Alasan Anak Muda Kepincut Investasi Emas

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 7 Desember 2018 09:30
Alasan Anak Muda Kepincut Investasi Emas
Emas menjadi salah satu instrumen yang digunakan untuk investasi.

Dream – Emas kini bukan hanya kesukaan emak-emak zaman jadul. Kini, logam mulia ini telah menjadi pilihan para generasi muda Indonesia. Tentu saja mereka mengoleksi emas untuk tujuan yang berbeda. 

“ Sekarang anak muda mulai berpikir investasi emas,” kata Group Head Pawning PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah), Mahendra Susanto saat berbincang dengan Dream, ditulis di Jakarta, Jumat 7 Desember 2018.

Menurut Mahendra, kalangan muda memilih investasi emas karena menawarkan kelebihan dibandingkan instrumen lainnya, seperti properti atau mobil. Setidaknya emas menawarkan tiga kelebihan yang bisa membuat anak muda berusaha menumpuknya.

Kelebihan pertama adalah emas memiliki lindung nilai (hedging) terhadap inflasi. Dikatakan bahwa zaman dulu, uang Rp1 juta bisa membeli banyak barang. Kini, uang Rp1 juta hanya bisa membeli beberapa barang.

Hal ini berbeda ketika seseorang mengoleksi emas yang sudah dibeli sejak lama. Nilai emas tak pernah berubah. 

“ Contohnya, dulu, 1 dinar bisa beli kurban. Sekarang, 1 dinar juga bisa beli kurban. Dia punya nilai yang stabil,” kata Mahendra.

Alasan kedua dan membuat banyak orang tertarik membeli emas adalah harganya yang selalu naik setiap tahun. “ Harganya semakin meningkat,” kata dia.

Terakhir emas bersifat likuid. Dikatakan bahwa emas bisa segera dijual  ketika seseorang memerlukan dana mendesak. Sifat inilah yang tidak dimiliki instrumen investasi lainnya, seperti properti.

“ Investasi tanah dan rumah itu bagus banget, tapi apakah selikuid emas? Kalau butuh dana mendesak, tinggal emas ke toko emas, langsung dieksekusi. Kalau yang lain, susah,” kata dia.

Tren ini pula yang terlihat dari bisnis gadai syariah yang dimiliki Mandiri Syariah. Mahendra mengatakan jika perusahaan terus mendorong masyarakat agar menginvestasikan dananya dalam bentuk emas.

Mandiri Syariah saat ini memiliki portofolio jasa emas dalam bentuk cicil emas dan gadai emas. Data per Agustus 2018 mencatat nilai transaksi bisnis emas perusahaan mencapai Rp5,27 triliun. Angkanya naik 21,1 persen dibandinkan periode yang sama tahun 2017 sebesar Rp4,35 triliun.

“ Kami juga mendorong anak muda untuk melek investasi emas,” kata dia.

1 dari 2 halaman

THR Masih Ada Sisa? Yuk Investasi Emas Mumpung Harga Turun

Dream – Lepas dari aktivitas padat selama Lebaran, simpanan Sahabat Dream pasti berkurang. Apalagi jika kamu termasuk orang-orang yang menghabiskan lebaran dengan mudik ke kampung halaman. 

Kamu pasti sedang mengalami krisis keuangan alias bokek usai libur Idul Fitri. Yup, banyak pengeluaran pada moment ini habis untuk biaya mudik, bagi-bagi angpau, sampai berburu baju baru.

Nah, sahabat Dream yang masih punya simpanan uang THR, bagaimana jika menginvestasikan uang itu di emas? Mulai hari pertama kerja ini, tak ada salahnya kita mulai kembali mengatur kondisi keuangan. 

Kabar baiknya. Harga emas batangan hari ini sedang turun. Tengok saja daftar harga dari UBPP Logam Mulia milik PT Aneka Tambang Tbk. Harga emas hari ini, Senin 3 Juli 2017, ditetapkan Rp585 ribu per gram. Harganya turun Rp2 ribu per gram jika dibandingkan harga sebelum libur Lebaran senilai Rp587 ribu per gram.

But kamu yang mau menjual, harga pembelian kembali emas Antam turun Rp2 ribu dari Rp531 ribu per gram menjadi Rp529 ribu per gram.

Berikut ini adalah daftar harga emas yang dijual di Logam Mulia Antam .

*Emas 1 gram: Rp585 ribu

*Emas 5 gram: Rp1,13 juta

*Emas 10 gram: Rp2,78 juta

*Emas 50 gram: Rp27,35 juta

*Emas 100 gram: Rp54,65 juta.

Sekadar catatan, harga emas ini berlaku di Logam Mulia Antam di Pulogadung, Jakarta. Harga emas di butik Antam pun berbeda dengan harga emas di butik logam mulia Antam. Misalnya, harga emas di butik emas Antam di Bandung sebesar Rp597 ribu per gram, di Jakarta sebesar Rp595 ribu, dan di Yogyakarta sebesar Rp597 ribu per gram.

Mengapa emas? Banyak orang meyakini emas adalah salah satu bentuk investasi paling aman. Harganya akan selalu naik. Emas juga paling mudah dijual jika Sahabat Dream sedang membutuhkan uang dalam waktu singkat.

Kalau tidak mau melepas logam mulia ini, kamu bisa memilih menggadaikan emas. Sudah banyak bank atau pegadaian yang menerima gadai emas. Selain kamu mendapatkan uang, emas yang digadai tetap menjadi milik kamu sampai batas waktu penebusan. Emas kamu juga aman tersimpan. 

Jadi tunggu apa lagi? Yuk tata kembali kondisi keuangan sehabis lebaran dengan berinvestasi emas. (Sah)

[crosslink_1]

2 dari 2 halaman

Cukup Rp4 Ribu, Ini Keuntungan Simpan Investasi Emas

Dream – Pada dasarnya, orang menginginkan hidup sejahtera dan bahagia ketika memasuki usia pensiun. Tak jarang mereka melakukan perencanaan keuangan untuk menghadapi usia senja.  Salah satu perencanaan keuangan yang dilakukan adalah investasi.

Berbicara soal investasi, ada beragam produk instrumen keuangan yang tersedia. Sebut saja deposito, saham, reksa dana, dan emas. Berbicara emas, komoditas ini masih menjadi primadona orang-orang untuk berinvestasi.

Mengapa?

Pawning Alliance Officer Pawning Group PT Bank Syariah Mandiri (BSM), Syahrial, mengatakan ada beberapa keuntungan yang ditawarkan emas sebagai instrumen investasi. Pertama, likuditas emas tinggi.

“ Kapanpun dibutuhkan, uang bisa cair,” kata Syahrial kepada Dream.co.id, Jakarta, Kamis 19 Januari 2017.

Berbeda dengan properti, kata dia, properti tidak bisa dicairkan dengan sewaktu-waktu seperti emas.

Syahrial menambahkan investasi emas bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Investasi emas tidak memerlukan biaya yang cukup besar. Misalnya, BSM menawarkan produk cicil emas dengan harga cicil emas harian hanya sebesar Rp4 ribuan per hari.

“ Dengan uang Rp4 ribu, (masyarakat) bisa berinvestasi,” kata dia.

Selain itu, Syahrial mengatakan investasi emas tidak memerlukan keahlian khusus seperti investasi saham. Dikatakan bahwa masyarakat perlu memiliki pengetahuan terlebih dahulu tentang saham sebelum memutuskan untuk menanamkan modalnya di produk keuangan pasar modal ini. Investor bisa menjual emas kapanpun jika mereka membutuhkan.

“ Investasi emas tidak perlu keahlian khusus. Keputusan jual beli emas bergantung kepada keputusan investor,” kata dia.

Meskipun demikian, investasi emas juga memiliki kelemahan, yaitu kemungkinan rugi ketika harga emas jatuh. “ Tapi, (potensi harga emas jatuh) kecil sekali karena pergerakan harga emas cenderung naik,” kata dia.(Sah)

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone