNS, pengaduan mengenai praktik pungli di berbagai daerah, dan aspirasi masyarakat tentang lemahnya pelaksanaan birokrasi, khususnya mengenai pelayanan publik di berbagai daerah.

Pertanyaan seputar CPNS ada sebanyak 1.333 laporan dan aduan pungli sebanyak 73 laporan. Herman mengapresiasi banyaknya laporan yang disampaikan masyarakat kepada Kementerian PANRB, terutama yang menyangkut informasi CPNS.

Masyarakat saat ini merasa gundah terhadap informasi yang tidak benar terhadap pelaksanaan penerimaan CPNS yang mereka baca dari media online dan media sosial.

“ Kami mengapresiasi laporan yang disampaikan oleh masyarakat yang sudah aware dengan isu-isu yang terkait birokrasi,” kata dia. (Ism) 

Beri Komentar