Presiden Perintahkan Manajemen PNS Dirombak, Ini Alasannya

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 25 Oktober 2016 12:29
Presiden Perintahkan Manajemen PNS Dirombak, Ini Alasannya
Perombakan dilakukan dari hulu sampai hilir. Apa alasan Jokowi?

Dream - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), Asman Abnur, untuk mereformasi total manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS). Jokowi menginginkan ada perbaikan baik dari segi kuatitas maupun kualitas PNS.

" Saya meminta MenPAN segera menjalankan perombakan dari hulu ke hilir," kata Jokowi di Jakarta, dilansir dari menpan.go.id, Selasa 25 Oktober 2016. 

Mantan gubernur DKI Jakarta ini menginginkan ada jumlah aparatur sipil negara (ASN) proporsional dengan jumlah penduduk, kemampuan negara dan perkembangan teknologi informasi. Jokowi menginginkan sistem pemerintahannya berbasis elektronik.

Dia mengatakan pembenahan manajemen ASN  harus dilakukan secara total. Hal ini mengingat sekarang sudah memasuki era persaingan yang semakin ketat. 

Presiden menyebut PNS lebih sering berurusan dengan surat pertanggungjawaban daripada kegiatan di lapangan. Misalnya, kepala sekolah atau guru di sekolah lebih banyak mengurus surat pertanggungjawaban daripada kegiatan belajar mengajar (KBM). 

" Ini tolong, Pak Menteri, mengenai SPJ ini betul-betul dilakukan (reformasi) karena menyita energi (dan) waktu kita," kata dia.
 

Beri Komentar