Alasan Anak Muda Kepincut Investasi Emas

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 7 Desember 2018 09:30
Alasan Anak Muda Kepincut Investasi Emas
Emas menjadi salah satu instrumen yang digunakan untuk investasi.

Dream – Emas kini bukan hanya kesukaan emak-emak zaman jadul. Kini, logam mulia ini telah menjadi pilihan para generasi muda Indonesia. Tentu saja mereka mengoleksi emas untuk tujuan yang berbeda. 

“ Sekarang anak muda mulai berpikir investasi emas,” kata Group Head Pawning PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah), Mahendra Susanto saat berbincang dengan Dream, ditulis di Jakarta, Jumat 7 Desember 2018.

Menurut Mahendra, kalangan muda memilih investasi emas karena menawarkan kelebihan dibandingkan instrumen lainnya, seperti properti atau mobil. Setidaknya emas menawarkan tiga kelebihan yang bisa membuat anak muda berusaha menumpuknya.

Kelebihan pertama adalah emas memiliki lindung nilai (hedging) terhadap inflasi. Dikatakan bahwa zaman dulu, uang Rp1 juta bisa membeli banyak barang. Kini, uang Rp1 juta hanya bisa membeli beberapa barang.

Hal ini berbeda ketika seseorang mengoleksi emas yang sudah dibeli sejak lama. Nilai emas tak pernah berubah. 

“ Contohnya, dulu, 1 dinar bisa beli kurban. Sekarang, 1 dinar juga bisa beli kurban. Dia punya nilai yang stabil,” kata Mahendra.

Alasan kedua dan membuat banyak orang tertarik membeli emas adalah harganya yang selalu naik setiap tahun. “ Harganya semakin meningkat,” kata dia.

Terakhir emas bersifat likuid. Dikatakan bahwa emas bisa segera dijual  ketika seseorang memerlukan dana mendesak. Sifat inilah yang tidak dimiliki instrumen investasi lainnya, seperti properti.

“ Investasi tanah dan rumah itu bagus banget, tapi apakah selikuid emas? Kalau butuh dana mendesak, tinggal emas ke toko emas, langsung dieksekusi. Kalau yang lain, susah,” kata dia.

Tren ini pula yang terlihat dari bisnis gadai syariah yang dimiliki Mandiri Syariah. Mahendra mengatakan jika perusahaan terus mendorong masyarakat agar menginvestasikan dananya dalam bentuk emas.

Mandiri Syariah saat ini memiliki portofolio jasa emas dalam bentuk cicil emas dan gadai emas. Data per Agustus 2018 mencatat nilai transaksi bisnis emas perusahaan mencapai Rp5,27 triliun. Angkanya naik 21,1 persen dibandinkan periode yang sama tahun 2017 sebesar Rp4,35 triliun.

“ Kami juga mendorong anak muda untuk melek investasi emas,” kata dia.

2 dari 3 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Rekaman Amatir Puting Beliung Melanda Cianjur