Dream - Pesawat menjadi salah satu moda transportasi yang dipilih masyarakat untuk mudik lebaran tahun 2024 karena waktu tempat yang singkat. Namun tidak sedikit penumpang yang kehilangan barang atau lupa telah meninggalkannya di satu tempat.
Tingginya volume penumpang pesawat saat mudik Lebaran membuat kondisi bandar udara (Bandara) menjadi padat.
Di momen ini sebaiknya para calon penumpang harus mewaspadai dengan barang bawaan agar tak tertinggal.
Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi jumlah pemudik menggunakan pesawat mencapai 7,9 juta orang.
Lalu bagaimana jika barang bawaan kamu ketinggalan atau hilang di bandara?
Melansir Simple Flying dari Merdeka.com, tanggung jawab untuk menghubungi maskapai penerbangan/bandara dan mengambil barang bawaan berada di tangan penumpang.
Mengingat banyaknya barang hilang yang harus diproses oleh maskapai penerbangan/bandara setiap tahunnya, mereka tidak memiliki sumber daya untuk secara proaktif menemukan pemiliknya.
Penumpang biasanya harus mengajukan laporan. Jika beruntung, kamu bisa mendapatkan keuntungan dari proses yang lebih cepat.
Semakin awal menghubungi maskapai penerbangan, semakin besar peluang untuk mendapatkan kembali barang.
Kamu bisa kembali ke gate dan berbicara dengan petugas gate agar memberi izin mengambil atau mencari barang yang dimaksud.
Meskipun kecil kemungkinannya kamu akan diizinkan kembali ke dalam pesawat karena alasan keamanan, petugas gate mungkin bersedia berjalan ke tempat duduk kamu dan memeriksa apakah barang yang kamu jelaskan masih ada di sana.
Staf kebersihan atau awak kabin mungkin juga dapat membantu pencarian.
Beberapa bandara, terutama bandara internasional yang sibuk, akan memiliki meja khusus barang hilang dan ditemukan.
Jika sudah beberapa jam sejak kamu meninggalkan barang di pesawat, kemungkinan besar staf sudah menemukan barang tersebut dan mencatatnya ke otoritas bandara.
Di sebagian besar bandara, maskapai penerbangan memiliki meja layanan bagasi sendiri di dekat area pengambilan bagasi.
Hal ini biasanya memfasilitasi hilangnya bagasi, namun kamu juga dapat menanyakan tentang barang hilang di konter ini.
Petugas mungkin akan menghubungi petugas gate dan meminta rincian kontak dan boarding pass kamu untuk verifikasi.
Setelah meninggalkan bandara, kamu harus memeriksa ponsel secara teratur untuk melihat apakah ada panggilan, SMS, atau email, karena maskapai penerbangan mungkin akan menghubungi jika mereka menemukan barang tersebut.